Steam terus terputus dan terhubung kembali

Beberapa pengguna Steam menghadapi masalah konektivitas saat menggunakan Steam Client. Menurut mereka, Steam Client terhubung dan terputus dari internet secara acak yang membuat Steam tidak dapat digunakan. Karena itu, beberapa pengguna kehilangan kemajuan permainan mereka saat ini karena Klien Steam terputus dari internet saat bermain game. Jika Steam terus memutuskan dan menyambungkan kembali pada rig game Anda, saat bermain atau mengunduh, solusi yang disediakan dalam artikel ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah.

Steam terus memutuskan dan menyambungkan kembali

Solusi berikut akan membantu Anda memperbaiki masalah koneksi dengan Steam Client. Namun sebelum Anda melanjutkan, kami sarankan Anda beralih dari koneksi Wi-Fi ke koneksi kabel. Anda dapat menggunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer Anda dengan router Anda. Karena koneksi internet kabel lebih stabil daripada koneksi nirkabel, beralih dari koneksi nirkabel ke koneksi internet kabel memperbaiki masalah koneksi internet dalam banyak kasus. Jika koneksi internet Anda berfungsi dengan baik tetapi Steam terus memutuskan dan menyambung kembali, perbaiki Steam Client dan lihat apakah itu membantu.

Jika Steam terus memutuskan dan menyambungkan kembali saat bermain atau mengunduh, berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah.
Hapus browser web Anda cacheHapus cache browser SteamBeralih ke koneksi internet lain (jika tersedia)Tambahkan folder Steam sebagai pengecualian untuk perangkat lunak antivirus AndaMengubah Server DNSMemecahkan masalah dalam status Boot BersihCopot pemasangan dan instal ulang Steam
Di bawah ini, kami telah menjelaskan semua perbaikan ini secara mendetail.
1] Bersihkan browser web Anda cache
Jika Anda mengalami masalah konektivitas dengan versi web dari Steam Client, membersihkan cache browser web Anda dapat memperbaiki masalah tersebut. Selain itu, Anda dapat mencoba satu hal lagi, buka Steam di browser web lain dan lihat apakah ini membawa perubahan.
2] Bersihkan cache
Browser Steam Anda Solusi ini untuk pengguna yang menghadapi masalah konektivitas di Steam Client. Buka Steam Client Anda dan bersihkan cache browsernya. Langkah-langkah untuk melakukannya tertulis di bawah ini:

Buka Klien Steam. Buka “Steam > Pengaturan.” Pilih Browser Web dari sisi kiri. Klik DELETE WEB BROWSER CACHE. Juga, hapus semua cookie browser.3] Beralih ke koneksi internet lain (jika tersedia)
Beberapa pengguna menghubungkan komputer mereka ke koneksi internet lain, setelah itu Steam Client mulai bekerja dengan benar. Anda juga dapat mencoba ini jika koneksi internet lain tersedia untuk Anda. Jika ini berhasil, hubungi Penyedia Layanan Internet Anda.
4] Tambahkan folder Steam sebagai pengecualian untuk antivirus
Anda Terkadang, perangkat lunak antivirus memblokir beberapa aplikasi asli agar tidak mengakses internet karena pengguna menghadapi masalah konektivitas internet dengan aplikasi tersebut. Ini adalah tanda positif palsu dari antivirus. Ini mungkin terjadi pada Anda. Untuk memeriksa ini, nonaktifkan antivirus Anda sementara dan kemudian luncurkan Steam. Sekarang, pantau Steam untuk beberapa waktu dan lihat apakah itu terputus dari internet. Jika tidak, masalahnya ada pada perangkat lunak antivirus Anda. Jika Anda menggunakan Windows Defender, Anda dapat menambahkan folder Steam sebagai pengecualian untuk Keamanan Windows. Juga, nonaktifkan Firewall Anda untuk sementara.

Jika Anda menggunakan antivirus atau Firewall pihak ketiga, lihat panduan pengguna untuk menambahkan Steam sebagai pengecualian atau Anda dapat menghubungi tim dukungan pelanggannya.
5] Ubah DNS Server
Jika masalah masih tetap ada, mengubah Server DNS dapat memperbaiki masalah. ikuti petunjuk berikut untuk mengubah DNS Server.

Buka kotak perintah Run (Win + R hotkey).Pilih Kategori di View by mode.Klik Jaringan dan Internet.Sekarang, pilih Jaringan dan Pusat Berbagi.Klik Wi-Fi Anda atau koneksi Ethernet. Ini akan membuka jendela Status koneksi internet Anda. Sekarang, klik Properties. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik tombol Properties. Di jendela properti IPv4, pilih opsi Use the following DNS Server address. , masukkan 8.8.8.8 di Server DNS Pilihan dan 8.8.4.4 di Server DNS Alternatif. Ini adalah Server DNS Google. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
Setelah mengubah Server DNS, Anda harus mendaftarkannya. Untuk melakukannya, buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik perintah berikut. Tekan Enter setelah mengetik setiap perintah berikut.
ipconfig /flushdns ipconfig /release ipconfig /renew
Sekarang, buka Steam Client. Masalahnya harus diperbaiki kali ini.
6] Pemecahan Masalah dalam status Boot Bersih Jika masalah masih berlanjut, mungkin ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah. Beberapa perangkat lunak atau aplikasi meminta kita untuk berjalan saat startup sistem. Jika kami mengizinkannya, mereka berjalan di latar belakang saat kami menyalakan komputer kami. Terkadang, aplikasi latar belakang bertentangan dengan aplikasi atau perangkat lunak lain dan menyebabkan masalah pada sistem pengguna. Untuk mengidentifikasi aplikasi atau perangkat lunak tersebut, Anda dapat memecahkan masalah komputer Anda dalam status Boot Bersih.

Dalam status Boot Bersih, hanya layanan yang diperlukan yang tetap diaktifkan dan semua layanan lain serta aplikasi startup tetap dinonaktifkan. Ini membantu pengguna mengidentifikasi program pelakunya. Setelah memulai sistem Anda dalam status Boot Bersih, luncurkan Steam dan pantau selama beberapa waktu untuk memeriksa apakah itu terputus secara acak seperti sebelumnya. Jika tidak, beberapa aplikasi startup Anda adalah penyebabnya. Untuk mengidentifikasi aplikasi atau perangkat lunak yang bermasalah, aktifkan beberapa aplikasi startup dalam status Boot Bersih dan mulai ulang komputer Anda dalam kondisi normal. Sekarang, luncurkan Steam dan lihat apakah masalahnya muncul lagi. Jika ya, salah satu program yang baru saja Anda aktifkan adalah pelakunya. Sekarang, mulai nonaktifkan aplikasi yang diaktifkan satu per satu dan pantau Steam Client selama beberapa waktu setelah Anda menonaktifkan setiap aplikasi atau perangkat lunak.

Setelah Anda menemukan aplikasi yang bermasalah, hapus instalannya atau periksa versi terbarunya di situs web resmi. instal ulang Steam
Jika tidak ada yang membantu Anda, hapus instalan Steam Client dari sistem Anda. Kunjungi situs web resmi Steam dan unduh versi terbaru dari Steam Client. Sekarang, instal Steam Client di sistem Anda.

Baca: Perbaiki Steam tidak mengenali game yang diinstal.

Mengapa Steam terus kehilangan koneksi?

Salah satu alasan mengapa Steam terus kehilangan koneksi adalah koneksi internet yang tidak stabil. Untuk memperbaiki masalah ini, sambungkan komputer Anda ke router Wi-Fi Anda melalui kabel Ethernet dan periksa apakah masalah masih berlanjut. Selain itu, Anda dapat mencoba beberapa perbaikan lain, seperti membersihkan browser web dan data cache dan cookie browser Steam, memperbaiki Klien Steam, dll.

Dalam beberapa kasus, firewall atau antivirus menghasilkan tanda positif palsu untuk aplikasi tertentu atau perangkat lunak dan mencegahnya mengakses internet. Untuk mengonfirmasi ini, kami sarankan Anda menonaktifkan antivirus atau Firewall untuk sementara dan memeriksa apakah ini membawa perubahan. Jika masalah hilang setelah menonaktifkan antivirus atau Firewall, tambahkan folder Steam sebagai pengecualian untuk firewall atau antivirus Anda.

Mengapa Wi-Fi PC saya terus terputus?

Terputus dari internet adalah salah satu masalah Wi-Fi paling umum yang terjadi pada PC Windows. Ini biasanya terjadi ketika kekuatan sinyal koneksi internet Anda terlalu lemah. Untuk mengonfirmasi ini, sambungkan komputer Anda ke koneksi internet lain (jika tersedia). Anda dapat menggunakan data seluler Anda untuk tujuan ini. Hubungkan PC Anda ke data seluler Anda melalui hotspot seluler dan lihat apakah masalah terjadi. Jika tidak, hubungi ISP Anda untuk memperbaiki masalah. Satu hal lagi yang bisa Anda coba adalah beralih ke koneksi internet kabel. Anda dapat menggunakan kabel Ethernet untuk tujuan ini.

Penyebab lain dari masalah ini adalah driver jaringan yang kedaluwarsa atau tidak berfungsi. Driver adalah perangkat lunak yang membantu sistem operasi terhubung dengan perangkat keras. Oleh karena itu, memperbarui driver jaringan dapat memperbaiki masalah ini.

Baca selanjutnya: Steam Cloud tidak menyinkronkan, mengunggah, atau bekerja dengan benar.