Tambah atau Hapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10

Di Windows 11 atau Windows 10, Perpustakaan menyertakan folder yaitu Rol Kamera, Dokumen, Musik, Gambar, Gambar Tersimpan, dan Video. Folder yang dikenal ini secara otomatis disertakan dalam pustaka default dan ditetapkan sebagai lokasi penyimpanan default. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambah atau menghapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10.

Tambah atau Hapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer

Libraries menyajikan tampilan yang lebih sederhana dan terperinci dari sistem penyimpanan dasar PC Anda. Ini berarti pengguna, file, dan folder di pustaka ditampilkan dalam satu lokasi tampilan tunggal terlepas dari lokasi fisik sebenarnya dari folder tersebut. Anda dapat mengonfigurasi Perpustakaan untuk memuat folder yang disimpan secara lokal di komputer Anda dan juga folder yang telah dibagikan melalui jaringan. Pustaka terletak di folder %AppData%MicrosoftWindowsLibraries tersembunyi. Perpustakaan akan selalu ditampilkan di panel navigasi jika Anda mengaktifkan Tampilkan semua folder di panel navigasi.

Kita dapat menambah atau menghapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10 dengan 3 cara cepat dan mudah. Kami akan menjelajahi topik ini dengan metode yang diuraikan di bawah dalam bagian ini sebagai berikut:
1] Melalui File Explorer

Untuk menambah atau menghapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10 melalui File Explorer, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + E untuk buka File Explorer.Klik kanan atau tekan dan tahan pada area kosong di dalam panel navigasi.Klik/ketuk Tampilkan perpustakaan untuk beralih menambahkan (dicentang) atau menghapus (tidak dicentang – default) sesuai kebutuhan Anda.Keluar File Explorer setelah selesai.2 ] Melalui Opsi Folder

Untuk menambah atau menghapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10 melalui Opsi Folder, lakukan hal berikut:
Buka Opsi Folder. Klik/ketuk pada tab Lihat. Di bawah panel Navigasi, centang (tambahkan) atau hapus centang (hapus – default) Tampilkan pustaka sesuai kebutuhan Anda.Klik/ketuk Terapkan > OK.3] Melalui Editor Registri

Karena ini adalah operasi registri, Anda disarankan untuk mencadangkan registri atau membuat titik pemulihan sistem sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan langkah-langkah onary.

Untuk menambahkan Perpustakaan ke Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10 melalui Editor Registri, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run. Di kotak dialog Run, ketik notepad dan tekan Enter untuk membuka Notepad. Salin dan tempel kode di bawah ini ke dalam editor teks.Windows Registry Editor Versi 5.00 [HKEY_CURRENT_USERSoftwareClassesCLSID{031E4825-7B94-4dc3-B131-E946B44C8DD5}] “System.IsPinnedToNameSpaceTree”=dword:00000001Sekarang, klik File dari menu dan pilih tombol Save As.Pilih lokasi (sebaiknya desktop) tempat Anda ingin menyimpan file.Masukkan nama dengan ekstensi .reg (mis; AddLibFENP.reg).Pilih Semua File dari daftar tarik-turun Simpan sebagai jenis.Klik dua kali file .reg yang disimpan untuk menggabungkannya.Jika diminta, klik Jalankan > Ya (UAC) > Ya > OK untuk menyetujui penggabungan. Anda sekarang dapat menghapus file .reg jika Anda suka.
Untuk menghapus Perpustakaan dari Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10 melalui Editor Registri, lakukan hal berikut:
Buka Notepad.Salin dan tempel kode di bawah ini ke dalam editor teks.Editor Registri Windows Versi 5.00 [HKEY_CURRENT_USERSoftwareClassesCLSID{031E4825-7B94-4dc3-B131-E946B44C8DD5}] “System.IsPinnedToNameSpaceTree”=dword:00000000Ulangi semua langkah yang sama seperti di atas, tetapi kali ini, Anda dapat menyimpan file reg dengan .reg ekstensi (mis; RemoveLibFENP.reg).
Atau, Anda dapat menambahkan atau menghapus kunci registri secara manual. Lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run.Dalam kotak dialog Run, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.Navigasi atau lompat ke jalur kunci registri di bawah ini:HKEY_CURRENT_USERSoftwareClassesCLSID{ 031E4825-7B94-4dc3-B131-E946B44C8DD5}Di lokasi, di panel kanan, klik dua kali entri System.IsPinnedToNameSpaceTree untuk mengedit propertinya. Masukan 1 (untuk menambah) atau 0 (untuk menghapus) di bidang Data nilai per kebutuhan Anda. Klik OK atau tekan Enter untuk menyimpan perubahan. Keluar dari Penyunting Registri. Mulai ulang PC Anda. Panel Navigasi File Explorer

Untuk menambah atau menghapus folder Perpustakaan tertentu dari Perpustakaan di Panel Navigasi File Explorer di Windows 11/10, lakukan hal berikut:
Buka File Explorer. Di bawah Perpustakaan, klik kanan atau tekan dan tahan folder perpustakaan yang ingin Anda tambahkan atau hapus. Di con menu teks, klik/ketuk Properties.Sekarang, di bawah Attributes, centang (tambahkan – default) atau hapus centang (hapus) opsi Tampilkan di panel navigasi sesuai kebutuhan Anda.Klik Terapkan > OK.
Perlu diingat bahwa jika Anda menghapus pustaka agar tidak ditampilkan di bawah Perpustakaan di panel navigasi File Explorer, tindakan tersebut tidak akan menghapus perpustakaan sebenarnya dari Libraries.

Pos terkait: Tambah atau Hapus Linux dari Panel Navigasi File Explorer di Windows

Bagaimana cara mengedit Panel Navigasi di Explorer?

Untuk mengedit navigasi di Windows 11/10, tekan tombol Windows + E hotkey untuk membuka Windows Explorer. Klik tab Lihat. Klik tombol panel Navigasi di pita. Di menu tarik-turun, Anda dapat mengeklik untuk mencentang atau menghapus centang pada opsi “Panel navigasi”.

Bagaimana File Folder dan Pustaka terkait?

Perpustakaan adalah referensi ke satu atau beberapa folder di komputer Anda dan file yang ditemukan di dalam folder tersebut . Misalnya, Anda dapat menyimpan dokumen di beberapa lokasi seperti folder Dokumen, di desktop, dan beberapa lokasi lainnya.