Tambahkan TPM ke VMware Player Virtual Machine di Windows 11

Jika Anda tidak dapat menginstal Windows 11 pada mesin virtual VMware Workstation Player, kemungkinan Anda tidak mengaktifkan TPM. Berikut adalah bagaimana Anda dapat mengaktifkan atau menambahkan TPM ke mesin virtual VMware Player di Windows 11. Untuk itu, Anda tidak memerlukan aplikasi atau layanan pihak ketiga karena opsi bawaan dapat melakukannya untuk Anda.

Menambahkan TPM ke VMware Player Virtual Mesin di Windows 11

Untuk menambahkan TPM ke VMware Player Virtual Machine di Windows 11, ikuti langkah berikut:
Tutup mesin virtual.Buka folder tempat Anda menyimpan file mesin virtual.Klik kanan pada file nama-mesin virtual.vmx.Pilih opsi Buka dengan .Pilih Notepad dari daftar.Gulir ke bawah ke bawah.Masukkan ini: managedvm.autoAddVTPM = “software”Tekan Ctrl+S untuk menyimpan file.Mulai ulang mesin virtual VMware Player.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, simpan reading.

Pertama, Anda perlu mematikan mesin virtual jika sudah berjalan di komputer Anda dan menutup aplikasi VMware Player. Kemudian, buka folder tempat Anda menyimpan semua file mesin virtual.

Secara default, semua file disimpan di folder Pustaka Dokumen. Anda dapat membuka folder tersebut di File Explorer dan membuka Mesin Virtual > folder nama mesin virtual.

Di sini Anda dapat menemukan beberapa file, termasuk file bernama virtual-machine-name.vmx. Sekadar informasi, harus sama dengan nama mesin virtual aslinya.

Anda perlu membuka file ini di Notepad. Untuk itu, klik kanan pada file .vmx, pilih opsi Buka dengan, dan pilih Notepad dari daftar.

Atau, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengeditan teks lainnya. Setelah file ini dibuka di komputer, Anda perlu menggulir ke bawah dan memasukkan baris berikut:
managedvm.autoAddVTPM = “software”

Kemudian, tekan Ctrl+S untuk menyimpan file. Anda juga dapat membuka File > Simpan untuk menyimpan file di PC.

Setelah selesai, buka aplikasi VMware Player di komputer, pilih mesin virtual, dan klik opsi Edit setelan mesin virtual.

Di sini Anda dapat menemukan Platform Tepercaya Opsi modul. Itu harus disetel sebagai Hadir di panel pengaturan.

Atau, Anda dapat menjalankan mesin virtual untuk menemukan yang sama.

Baca: Cara mengaktifkan TPM di Hyper-V untuk menginstal Windows 11

Bagaimana cara menginstal TPM 2.0 pada VMware Player?

Untuk menginstal TPM 2.0 pada VMware Player, Anda perlu mengakses panel pengaturan mesin virtual. Dengan kata lain, Anda harus melalui file .vmx yang disertakan saat Anda menginstal mesin virtual pada VMware Workstation Player di komputer Anda. Apakah Anda telah menginstalnya di Windows 11 atau Windows 10, Anda dapat menemukan opsi yang sama di keduanya.

Bagaimana cara mengaktifkan TPM dan boot aman di VMware untuk menginstal Windows 11?

Untuk mengaktifkan Boot Aman di mesin virtual VMware, Anda perlu membuka Panel pengaturan terlebih dahulu. Lalu, buka bagian Opsi dan alihkan ke tab Kontrol Akses. Kemudian, klik tombol Enkripsi dan buka bagian Lanjutan. Setelah itu, pilih opsi UEFI dan centang kotak Aktifkan boot aman. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Itu saja! Semoga membantu.

Baca: Cara Instal Windows 11 di PC yang Tidak Didukung Tanpa TPM.