Tema terus berubah di Windows 11/10

Salah satu cara terbaik untuk mempersonalisasi komputer Anda adalah dengan menerapkan tema pilihan Anda. Tetapi tidak seorang pun dari kita ingin tema yang kita atur berubah secara otomatis ke sesuatu yang lain. Dalam posting ini, kita akan membahas masalah ini dan melihat apa yang harus Anda lakukan jika Tema Anda terus berubah di komputer Windows Anda.

Mengapa tema Windows saya terus berubah?

Biasanya, jika Anda memiliki perangkat lain dalam mode ringan dengan fitur sinkronisasi diaktifkan, maka ada kemungkinan besar tema Anda akan berubah secara tiba-tiba. Anda dapat mematikan fitur sinkronisasi dan memulai ulang PC untuk menghilangkan masalah ini. Jika bukan itu masalahnya, kemungkinan Anda telah mengaktifkan fitur latar belakang Slideshow atau ada beberapa konflik di Windows Anda yang baru saja diperbarui. Tema Perbaiki terus berubah di Windows 11/10

Jika Tema terus berubah di PC Anda, coba solusi yang disebutkan di bawah ini untuk memperbaiki masalah:
Ubah pengaturan Power PlanJangan Sinkronkan Pengaturan AndaPindai PC Anda dari virusHapus file cache ikon AndaCoba Pembaruan SistemCoba Pemulihan SistemMari kita mulai dengan solusi pertama.
1] Ubah pengaturan Power Plan

Jika tema terus berubah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lakukan adalah mengubah pengaturan latar belakang. Banyak pengguna telah menyelesaikan masalah dengan menonaktifkan beberapa pengaturan Power Plan, jadi, kami akan mencoba melakukan hal yang sama.

Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Klik Win+R untuk membuka kotak Dialog Jalankan.Ketik yang berikut dan kemudian klik tombol Masuk. powercfg.cplDalam rencana Daya, klik pada Ubah pengaturan rencana dari opsi yang dipilih.Sekarang, pilih Ubah pengaturan daya lanjutan.Perluas pengaturan latar belakang Desktop > Tampilan slide dan ubah pengaturan Pada baterai dan Dicolokkan ke Nonaktifkan atau Jeda.Klik tombol OK dan Terapkan untuk menyimpan perubahan.
Setelah melakukan perubahan, restart PC Anda dan lihat apakah tema masih berubah. Jika Anda masih menghadapi masalah, lanjutkan ke solusi berikutnya.
2] Jangan Sinkronkan Pengaturan Anda

Anda harus menonaktifkan fitur Sinkronisasi karena pengaturan mungkin disinkronkan dengan perangkat Anda yang lain. Dalam hal ini, Anda dapat mematikan fitur ini dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk melakukan hal yang sama:
Klik Win + I untuk membuka Pengaturan.Pilih tab Akun dan kemudian klik pada cadangan Windows.Matikan tombol sakelar Ingat preferensi saya.
Mudah-mudahan, ini akan melakukan trik untuk Anda.
3 ] Pindai PC Anda untuk virus

Tema Anda mungkin terus berubah karena virus atau malware yang terinstal di komputer Anda secara tidak sengaja. Jadi untuk memperbaiki masalah dalam kasus ini, Anda dapat memindai PC Anda dari virus. Jika Anda memiliki antivirus pihak ketiga, Anda dapat menggunakannya untuk memindai komputer Anda. Jika Anda tidak memiliki antivirus pihak ketiga, gunakan program Keamanan Windows untuk memindai sistem Anda. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Telusuri dan luncurkan aplikasi Keamanan Windows dari Start Menu.Buka tab Perlindungan virus & ancaman.Klik opsi Pindai.Pilih pemindaian Microsoft Defender Offline atau Microsoft Defender Antivirus.Klik Pindai sekarang .
Setelah pemindaian selesai, Anda harus menyingkirkan virus, dan mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.
4] Hapus ikon Anda cache
Salah satu alasan mengapa tema Anda terus berubah adalah cache ikon yang rusak. Namun, kabar baiknya adalah, Anda sebenarnya dapat membangun kembali cache ikon yang rusak menggunakan panduan kami. Setelah membuat cache, periksa apakah masalah telah teratasi.
5] Copot pemasangan pembaruan Windows baru
Jika tema Anda mulai berubah secara tiba-tiba hanya setelah memperbarui Windows, maka disarankan untuk menghapus pembaruan. Masalah ini dapat disebabkan oleh pembaruan kereta yang dapat merusak tema komputer Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk menghapus instalasi Pembaruan Windows yang baru.
Klik Win + I untuk membuka Pengaturan.Klik Pembaruan Windows, dan buka Riwayat Pembaruan.Dalam Pengaturan Terkait , pilih Uninstall Updates.Klik kanan pada pembaruan yang baru saja diinstal yang menyebabkan masalah, dan pilih opsi Uninstall.Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosedur.
Setelah prosedur selesai, restart PC Anda.
6] Coba System Restore
Jika Anda memiliki membuat titik Pemulihan Sistem, maka inilah saat yang tepat untuk menerapkannya. Telusuri “Pemulihan Sistem” dari Menu Mulai. Klik tombol Pemulihan Sistem dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pemulihan.

Kami harap Anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.

Baca: Mencegah tema mengubah ikon Desktop di Windows

Di mana Tema disimpan di Windows 11 ?

Anda dapat menemukan tema di PC dengan mengklik Win + R untuk membuka Jalankan dan mengetik variabel lingkungan berikut:
%localappdata%MicrosoftWindowsThemes
Anda juga dapat menemukan tema dengan mengunjungi C:WindowsWeb. Cukup luncurkan File Explorer di komputer Anda, salin dan tempel lokasi dan tekan Enter, dan Anda akan diarahkan ke tema yang diinstal di komputer Anda. Namun, jika Anda dapat mengunduh tema pihak ketiga, itu dapat ditemukan di folder Unduhan. Jadi, luncurkan saja File Explorer dan klik folder Downloads; Anda akan menemukan tema yang diunduh di sana.

Bagaimana cara menyinkronkan tema di Windows 11?

Untuk menyinkronkan tema Anda di beberapa perangkat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa semua perangkat masuk ke akun yang sama atau memiliki admin yang sama. Juga, pastikan akun Microsoft Anda diverifikasi, jika tidak, fitur ini tidak akan berfungsi. Setelah Anda selesai dengan langkah-langkah prasyarat ini, ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk mengaktifkan Ingat preferensi saya dari Pengaturan Windows. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Luncurkan Pengaturan dengan Win + I.Buka Akun > Pencadangan Windows.Aktifkan untuk beralih ke Ingat preferensi saya.
Jika Anda mau, Anda juga dapat mengonfigurasi opsi ini dengan mengeklik tombol perluas, lalu nonaktifkan pilihan pilihan Anda. Jika Anda ingin menyinkronkan tema, pastikan kotak yang terkait dengan Setelan Windows Lainnya dicentang.

Baca Juga: Cara mengubah Tema, Layar Kunci & Wallpaper di Windows.