Terjadi kesalahan fatal saat membuat kredensial klien TLS (10013)

Jika Anda mendapatkan Terjadi kesalahan fatal saat membuat kesalahan kredensial klien TLS di Peraga Peristiwa, Anda dapat memecahkan masalah dengan bantuan panduan ini. Kesalahan ini terjadi pada Windows 11 dan juga Windows 10. Namun, solusinya sama terlepas dari sistem operasinya.

Seluruh pesan kesalahan mengatakan:

Kesalahan fatal terjadi saat membuat kredensial klien TLS. Status kesalahan internal adalah 10013.

Galat ini muncul di komputer Anda saat Anda tidak mengaktifkan TLS 1.0 dan TLS 1.1. Meskipun beberapa program mungkin tidak memerlukannya saat Anda memiliki TLS 1.2 atau TLS 1.3, beberapa program lama mungkin memerlukannya untuk menghubungkan ke internet. Jika itu terjadi, Anda dapat menghilangkan kesalahan ini dengan bantuan solusi ini.

A kesalahan fatal terjadi saat membuat kredensial klien TLS

Untuk memperbaiki Kesalahan fatal terjadi saat membuat kredensial klien TLS, Status kesalahan internal adalah 10013 saat membuat TLS kesalahan kredensial klien, ikuti langkah berikut:
Aktifkan TLS 1.0/1.1 menggunakan Properti InternetUbah nilai di Registry
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Aktifkan TLS 1.0/1.1 menggunakan Properti Internet

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda harus mengaktifkan atau mengaktifkan TLS 1.0 dan TLS 1.1 di komputer Anda untuk memperbaiki masalah ini. Karena ini tidak diaktifkan secara default pada Windows 11 dan Windows 10, Anda harus melakukannya secara manual. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan bantuan dari panel Internet Properties. Untuk mengaktifkan TLS 1.0/1.1 di Windows 11/10, lakukan hal berikut:
Telusuri properti internet di kotak telusur Taskbar.Klik hasil penelusuran individual.Beralih ke tab Lanjutan.Temukan TLS 1.0 dan TLS 1.1.Centang kedua kotak centang.Klik tombol OK.
Anda mungkin perlu memulai ulang komputer untuk menyelesaikan pekerjaan. Setelah selesai, Anda tidak akan menemukan pesan kesalahan yang disebutkan di atas. Untuk memverifikasi itu, Anda dapat membuka Peraga Peristiwa dan memeriksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.
2] Ubah nilai di Registry

Jika Anda mendapatkan kesalahan yang disebutkan di atas, perubahan sederhana pada file Registry dapat memperbaiki masalah. Namun, Anda mungkin perlu membuat beberapa kunci dan nilai REG_DWORD juga. Baik itu Windows 11, Windows 10, atau versi lama lainnya, Anda dapat melakukan hal berikut:

Tekan Win+R untuk membuka Run prompt.

Type regedit > klik tombol OK > klik opsi Ya.

Navigasi ke jalur ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEMCurrentControlSetControlSecurityProvidersSCHANNELProtocols
Klik kanan pada Protocols > New > Key dan beri nama sebagai TLS 1.2.

Klik kanan pada TLS 1.2 > New > Key dan beri nama sebagai Client.

Kanan > Klik kanan pada Client > DWORD (32-bit) Value.

Tetapkan nama sebagai DisabledByDefault.

Klik kanan pada Client > New > DWORD (32-bit) Value.

Tetapkan nama sebagai Enabled.

Klik dua kali untuk menyetel Value data sebagai 1.

Klik tombol OK.

Terakhir, mulai ulang komputer Anda. Setelah selesai, komputer Anda tidak akan menampilkan pesan kesalahan seperti itu di Peraga Peristiwa lagi.

Bagaimana cara memeriksa apakah TLS 1.2 diaktifkan?

Cara termudah untuk memeriksa apakah TLS 1.2 diaktifkan atau tidak di PC Windows 11/10. Anda dapat menggunakan panel Properti Internet. Untuk itu, tekan Win+R untuk membuka perintah Run, ketik inetcpl.cpl, dan tekan tombol Enter. Kemudian, alihkan ke tab Lanjutan dan buka bagian Keamanan. Sekarang, periksa apakah kotak centang Gunakan TLS 1.2 diaktifkan atau tidak. Jika dicentang, TLS 1.2 dihidupkan.

Bagaimana cara memeriksa apakah TLS 1.0 diaktifkan di server?

Untuk memeriksa apakah TLS 1.0 diaktifkan di server atau tidak, Anda dapat menggunakan langkah yang sama seperti di atas. Karena itu, Anda dapat menelusuri properti internet di kotak telusur Taskbar dan mengeklik kotak telusur individual. Buka tab Lanjutan dan periksa apakah kotak centang Gunakan TLS 1.0 diaktifkan atau tidak.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Cara menonaktifkan TLS 1.0 di Windows 11/10.