Terjadi kesalahan saat memasang salah satu sistem file Anda di WSL

Beberapa pengguna mengeluh bahwa ketika menginstal Windows Subsystem untuk Linux, atau ketika memulai WSL, melihat pesan kesalahan berikut:

Terjadi kesalahan saat memasang salah satu sistem file Anda. Silakan jalankan `dmesg` untuk lebih jelasnya.

Untuk informasi Anda, dmesg digunakan untuk memeriksa atau mengontrol buffer ring kernel. Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu Terjadi kesalahan saat memasang salah satu sistem file Anda?

Kesalahan ini muncul saat seseorang mencoba menginstal WSL atau mencoba membukanya. Masalah dalam kedua kasus adalah bahwa WSL Anda tidak dapat memasang driver Windows. Ada berbagai alasan mengapa ini bisa terjadi, sebagian besar adalah masalah ketidakcocokan atau bug. Dalam hal ini, pengguna dapat menyelesaikan masalah hanya dengan memperbarui Kernal Linux atau Subsistem Windows untuk Linux. Anda juga harus memeriksa distribusi default dan melihat apakah sudah diatur dengan benar. Kami telah menyebutkan langkah-langkah untuk melakukan hal yang sama.

Selanjutnya, kami juga harus berbicara tentang aplikasi pihak ketiga yang dapat mengganggu WSL Anda dan menghentikan proses pemasangan. Namun, mereka tidak mudah untuk mengidentifikasi dan tidak ada cara kami akan merekomendasikan Anda untuk menghapus semua perangkat lunak dari komputer Anda, selanjutnya, kami telah menyebutkan metode yang akan membantu Anda dalam mencari tahu penyebabnya.

Fix Terjadi kesalahan saat memasang salah satu sistem file Anda di WSL

Jika terjadi kesalahan saat memasang salah satu sistem file Anda di WSL, ikuti saran berikut:
Perbarui Subsistem Windows untuk LinuxPeriksa distribusiNonaktifkan Platform Hypervisor WindowsPemecahan masalah di Clean Boot
Mari kita bicarakan secara mendetail.
1] Perbarui Subsistem Windows untuk Linux

As ternyata, sebagian besar pengguna menghadapi masalah ini karena WSL yang sudah ketinggalan zaman. Beruntung bagi Anda, memperbarui WSL cukup mudah Anda hanya perlu menjalankan perintah dan fitur Anda akan diperbarui.

Buka Command Prompt atau PowerShell sebagai administrator dan jalankan perintah berikut.
wsl –update
Setelah WSL Anda diperbarui, restart komputer Anda dan periksa jika masalah terus berlanjut.
2] Periksa distribusi
Anda perlu memastikan bahwa distribusi Anda disetel ke default. Jika tidak, Anda akan melihat pesan kesalahan yang dimaksud. Untuk melakukannya, luncurkan kembali Command Prompt sebagai administrator dan jalankan perintah berikut.
wsl –list
Jika bukan default, jalankan perintah berikut.
wsl -s distroName
Catatan: Ganti “distroName” dengan nama distribusi.

Sekarang, jalankan WSL dan lihat apakah berhasil.
3] Nonaktifkan Windows Hypervisor Platform

Jika itu tidak berhasil, kita perlu menonaktifkan Windows Hypervisor Platform. Ini telah bekerja untuk banyak pengguna yang mengalami masalah dengan WSL, jadi, kami berasumsi bahwa itu akan bekerja untuk Anda juga. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Panel Kontrol.Pastikan Tampilan menurut Anda disetel ke Ikon besar.Klik pada Program dan Fitur.Buka Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Windows.Hapus centang Windows Hypervisor Platform.Klik Ok.
Mudah-mudahan akan melakukan pekerjaan untuk Anda.
4] Pemecahan Masalah di Clean Boot
Beberapa aplikasi lain dapat mengganggu program WSL Anda dan menyebabkan masalah untuk Anda. Karena, kami tidak tahu apa aplikasi ini, kami akan melakukan Clean Boot dan mencari tahu penyebab pasti dari masalah ini. Anda perlu mengidentifikasi pelaku secara manual. Kemudian, hapus instalan program itu dan masalah Anda akan teratasi.

Mudah-mudahan, ini akan berhasil untuk Anda.

Apa itu Subsistem Windows untuk Linux?

Subsistem Windows untuk Linux adalah lapisan yang Anda tambahkan ke Sistem Operasi Windows Anda untuk menjalankan executable biner Linux . Itu dapat diinstal pada banyak versi Windows, seperti Windows 10, 11, Server 2019, dll. Jika Anda ingin menambahkan lapisan itu, periksa panduan kami untuk menginstal Subsistem Subsistem Windows untuk Linux.

Baca juga: Perbaiki Subsistem Windows untuk Linux Kesalahan, Masalah, dan Masalah.