Tidak dapat meluncurkan Google Drive untuk Desktop di Windows 11/10

Dalam posting ini, kita akan melihat berbagai solusi yang dapat Anda coba jika Anda tidak dapat meluncurkan Google Drive untuk Desktop Windows 11/10. Google Drive adalah salah satu layanan Cloud paling populer yang tersedia di pasar. Tidak hanya menawarkan paket penyimpanan yang murah, tetapi juga membuat sinkronisasi antara perangkat dan platform yang berbeda menjadi mudah. Yang terbaik adalah tersedia sebagai web serta formulir aplikasi untuk desktop. Namun, banyak pengguna telah melaporkan masalah saat meluncurkan aplikasi Google Drive di PC Windows Anda. Jadi, jika Anda juga mengalami masalah yang sama, lanjutkan dengan panduan pemecahan masalah untuk menghilangkan masalah.

Tidak dapat meluncurkan Google Drive untuk Desktop

Berikut adalah berbagai perbaikan yang dapat Anda coba jika Anda tidak dapat meluncurkan Google Drive untuk Desktop di Windows 11/10 PC.
Restart PCHapus data cache Google DriveUbah Pengaturan Proxy Google DriveJalankan Google Drive dalam mode AdministratorIzinkan Google Drive melalui pengaturan Windows FirewallJalankan pemindaian SFCInstal ulang Google Drive
Sekarang, mari kita lihat semua solusi secara mendetail.
1] Mulai ulang PC
Hal pertama yang akan Anda lakukan adalah me-restart PC Windows Anda. Ternyata, memulai ulang adalah cara terbaik untuk menyingkirkan masalah terkait peluncuran pada aplikasi apa pun. Jadi, restart PC Windows Anda, buka klien Google Drive untuk Desktop dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. Jika ya, Anda baik untuk pergi. Namun, jika Anda masih menghadapi masalah peluncuran, cobalah solusi teknis yang disebutkan di bawah ini.
2] Hapus data cache Google Drive

Semua aplikasi, termasuk Google Drive, menyimpan data cache, yang membantu aplikasi tersebut menawarkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar . Namun, di sisi negatifnya, sejumlah besar data cache dapat menjadi alasan utama di balik masalah peluncuran. Sebagai solusi, Anda harus menghapus data cache aplikasi dari sistem Anda untuk memperbaiki masalah. Berikut cara menghapus data cache aplikasi Google Drive dari Windows 11/10.
Buka kotak dialog Jalankan dengan menekan tombol pintas Windows + R. Di bilah pencarian, ketik %userprofile%AppdataLocalGoogle dan tekan tombol enter. Di jendela berikut, buka folder DriverFS.Pilih semua yang ada di dalamnya dan pilih opsi hapus permanen.
Itu saja. Sekarang reboot sistem Anda meluncurkan Google Drive. Periksa apakah masalah peluncuran telah diperbaiki atau belum.
3] Ubah Pengaturan Proxy Google Drive

Anda dapat mengubah pengaturan proxy Google Drive untuk memperbaiki masalah. Ternyata, pengaturan proxy yang salah dikonfigurasi dapat menjadi alasan lain Anda menghadapi masalah peluncuran dengan Google Drive di PC Windows Anda. Jadi, berikut adalah perubahan yang harus Anda lakukan dalam pengaturan proxy di Google Drive.
Dari area baki sistem Anda, klik ikon Google Drive. Ketuk ikon roda gigi yang ada di sudut kanan atas jendela. Dari konteksnya menu, pilih opsi Preferensi. Ketuk ikon roda gigi lagi yang ada sebelum gambar profil Anda. Di jendela berikut, pilih opsi Sambungan langsung yang ada di bagian Setelan proxy. Klik opsi Simpan untuk menyimpan setelan. Ketuk Mulai ulang sekarang dari prompt yang muncul untuk menerapkan perubahan.
Sekarang, Google Drive akan dimulai ulang di sistem Anda. Periksa apakah masalah telah diperbaiki atau belum.

Baca: Bagaimana cara memperbaiki masalah pengunggahan file di Google Drive?
4] Jalankan Google Drive di Administrator mode
Terkadang tidak memiliki hak administrator dapat menjadi alasan utama di balik masalah peluncuran. Sebagian besar teks aplikasi, termasuk Google Drive, memerlukan hak administratif untuk menawarkan pengalaman yang lancar. Anda dapat mengaktifkan mode dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Ketuk tombol Windows untuk membuka menu mulai.Di bilah pencarian, ketik Google Drive.Klik kanan pada Google Drive dan pilih opsi Jalankan sebagai administrator.Klik Ya pada Akun Pengguna Kontrol prompt yang muncul.
Sekarang, periksa apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.
5] Daftar Putih Google Drive melalui pengaturan Windows Firewall
Windows Firewall hadir dengan fitur memblokir aplikasi berbahaya dari sistem Anda. Jadi, jika kebetulan, Firewall telah mempertimbangkan aplikasi Google drive dalam kategori tersebut, Anda akan menghadapi masalah peluncuran. Untuk menghilangkan masalah, Anda harus mengizinkan Google Drive melalui pengaturan Windows Firewall. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
Buka menu mulai dan telusuri Keamanan Windows.Klik Firewall & perlindungan jaringan dari panel kiri layar.Pilih opsi Izinkan aplikasi melalui firewall.Klik opsi Ubah setelan .Dari daftar, cari opsi Google Drive dan centang kotak Pribadi dan Publik.Klik OK untuk menyimpan setelan.
Sekarang, mulai ulang sistem Anda, dan luncurkan Google Drive. Periksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.
6] Jalankan SFC scan
 

File sistem Windows yang rusak adalah alasan utama lain yang menyebabkan masalah yang disebutkan. Untungnya, Anda dapat menghapus file tersebut menggunakan Pemeriksa File Sistem atau utilitas sfc.exe dari OS Windows. Anda dapat memulihkan semua file sistem Windows yang rusak dengan menjalankan utilitas ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk Menjalankan sfc scan.

Untuk memulai, ketik CMD di kotak pencarian mulai.

Dari hasil pencarian, klik kanan pada CMD dan pilih opsi Run as administrator.

Ketik kode yang disebutkan di bawah di jendela command prompt yang muncul dan tekan tombol enter.
sfc /scannow
Pemindaian sfc akan berjalan beberapa saat secara otomatis mengganti semua file sistem yang rusak saat reboot. Setelah proses selesai, luncurkan Google Drive dan periksa apakah masalah masih berlanjut.

Baca: Cara Memblokir seseorang di Google Drive?
7] Instal ulang Google Drive
Perubahannya rendah, tetapi jika Anda masih kesulitan meluncurkan Google Drive di Windows PC, hal terakhir yang dapat Anda coba adalah menginstal ulang aplikasi di sistem Anda. Untuk itu, untuk memperbaiki masalah.

Terkait:Google Drive terus mogok terus menerus di Windows PC

Mengapa Google Drive saya tidak terbuka di desktop?

Ada beberapa alasan mengapa Google Drive tidak terbuka di desktop Anda. Namun di antara semuanya, penyebab utamanya bisa jadi koneksi internet yang lemah atau cache yang rusak. Selain itu, setelan proxy yang salah dikonfigurasi, dan Windows Firewall juga dapat menyebabkan masalah ini.

Baca Berikutnya: Bagaimana cara memindahkan file dari OneDrive ke Google Drive?