Tidak dapat mencetak dari Excel? Perbaiki masalah pencetakan Excel di Windows 11/10

Beberapa pengguna mengalami masalah dengan Microsoft Excel. Ketika mereka mencoba mencetak dari Excel, tidak ada yang terjadi. Padahal, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa jendela kecil muncul dan menghilang segera setelah memberikan perintah cetak ke Excel. Jika Anda tidak dapat mencetak dari Excel, saran yang diberikan dalam posting ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah pencetakan di Microsoft Excel.

Tidak dapat mencetak dari Excel

Memperbaiki masalah pencetakan Excel Windows 11/10

Jika Anda tidak dapat mencetak dari Excel tetapi Word dapat atau mungkin Anda melihat Not cukup pesan kesalahan memori maka berikut adalah beberapa saran untuk membantu Anda memperbaiki masalah pencetakan Excel. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda menggunakan versi terbaru Microsoft Office. Anda juga dapat mencoba memperbarui Office secara manual dan melihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika masalah terus berlanjut, coba solusi yang disediakan di bawah ini.
Cobalah untuk mencetak melalui Microsoft XPS Penulis dokumenPerbarui driver printer AndaEdit izin di Peninjau Suntingan Masalah Excel dalam Mode AmanHapus dan tambahkan printer Anda lagiPerbaiki Office
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Cobalah untuk mencetak melalui Microsoft XPS Document Writer
Sebelum mencetak spreadsheet, Excel menunjukkan kepada kita opsi untuk memilih printer. Jika Anda tidak dapat mencetak dari Excel melalui printer default Anda, cobalah untuk mencetak melalui Microsoft XPS Document Writer. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
Luncurkan Microsoft Excel dan buka spreadsheet Anda. Buka “File > Print.” Klik pada drop-down Printer dan pilih Microsoft XPS Document Writer. Ini akan menyimpan spreadsheet Excel Anda dalam format XPS.
Sekarang, buka file yang disimpan. Anda seharusnya dapat mencetaknya.
2] Perbarui driver printer Anda
Anda mungkin mengalami masalah pencetakan dengan Excel karena driver printer yang rusak atau kedaluwarsa. Kami menyarankan Anda memperbarui driver printer Anda dan melihat apa yang terjadi.

Anda memiliki pilihan berikut untuk memperbarui driver printer.
Buka halaman Pembaruan Opsional Windows dan perbarui driver printer Anda dari sana (jika pembaruan tersedia). Kunjungi resmi situs web produsen printer Anda dan unduh versi terbaru driver Printer Anda. Sekarang, klik dua kali pada file penginstal untuk menginstal driver printer secara manual.3] Mengedit izin di Registry Editor
Windows Registry adalah database hierarkis yang menyimpan pengaturan dan konfigurasi Windows. Kesalahan apa pun saat memodifikasi Windows Registry dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem. Oleh karena itu, sebelum Anda melanjutkan, kami sarankan Anda membuat Titik Pemulihan Sistem dan mencadangkan Windows Registry.

Ikuti petunjuknya dengan cermat.

Tekan tombol Win + R. Ini akan membuka kotak perintah Jalankan. Ketik regedit dan klik OK. Klik Ya di prompt UAC.

Ketika Editor Registri muncul di layar Anda, buka jalur berikut. Cukup salin jalur yang diberikan di bawah ini dan rekatkan ke bilah alamat Editor Registri. Setelah itu, tekan Enter.
ComputerHKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindows NTCurrentVersionWindows
Klik kanan pada tombol Windows dan pilih Permissions. Kotak dialog Izin akan muncul. Sekarang, klik pada kotak centang Izinkan di sebelah opsi Kontrol Penuh. Klik Terapkan lalu klik OK.
4] Pemecahan Masalah Excel di Safe Mode
Jika masalah masih berlanjut, mungkin ada add-in yang bermasalah. Untuk mengonfirmasi ini, luncurkan Excel dalam Safe Mode dan cetak spreadsheet Anda. Jika Anda dapat mencetak spreadsheet dalam Safe Mode, add-in menyebabkan masalah.

Sekarang, tutup Excel dan buka lagi dalam mode normal. Mulai nonaktifkan semua add-in COM satu per satu dan cetak spreadsheet Anda setiap kali Anda menonaktifkan add-in. Ini akan memberi tahu Anda add-in mana yang menyebabkan masalah. Menurut umpan balik dari pengguna yang terpengaruh, add-in Acrobat PDFMaker Office Com menyebabkan masalah. Jika Anda telah menginstal add-in seperti itu, nonaktifkan dan lihat apakah Anda dapat mencetak spreadsheet. Jika ya, hapus add-in tersebut.

Langkah berikut akan membantu Anda menonaktifkan COM Add-in di Excel:
Buka spreadsheet Anda di Excel.Buka “File > Options > Add-Ins.” Pilih COM Add-in di drop- di bagian bawah dan klik GO. Kotak dialog COM Add-in akan muncul. Sekarang, cukup hapus centang pada kotak untuk menonaktifkan add-in tertentu. Klik OK.
Baca: Perbaiki Excel terus berkedip pada Windows 11/10.
5] Hapus dan tambahkan printer Anda lagi
Terkadang, menghapus dan menambahkan printer lagi memperbaiki masalah terkait printer . Hapus atau hapus instalan printer Anda sepenuhnya, lalu tambahkan lagi. Periksa apakah ini membantu. Anda dapat menghapus printer sepenuhnya dari mesin Windows 11/10 Anda melalui:
SettingsThe Control PanelPrint Server PropertiesThe Command PromptThe Registry Editor6] Perbaiki Office
Jika tidak ada yang membantu Anda, perbaiki Microsoft Office. Terkadang, masalah terjadi karena file Office yang rusak. Jika demikian halnya dengan Anda, memperbaiki Microsoft Office akan memperbaiki masalah. Pertama, jalankan Perbaikan Cepat. Jika ini tidak memperbaiki masalah, jalankan Perbaikan Office Online.

Baca: Microsoft Excel menampilkan penggunaan CPU yang Tinggi.

Perbaiki masalah pencetakan Excel di Windows 11/10

Di atas, kami telah melihat solusi untuk memperbaiki masalah saat Excel tidak mencetak saat menerima perintah cetak dari pengguna. Sekarang, mari kita lihat beberapa masalah pencetakan umum yang mungkin Anda alami di Microsoft Excel. Terkadang, ketika kami mencetak spreadsheet dari Excel, kami tidak mendapatkan hasil cetak yang diinginkan. Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami masalah seperti itu. Jenis masalah seperti itu terjadi ketika pengaturan cetak tidak dikonfigurasi dengan benar sebelum mencetak spreadsheet.

Berikut adalah beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan untuk menghindari beberapa masalah pencetakan umum di Microsoft Excel.
Pasangkan spreadsheet Anda di satu halamanSetel area cetak di ExcelKonfigurasikan pengaturan cetak sebelum mencetak spreadsheet1] Sesuaikan spreadsheet Anda pada satu halaman

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami bahwa meskipun mengonfigurasi pengaturan halaman yang benar, Excel mencetak spreadsheet di lebih dari satu halaman. Masalah ini dapat diperbaiki dengan mengubah penskalaan di Excel. Jika Anda ingin mencetak semua baris atau kolom pada satu halaman di Excel, Anda harus mengubah opsi No Scaling di Excel menjadi Fit all rows on one page dan Fit all column on one page option masing-masing.
2] Atur area cetak di Excel
Jika Anda ingin mencetak sel yang dipilih di spreadsheet, Anda dapat mengatur area cetak untuk hal yang sama. Langkah-langkah untuk mengatur area cetak adalah sebagai berikut:

Buka Excel.Buka lembar kerja Anda di Excel.Pilih rentang sel yang ingin Anda cetak.Buka “Tata Letak Cetak > Area Cetak > Atur Area Cetak.”
Sekarang, saat Anda memberi perintah cetak ke Excel, itu hanya akan mencetak sel yang dipilih pada halaman. Anda dapat memperluas area cetak dengan menambahkan lebih banyak sel ke dalamnya. Jika sel yang ingin Anda tambahkan berdekatan dengan area cetak yang ada, Excel akan mencetaknya pada halaman yang sama (jika ruang tersedia). Jika sel yang dipilih yang ingin Anda tambahkan tidak berdekatan dengan area cetak yang ada, Excel akan mencetaknya di halaman lain, terlepas dari apakah ruang tersedia di area cetak yang ada atau tidak.

Untuk menambahkan sel ke area cetak yang sudah ada, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pilih rentang sel yang ingin Anda tambahkan ke area cetak yang ada. Buka “Tata Letak Halaman > Area Cetak > Tambahkan ke Area Cetak.”
Untuk menghapus area cetak, buka “Tata Letak Halaman > Area Cetak > Clear Print Area.”
3] Konfigurasikan pengaturan cetak sebelum mencetak spreadsheet
Anda dapat mengonfigurasi pengaturan cetak sebelum mencetak spreadsheet Anda. Untuk melakukannya, buka “File > Print” atau cukup tekan tombol Ctrl + P. Di sana Anda akan melihat pengaturan cetak yang berbeda. Anda dapat mengubah orientasi halaman (lanskap atau potret), memilih ukuran kertas Anda seperti Letter, Legal, A4, A3, dll., mengubah margin halaman, dll. Setiap kali Anda mengubah pengaturan cetak, Excel akan menunjukkan kepada Anda pratinjau cetak di jendela pratinjau.

Mengapa saya dapat mencetak dari Word tetapi tidak dari Excel?

Jika Anda dapat mencetak dari Word tetapi tidak dari Excel, mungkin ada add-in yang bermasalah di Excel. Anda dapat mengonfirmasi ini dengan membuka Excel dalam Safe Mode. Jika Anda dapat mencetak dalam Safe Mode, salah satu add-in adalah penyebabnya. Sekarang, nonaktifkan add-in yang diinstal di Excel satu per satu. Cetak spreadsheet Anda setiap kali Anda menonaktifkan add-in. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi add-in yang bermasalah.

Solusi lain yang dapat Anda coba adalah menghapus dan menambahkan printer lagi, memperbarui driver printer Anda, dll.

Mengapa Excel tidak mencetak semua kolom?

Untuk mencetak semua kolom pada satu halaman di Excel, Anda harus mengonfigurasi pengaturan halaman sebelum mencetak spreadsheet Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Buka spreadsheet Anda di Excel. Buka “File > Print.” Secara default, pengaturan halaman diatur ke Tanpa Penskalaan. Anda harus mengubah opsi ini. Klik dan pilih Fit semua kolom pada satu halaman.
Setelah itu, Anda akan dapat mencetak semua kolom pada satu halaman di Excel.

Pratinjau cetak tidak tersedia karena Microsoft Excel tidak dapat terhubung ke printer yang dipilih

Jika Anda melihat “Cetak pratinjau tidak tersedia karena Microsoft Excel tidak dapat terhubung ke printer yang dipilih” pesan kesalahan saat mencetak spreadsheet dari Excel, pastikan komputer Anda berjalan pada sistem operasi Windows versi terbaru. Buka Pengaturan Windows 11/10 dan periksa pembaruan. Jika pembaruan tersedia, unduh dan instal.

Kami juga menyarankan Anda memperbarui Microsoft Office secara manual dan lihat apakah itu membantu. Jika masalah berlanjut, perbaiki Microsoft Office.

Tidak dapat mencetak dari Excel, Memori tidak cukup

Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat pesan kesalahan “Memori tidak cukup” saat mencetak spreadsheet di Microsoft Excel. Pesan kesalahan cukup jelas. Bila printer tempat Anda mencetak pekerjaan tidak memiliki cukup memori, Anda akan melihat kesalahan ini. Namun, ada penyebab lain juga yang memicu kesalahan ini. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mencoba perbaikan berikut.
Salin data dari spreadsheet Anda ke spreadsheet baruUbah printer default AndaPerbarui driver printer AndaCetak dalam Mode DrafSimpan file Excel Anda dalam format ODSSetel ulang memori printer AndaHapus spooler cetakPerbaiki Office
Mari kita lihat semua perbaikan ini secara mendetail.
1] Salin data dari spreadsheet Anda ke spreadsheet baru
Metode ini telah memperbaiki masalah beberapa pengguna. Anda juga dapat mencoba ini. Salin data dari spreadsheet Anda ke spreadsheet baru dan lihat apakah itu membantu.
2] Ubah printer
default AndaJika masalah masih berlanjut, ubah printer default Anda. Anda dapat mengatur printer virtual apa pun sebagai printer default, seperti Microsoft Print to PDF, Microsoft XPS Document Writer, dll. Jika demikian halnya dengan Anda, memperbarui driver printer akan menyelesaikan masalah Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini:
Buka Pengelola Perangkat. Perluas simpul antrian Cetak. Klik kanan pada driver printer Anda dan pilih Perbarui driver. Pilih opsi “Cari secara otomatis untuk driver”. Biarkan Windows menginstal versi terbaru driver printer Anda.
Jika ini tidak berhasil, kunjungi situs web resmi produsen printer Anda dan unduh versi terbaru driver printer Anda dari sana. Sekarang, jalankan file penginstal untuk menginstal versi terbaru dari driver printer Anda secara manual.
4] Mencetak dalam Draf Mode
Untuk beberapa pengguna, mencetak spreadsheet dalam mode Draf memperbaiki masalah mereka. Anda juga dapat mencoba ini dan melihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, Anda harus mengubah mode Cepat ke mode Draf. Secara default, kualitas cetak diatur ke mode Cepat. Buka pengaturan kualitas cetak Anda dan ubah mode Cepat ke mode Draft.
5] Simpan file Excel Anda dalam format ODS
Solusi efektif lainnya untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menyimpan spreadsheet Excel dalam format ODS (OpenDocument Spreadsheet). Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Luncurkan Microsoft Excel dan buka spreadsheet Anda.Buka “File > Save As.” Klik menu tarik-turun Save as type dan pilih OpenDocument Spreadsheet.Klik Save.
Sekarang, buka file ODS dan mencetaknya. Masalah seharusnya tidak muncul kali ini.
6] Setel ulang memori printer Anda
Jika printer Anda kehabisan memori, menyetel ulang memorinya akan membantu memperbaiki masalah. Menyetel ulang memori printer akan menghapus pekerjaan cetak dalam antrian. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:
Putuskan sambungan printer Anda dari komputer.Matikan printer Anda.Cabut kabel daya printer Anda dan tunggu beberapa menit.Hubungkan kembali kabel daya dan hidupkan printer Anda.Hubungkan printer Anda ke komputer Anda.
Jika metode di atas tidak membantu, dinginkan ulang printer Anda. Metode cold reset printer berbeda untuk printer merek yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus merujuk ke manual pengguna printer Anda untuk mengetahui cara yang benar untuk mereset dingin printer Anda.
7] Menghapus Print Spooler
Di Windows, Print Spooler adalah layanan yang menyimpan pekerjaan pencetakan sementara. Jika Excel menampilkan pesan “Memori tidak cukup” saat mencetak spreadsheet, mengosongkan Print Spooler dapat memperbaiki masalah. Langkah-langkah untuk menghapus Print Spooler adalah sebagai berikut:
Tekan tombol Win + R untuk meluncurkan kotak perintah Run.Ketik services.msc dan klik OK. Ini akan meluncurkan jendela Manajemen Layanan. Gulir ke bawah dan temukan layanan Print Spooler. Setelah Anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih Stop. Buka File Explorer dan buka jalur “C:WindowsSystem32spool” . Cukup salin jalur ini dan tempel ke bilah alamat File Explorer. Setelah itu tekan Enter. Buka folder PRINTERS dan hapus semua file di dalamnya. Jangan hapus folder PRINTER.Kembali ke jendela Services Management dan klik kanan pada layanan Print Spooler.Pilih Start.8] Perbaiki Office
Periksa jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang sama di aplikasi Office lainnya, seperti Word. Jika tidak, beberapa file Excel mungkin rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, jalankan perbaikan online untuk Microsoft Office.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Excel membeku, mogok, atau tidak merespons.