Tidak dapat menghapus file Font di Windows 11/10 [Tetap]

Pada komputer Windows, kita dapat menginstal font yang berbeda. Banyak situs web menawarkan font gratis yang dapat Anda instal di komputer Windows Anda untuk penggunaan pribadi dan komersial. Jika Anda tidak memerlukan font tertentu, Anda dapat menghapusnya dari Pengaturan Windows. Atau, Anda dapat menghapus file font tertentu dari lokasi defaultnya. Tetapi beberapa pengguna telah melaporkan bahwa Windows menampilkan pesan kesalahan saat menghapus file font tertentu. Singkatnya, mereka tidak dapat menghapus file font dari komputer Windows 11/10 mereka. Artikel ini mencantumkan kemungkinan solusi untuk memperbaiki masalah ini.

Pesan kesalahan lengkapnya adalah sebagai berikut:

File font tidak dapat dihapus karena sedang digunakan.

Masalah ini dapat terjadi jika file font adalah font sistem. Dalam hal ini, Anda akan melihat pesan berikut: File

Font tidak dapat dihapus karena ini adalah sistem yang dilindungi font

Jika itu adalah font sistem, Anda sebaiknya membatalkan ide untuk menghapusnya.

Tidak dapat menghapus file Font di Windows 11/10

Jika Anda tidak bisa hapus file font non-sistem dan dapatkan pesan kesalahan ini Font tidak dapat dihapus karena sedang digunakan saat menghapus file font pada Windows 11/10, Anda dapat mencoba perbaikan berikut:
Uninstal font dari Windows 11/10 PengaturanPeriksa izin untuk file fontNonaktifkan panel DetailStop Windows Font Services sementaraHapus file font dari Windows RegistryMulai sistem Anda di Safe Mode
Mari kita lihat semua solusi ini secara detail.

Font tidak dapat dihapus karena sedang digunakan
1] Copot font dari Windows 11/10 Settings

Hal pertama yang yang harus Anda coba adalah me-restart komputer Anda dan kemudian, tanpa membuka program apa pun, hapus instalan font melalui Pengaturan Windows. Jika ini berhasil, Anda tidak perlu melakukan pemecahan masalah lebih lanjut yang dijelaskan dalam artikel ini. Menghapus instalan font dari Pengaturan Windows 11/10 sederhana. Buka Pengaturan Windows 11/10 dan buka “Personalisasi> Font.” Pilih font Anda dan Anda akan dapat menghapusnya.

Mencopot pemasangan font dari Pengaturan Windows juga akan menghapusnya dari lokasi defaultnya.
2] Periksa izin untuk file font
Periksa apakah Anda memiliki izin penuh untuk file font atau tidak. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda dengan itu:

Klik kanan pada file font yang tidak dapat Anda hapus. Pilih Properties. Buka tab Security. Pilih nama pengguna Anda dari bagian Grup atau nama pengguna. Jika nama pengguna Anda tidak ada, pilih Pengguna. Kontrol Penuh harus diizinkan untuk nama pengguna atau Pengguna Anda. Jika tidak, klik Edit.Sekarang, pilih nama pengguna atau Pengguna Anda dan pilih kotak centang Izinkan di sebelah Kontrol penuh.
Setelah mengaktifkan Kontrol Penuh untuk file font Anda, periksa apakah Anda dapat menghapusnya. Jika tidak, coba perbaikan lainnya.
3] Nonaktifkan Detail pane
Trik ini telah menyelesaikan masalah banyak pengguna. Ini juga dapat bekerja untuk Anda. Nonaktifkan panel Detail dan kemudian hapus file font. Secara default, font dipasang di lokasi berikut di Windows:
C:WindowsFonts

Navigasi ke lokasi di atas, lalu buka “Organize > Layout.” Anda akan melihat bahwa panel Detail dicentang secara default. Klik pada opsi panel Detail untuk menghapus centangnya. Ini akan menonaktifkan panel Detail. Setelah menonaktifkannya, Anda harus dapat menghapus file font.
4] Hentikan Layanan Font Windows untuk sementara
Windows menunjukkan kepada Anda pesan bahwa file font tertentu sedang digunakan, itu sebabnya tidak dapat dihapus. Di sini, Anda dapat melakukan satu hal. Hentikan Layanan Font Windows untuk sementara dan kemudian hapus file font. Jika Anda dapat melakukannya, mulai Layanan Font Windows lagi.

Langkah berikut akan memandu Anda dalam hal ini:
Buka kotak perintah Jalankan dengan menekan tombol Win + R. Ketik services.msc dan klik OK. Ini akan meluncurkan jendela Manajemen Layanan. Temukan dua layanan berikut dan hentikan. Untuk melakukannya, klik kanan pada layanan dan pilih Berhenti. Layanan Windows Font Cache Untuk melakukannya, klik kanan pada mereka dan pilih Start.Restart komputer Anda lagi.5] Hapus file font dari Windows Registry
Anda juga dapat menghapus file font dari Windows Registry. Registry adalah database sistem operasi Windows Anda. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini dengan hati-hati karena kesalahan apa pun dapat menyebabkan kesalahan serius. Akan lebih baik jika Anda membuat System Restore Point atau membuat cadangan Registry Anda.

Buka kotak perintah Run dan ketik regedit. Klik Oke. Klik Ya di perintah UAC. Ini akan membuka Registry Editor.

Sekarang, salin jalur berikut, rekatkan ke bilah alamat Editor Registri, dan tekan Enter.
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionFonts
Semua font terdaftar di sana dalam urutan abjad. Ini akan membantu Anda menemukan file font Anda dengan mudah. Ketika Anda menemukan file font Anda, klik kanan padanya dan pilih Hapus. Tutup Registry Editor dan restart komputer Anda.
6] Mulai sistem Anda di Safe Mode
Jika tidak ada solusi di atas yang bekerja untuk Anda, Anda dapat menghapus file font di Safe Mode. Saat Anda memulai sistem dalam Safe Mode, semua aplikasi startup, add-on, dll. tetap dinonaktifkan. Mode Aman Windows biasanya digunakan untuk tujuan pemecahan masalah. Menurut pesan kesalahan, file font tidak dapat dihapus karena sedang digunakan. Jenis masalah seperti itu dapat diperbaiki di Safe Mode.

Mulai sistem Anda dalam Safe Mode, lalu pergi ke lokasi di mana font Anda berada. Sekarang, klik kanan pada font yang ingin Anda hapus dan klik Hapus. Klik Ya di jendela konfirmasi. File harus dihapus kali ini tanpa menampilkan pesan kesalahan. Setelah menghapus file font dalam Safe Mode, mulai sistem Anda dalam Mode Normal.

Baca: Cara memperbaiki Font yang rusak di Windows.

Bagaimana cara menghapus font sistem yang dilindungi di Windows 11?

Jika Anda mencoba menghapus font sistem Windows, Anda akan melihat pesan – Font tidak dapat dihapus karena merupakan font sistem yang dilindungi. Yang terbaik adalah tidak menghapus font sistem, tetapi jika Anda menginginkannya, Anda perlu mengambil kepemilikan, boot ke Safe Mode dan kemudian gunakan metode Registry yang dijelaskan di atas dalam posting ini.

Bagaimana cara menghapus file TTF di Windows 11/10?

A File TTF adalah file True Type Font. Untuk menghapus file TTF, pergi ke lokasi default, lalu klik kanan padanya, dan pilih Hapus. Lokasi default file TTF adalah:
C:WindowsFonts
Jika Anda mendapatkan kesalahan saat menghapus file TTF, Anda dapat mencoba menghapusnya dari Pengaturan Windows 11/10. Jika ini tidak berhasil, Anda harus mencoba beberapa metode pemecahan masalah yang telah kami sediakan di artikel ini di atas.

Dapatkah saya menghapus file font setelah menginstal?

Jika Anda tidak memerlukan font yang diinstal, Anda dapat menghapusnya. Untuk melakukannya, buka lokasi penginstalan font default di komputer Anda, klik kanan font yang ingin Anda hapus, lalu pilih Hapus. Atau, Anda dapat menghapus font yang sama dari Pengaturan Windows 11/10. Melakukannya juga akan menghapus font tertentu dari lokasi pemasangan default.

Saya harap saran dalam posting ini membantu Anda menghapus file font.

Baca selanjutnya: Memperbaiki masalah ukuran font saat bekerja dengan banyak aplikasi.