Tidak Dapat Mengunduh dari URI, Kesalahan Modul Instal PowerShell

Di komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda, Anda mungkin mendapatkan Unable to Download from URI, PowerShell Install-Module Error ketika Anda mencoba menyambungkan ke PowerShell Repository atau menjalankan cmdlet Install-Module untuk menginstal paket di perangkat Anda. Posting ini memberikan solusi yang paling berlaku untuk masalah ini.

Ketika kesalahan ini terjadi, Anda akan mendapatkan output di sepanjang baris serupa berikut;

PERINGATAN: Tidak dapat mengunduh dari URI `https://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID= 627338&clcid=0x409` ke ”.PERINGATAN: Tidak dapat mengunduh daftar penyedia yang tersedia. Periksa koneksi internet Anda.PackageManagementInstall-PackageProvider : Tidak ditemukan kecocokan untuk kriteria pencarian yang ditentukan untuk penyedia `NuGet`. Penyedia paket memerlukan tag `Manajemen Paket` dan `Penyedia`. Harap periksa apakah paket yang ditentukan memiliki tags.

NoMatchFoundForProvider,Microsoft.PowerShell.PackageManagement.Cmdlets.InstallPackageProvider

PackageManagementImport-PackageProvider : Tidak ditemukan kecocokan untuk kriteria pencarian yang ditentukan dan nama penyedia `NuGet`. Coba `Get-PackageProvider -ListAvailable` untuk melihat apakah penyedia ada di system.

NoMatchFoundForCriteria,Microsoft.PowerShell.PackageManagement.Cmdlets.ImportPackageProvider

Masalah ini kemungkinan terjadi mengingat Azure dan Office 365 telah pindah ke TLS 1.2 beberapa komponen lama lainnya secara default biasanya tidak menggunakan TLS 1.2. Jadi, ini adalah salah satu kasus di mana PowerShell menggunakan konfigurasi TLS yang salah.

Tidak Dapat Mengunduh dari URI, PowerShell Install-Module Error

Masalah ini terjadi ketika PowerShell mencoba terhubung ke repositori NuGet menggunakan protokol TLS/SSL lawas alih-alih TLS saat ini 1.2 atau TLS 1.3 yang lebih baru. Jadi, jika Anda dihadapkan dengan PowerShell Install-Module Error Unable to Download from URI, Anda dapat mencoba saran di bawah ini untuk menyelesaikan masalah pada sistem Anda.
Periksa dan perbarui versi PowerShellSet PowerShell untuk menggunakan TLS 1.2
Mari lihat saran secara detail .

Sebelum Anda mencoba saran di bawah, seperti yang ditunjukkan pada keluaran kesalahan, periksa koneksi internet Anda untuk memastikan PC Anda tidak mengalami masalah konektivitas internet dan perbaiki kemungkinan masalah Jaringan dan koneksi Internet pada perangkat Anda.
1] Periksa dan perbarui versi PowerShell

Untuk dengan mudah dan cepat atasi Unable to Download from URI, PowerShell Install-Module Error pada sistem Windows 11/10 Anda, Anda dapat terlebih dahulu memeriksa dan memperbarui versi PowerShell yang terinstal di komputer Anda. Jika versi PowerShell Anda adalah 5.1.14xx atau yang lebih lama, perbarui PowerShell.

Secara default, versi PowerShell yang lebih lama menggunakan SSL 3.0 dan TLS 1.0 untuk membuat koneksi HTTPS yang aman ke repositori. Setelah PowerShell diperbarui dan Anda menjalankan cmdlet Modul-Instal untuk menginstal paket pada perangkat Anda tetapi kesalahan dalam tampilan muncul kembali, maka Anda dapat melanjutkan ke saran berikutnya.
2] Setel PowerShell untuk menggunakan TLS 1.2

Sekarang setelah Anda memperbarui PowerShell di sistem Anda tetapi masih mendapatkan kesalahan, Anda dapat memeriksa dan memastikan PowerShell diatur untuk menggunakan TLS 1.2 atau yang lebih baru. Lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + X untuk membuka Power User Menu.Ketuk A pada keyboard untuk meluncurkan PowerShell (Windows Terminal) dalam mode admin/elevated.Di konsol PowerShell, ketik atau salin dan tempel pada perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk menampilkan daftar protokol yang digunakan untuk koneksi:[Net.ServicePointManager]::SecurityProtocol
Seperti yang telah disebutkan, repositori Microsoft memerlukan TLS 1.2 atau TLS 1.3 dari mesin klien Windows 11/10; jadi jika output menunjukkan PowerShell menggunakan SSL lama 3.0, TLS 1.0, atau TLS 1.1, Anda sekarang dapat menjalankan perintah di bawah ini untuk mengatur PowerShell agar menggunakan TLS1.2 atau yang lebih baru:
[Net.ServicePointManager]::SecurityProtocol = [Net. SecurityProtocolType]::Tls12
Setelah selesai, Anda dapat menginstal modul PowerShell menggunakan Modul-Instal tanpa masalah.

Namun, cmdlet di atas adalah solusi sementara untuk sesi PowerShell tertentu. Jadi, untuk membuat pengaturan ini permanen agar tidak mengubah versi protokol koneksi HTTPS secara manual setiap kali, Anda dapat mengatur TLS 1.2 sebagai protokol koneksi default di .NET Framework 4.5 dan yang lebih baru dengan menjalankan perintah berikut untuk mengedit registri (pastikan untuk mencadangkan registri atau membuat titik pemulihan sistem):

For 64 bit .NET Framework versi 4 dan di atas
Set-ItemProperty -Path `HKLM:SOFTWAREWow6432NodeMicrosoft.NetFrameworkv4.0.30319` -Nama `SchUseStrongCrypto` – Nilai `1` -Ketik DWord
For 32 bit .NET Framework versi 4 dan di atasnya
Set-ItemProperty -Path `HKLM:SOFTWAREMicrosoft.NetFrameworkv4.0.30319` -Nama `SchUseStrongCrypto` -Nilai `1` -Bsp Setelah selesai, mulai ulang PowerShell dan periksa protokol yang didukung. Sekarang TLS 1.2 akan selalu digunakan untuk koneksi PowerShell dan Anda dapat menginstal modul apa pun dengan NuGet.

Semoga postingan ini cukup informatif dan membantu Anda!

Pos terkait: Perintah Install-Module ditemukan di modul PowerShellGet tetapi modul tidak dapat dimuat

What TLS versi server saya menggunakan?

Masukkan URL yang ingin Anda periksa di browser. Klik kanan halaman atau pilih menu tarik-turun Halaman, dan pilih Properti. Di jendela baru, cari bagian Connection. Ini akan menjelaskan versi TLS atau SSL yang digunakan.

Bagaimana cara mengaktifkan TLS 1.1 dan TLS 1.2 di Mac?

Tekan Ctrl+F12 (atau Command+F12 di Mac), atau klik menu Opera dan buka Pengaturan→Preferensi. Klik pada tab Advanced, lalu Security di sidebar kiri, lalu tombol Security Protocols. Pastikan hanya Aktifkan TLS 1.2 yang dicentang.

Apakah TLS 1.2 Rentan?

Ada kerentanan di TLS 1.2. Meskipun, para peneliti mengatakan itu “sangat sulit untuk dieksploitasi” dan vendor besar telah merilis patch keamanan untuk itu. TLS 1.3 adalah versi terbaru dari protokol keamanan internet yang paling banyak digunakan, yang mengenkripsi data untuk menyediakan saluran komunikasi yang aman antara dua titik akhir.