Tindakan pencegahan dasar yang harus dilakukan sebelum mengklik tautan web

Internet bisa menjadi tempat yang buruk, dan tidak semua situs web aman. Hal-hal mungkin tidak selalu seperti yang terlihat, dan oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan dasar sebelum mengeklik hyperlink atau URL apa pun. Panduan pemula ini berbicara tentang tindakan pencegahan dasar yang harus dilakukan sebelum mengklik tautan web, URL, atau hyperlink.

Perhatian yang harus diambil sebelum mengklik tautan web

Jika Anda perhatikan, ketika Anda membaca halaman web, Anda akan sering melihat tautan sebagai, misalnya – TheWindowsClub atau hanya sebagai www.thewindowsclub.com. Sebagian besar dari Anda mungkin mengklik link tersebut tanpa berpikir dua kali. Dalam salah satu dari dua kasus ini, Anda akan dibawa ke URL atau situs web asli yaitu https://www.thewindowsclub.com.

Tetapi Anda harus berhati-hati karena teks yang ditampilkan atau hyperlink dapat menyesatkan. Sebagai contoh, jika Anda mengklik TheWindowsClub.com sekarang, Anda dapat dibawa ke tautan lain – dalam hal ini sub-domain kami sendiri. Atau Anda dapat mengklik teks tautan lain yang ditampilkan seperti misalnya Windows 10 dan masih diarahkan ke www.thewindowsclub.com. Kemudian lagi, Anda mungkin melihat news.thewindowsclub.com tetapi dibawa ke www.thewindowsclub.com.

Intinya yang saya coba sampaikan adalah jangan mengambil nilai nominal.

Jadi untuk mengonfirmasi bahwa tautan itu aman atau tidak , yang perlu Anda lakukan, adalah menggerakkan penunjuk tetikus dan mengarahkannya ke atas tautan.

Di sudut kiri bawah browser, Anda akan dapat melihat ke mana Anda sebenarnya akan dibawa. Jika Anda melihat, domain itu asli, Anda dapat mengklik hyperlink.

Sejauh ini bagus.

Tapi Anda perlu berbuat lebih banyak. Setelah mengklik tautan, Anda perlu mengawasi bilah alamat browser Anda, dan alamat yang ditampilkan.

Bahayanya di sini adalah bahwa dari nama domain yang tampaknya aman, Anda bisa saja dialihkan ke domain lain yang mungkin tidak aman atau Domain phishing.

Jika alamatnya tetap sama, bagus. Tetapi jika tiba-tiba berubah ke domain lain, Anda harus waspada. Pastikan alamat baru tersebut milik situs web asli sebelum Anda melanjutkan.

Baik, tetapi jika itu adalah domain yang tidak dikenal, bagaimana Anda tahu apakah itu aman?

Instal salah satu pengaya Pemindai URL ini di browser Anda.

Ketika Anda mengunjungi link, pemindai URL ini akan memeriksa apakah situs web yang Anda kunjungi aman dan akan memperingatkan Anda jika tidak aman. Pengguna Windows 10 memiliki keamanan tambahan dari SmartScreen, yang sudah diaktifkan secara default. Jika Anda menggunakan Suite Keamanan Internet yang baik, itu juga akan memblokir tautan berbahaya agar tidak dibuka. Sebagian besar browser bagus seperti Chrome, IE, Edge, Firefox, dll., juga akan menghentikan tautan berbahaya agar tidak dibuka.

Perhatian yang sama perlu diambil saat mengeklik tautan di email Anda. Jika Anda menggunakan klien email desktop, seperti misalnya Outlook, itu juga akan menampilkan tautan di sudut kiri bawah. Jika ragu, Anda dapat mengklik kanan tautan dan memilih Salin URL dan tempel di Notepad untuk melihatnya.

Baca: Apa itu Cybersquatting dan Typosquatting?

Berikut adalah beberapa jenis tautan, Anda tidak ingin mengklik:
Phony tautan yang mungkin menunjukkan sesuatu yang lain tetapi sebenarnya akan mengarahkan ke lokasi yang berbeda. Email phishing menggunakan berbagai metode untuk menyembunyikan URL yang sebenarnya. Tautan yang ditampilkan akan berupa gambar sedangkan tautan sebenarnya bisa berbeda. Tautan sebenarnya dapat ditutupi menggunakan HTML. Dengan demikian, teks yang ditampilkan akan menjadi http://websitename.com/ sedangkan kumpulan hyperlink akan menjadi http://www.othersite.com. Cara lain adalah dengan menggunakan @ pada tautan. Jika tautan berisi tanda `@`, URL tujuan Anda akan menjadi URL setelah tanda `@`. Misalnya, jika tautannya adalah www.microsoft.com/[email protected]/?=true, URL sebenarnya yang akan Anda tuju adalah web.com?=true.Tautan dengan angka, bukan nama situs web. Contoh: www.182.11.22.2.com.
Baca: Cara memeriksa apakah Situs Web atau URL aman menggunakan Pemindai URL Online.

Satu poin terakhir!

Saat ini Anda pasti telah melihat banyak URL singkat yang muncul sebagai http://bit .ly/1UTZzTI. Ini adalah URL panjang kami yang biasa yang telah dipersingkat menggunakan layanan Penyingkat URL. Sementara pembuat URL pendek membantu Anda berbagi tautan panjang melalui akun jejaring sosial Anda dengan cepat, mereka menimbulkan satu bahaya besar – mereka dapat menyembunyikan elemen mencurigakan seperti malware.

Baca: Cara Menemukan & Menghindari Pola Gelap.

A URL Expander adalah alat yang memperluas URL yang dipersingkat ke URL panjang asli mereka dan menemukan apakah itu membawa malware di sepanjang jalan. Jika Anda merasa tidak yakin ke mana tautan yang dipersingkat akan membawa Anda, Anda dapat menggunakan beberapa layanan perluasan URL untuk melihat URL lengkap.

Klik tautan dengan curiga dan tetap aman saat online!

Pos ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengidentifikasi penipuan Phishing dan menghindari Phishing serangan.