Tingkatkan Kecepatan Transfer Data di Hard Drive Eksternal [Berhasil!]

Jika Anda sering menghadapi kecepatan transfer data yang lambat atau proses macet beberapa kali saat Anda menyalin atau mentransfer item ke dan dari hard disk drive eksternal, maka posting ini dapat membantu. Dalam posting ini, kami telah membahas beberapa solusi sederhana untuk meningkatkan kecepatan transfer data di hard drive eksternal pada Windows 11/10. Setelah mencoba solusi ini, alih-alih menunggu lebih lama dari yang diharapkan untuk proses transfer data selesai, Anda mungkin melihat beberapa peningkatan dalam proses transfer data hard drive eksternal Anda.

Meningkatkan Kecepatan Transfer Data di Hard Drive Eksternal

Untuk meningkatkan kecepatan transfer data di hard drive eksternal Anda pada komputer Windows 11/10, Anda dapat mencoba solusi berikut:
Setel opsi Performa Lebih Baik untuk hard drive eksternalSambungkan ke Port USB 3.0/3/1Tutup program yang sedang berjalanKonversikan hard drive eksternal ke Sistem File NTFSBersihkan hard drive eksternalGunakan alat Salin File CepatFormat eksternal Anda hard drive.
Mari kita periksa semua solusi ini satu per satu.
1] Setel opsi Performa Lebih Baik untuk hard drive eksternalbsp

Ini adalah salah satu opsi efektif yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kecepatan transfer data di hard disk drive eksternal Anda. Secara default, OS Windows menyimpan kebijakan Penghapusan Cepat (default) untuk USB atau hard drive eksternal yang menonaktifkan operasi caching penulisan disk yang selanjutnya dapat mengakibatkan kinerja dan kecepatan transfer yang lambat. Namun, Anda dapat mengubah pengaturan ini ke mode kinerja yang lebih baik yang dapat membuat perangkat USB atau hard drive eksternal Anda bekerja lebih cepat dan Anda mungkin mengalami kecepatan transfer data yang lebih baik. Berikut langkah-langkahnya:
Buka alat Manajemen Disk di komputer Windows 11/10 AndaDari bagian kiri, klik kanan pada drive hard disk eksternal AndaKlik pada opsi PropertiDi jendela Properti, alihkan ke tab KebijakanDi bagian Kebijakan penghapusan, pilih opsi Opsi kinerja yang lebih baik Di bawah kebijakan Write-caching, pilih opsi Enable write caching on the deviceTekan tombol OKTutup alat Manajemen Disk.2] Sambungkan ke Port
USB 3.0/3.1Jika Anda memiliki hard drive eksternal USB 3.0/3.1 dan Anda menghubungkannya ke sistem Anda dengan port USB 2.0, maka juga bisa memperlambat proses transfer karena akan memberikan kecepatan transfer data USB 2.0 saja. Oleh karena itu, Anda harus menghubungkan hard drive Anda dengan port USB 3.0/3.1 pada sistem Anda dan Anda akan melihat perubahan nyata dalam kecepatan salin atau transfer file.

Hampir setiap laptop/desktop modern dilengkapi dengan port USB 3.0/3.1 yang memberikan kecepatan lebih kecepatan transfer data. Cari saja tanda/logo seperti SS (SuperSpeed) atau warna, dll., untuk mengidentifikasi port USB3.0 dan kemudian sambungkan hard drive eksternal Anda ke sana. Tutup program yang berjalan
Jika hard disk eksternal Anda terlibat dalam banyak hal seperti Anda mengunduh file ke sana, memindai virus, menonton video, dll., maka itu pasti akan menghasilkan kecepatan transfer data yang lebih lambat. Jika ini masalahnya, maka Anda harus beristirahat dan menutup program yang sedang berjalan atau item lain saat Anda mentransfer atau menyalin file menggunakan hard drive eksternal untuk meningkatkan kecepatan transfer data.
4] Konversikan hard drive eksternal ke Sistem File NTFS
Jika Anda menggunakan hard drive eksternal Anda di Windows dan menggunakan sistem file FAT32 atau exFAT secara default, maka Anda harus mengubahnya ke sistem file NTFS. Ada perbedaan besar antara sistem file NTFS, FAT32, dan exFAT. Sistem file FAT32 dan exFAT cocok untuk drive USB kecil, kartu SD, atau drive eksternal dan memiliki batasannya sendiri. Di sisi lain, NTFS (New Technology File System) lebih efisien daripada sistem file FAT32, memberikan kecepatan baca dan tulis yang lebih baik, dan mendukung file berukuran besar.

Oleh karena itu, sebaiknya konversi hard disk eksternal ke format NTFS agar Anda dapat memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik untuk hard drive eksternal Anda. Sebelum melakukan itu, Anda harus menyimpan cadangan hard drive eksternal Anda karena mungkin ada kemungkinan kehilangan data. Setelah cadangan Anda siap, Anda dapat mengonversi hard drive eksternal ke sistem file NTFS menggunakan jendela Command Prompt yang ditinggikan dan menjalankan perintah berikut:
Convert DRIVELETTER: /fs:ntfs
Ganti DRIVELETTER dengan huruf drive yang sebenarnya (seperti H, I, dll .) dari hard drive eksternal Anda untuk berhasil menjalankan perintah. Atau, Anda juga dapat menggunakan beberapa alat gratis seperti EaseUS Partition Master (edisi gratis) yang mendukung konversi FAT32 ke NTFS.

Baca:Hard drive eksternal tidak dapat diakses? Format Drive Eksternal atau jalankan Periksa Disk.
5] Bersihkan hard drive eksternalbspJika hard drive eksternal Anda penuh (sedikit atau tidak ada ruang penyimpanan), maka itu juga dapat sangat memengaruhi kecepatan transfer data. Ruang penyimpanan yang rendah juga menyulitkan untuk membuka dan menggunakan program, file, dan data lainnya. Selain itu, mungkin ada beberapa file sampah dan data lain yang akan memengaruhi kinerja hard drive eksternal Anda. Jadi, Anda harus menyingkirkan data yang tidak diinginkan dan file sampah. Temukan file besar atau file lain di hard drive eksternal Anda, lalu hapus atau cukup transfer data yang kurang penting ke penyimpanan lain. Bersamaan dengan itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa perangkat lunak pembersih sampah untuk mendapatkan ruang disk serta membantu mengoptimalkan drive disk.
6] Gunakan alat Salin File Cepat
Meskipun proses penyalinan file tradisional di OS Windows cukup baik untuk menyalin dan memindahkan file. Terkadang, ini tidak cocok terutama ketika Anda menyalin atau memindahkan data dari USB flash drive atau hard drive eksternal ke komputer Anda dan sebaliknya. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak penyalinan file cepat gratis seperti TeraCopy yang tersedia untuk Windows 11/10.

Baca juga:Hard Drive Eksternal tidak muncul atau terdeteksi di Windows.
7] Format hard drive eksternal Andabsp

Ini mungkin solusi terakhir untuk coba tetapi Anda harus mencadangkan barang-barang hard drive eksternal Anda sebelum melakukan ini. Memformat hard drive eksternal Anda akan menghapus semua data (yang mungkin bertanggung jawab atas kecepatan transfer yang lambat), menyediakan ruang untuk entri baru, dan dapat menghasilkan peningkatan kinerja untuk transfer data antara sistem Windows 11/10 dan hard drive eksternal Anda. Saat memformat hard drive eksternal Anda, pastikan untuk memilih NTFS sebagai Sistem file di jendela Format.

Selain opsi ini, Anda juga dapat mencoba mendefrag hard drive, memperbarui driver USB, melakukan pemindaian antivirus, dll. akan membantu Anda.

Mengapa hard drive eksternal saya mentransfer sangat lambat?

Alasan mengapa hard drive eksternal Anda mentransfer data dengan kecepatan lambat bisa apa saja. Misalnya, itu bisa terjadi karena hard drive eksternal Anda kehabisan ruang penyimpanan, memiliki sistem file yang tidak tepat, bad sector, terhubung ke port yang salah (seperti USB 2.0, bukan USB 3.0), dll. Jika Anda memiliki masalah ini cukup sering, maka Anda dapat mengonversi hard drive Anda ke NTFS, menutup program atau aplikasi yang berjalan, mengubah kebijakan penghapusan untuk hard drive eksternal untuk kinerja yang lebih baik, dan mencoba solusi lain. Anda dapat membaca posting ini yang mencakup semua perbaikan ini.

Bagaimana cara mempercepat hard drive eksternal saya yang lambat?

Jika Anda mengalami kecepatan transfer data yang lambat setiap kali Anda mentransfer file dan folder ke dan dari hard drive eksternal Anda, maka Anda dapat mencoba solusi berikut:
Hubungkan ke Port USB 3.0 atau Port 3.1Setel mode kinerja terbaik untuk hard drive eksternal AndaKonversi hard drive Anda ke sistem file format NTFSKosongkan ruang disk, dll.
Kami telah membahas semua solusi tersebut secara terpisah dengan instruksi yang diperlukan dalam posting ini atas.

Baca selanjutnya:Cara Menyinkronkan Dua Hard Drive Eksternal di Windows.