Tip dan Trik Webcam Terbaik untuk Privasi dan Keamanan Terbaik

Privacy telah menjadi salah satu hal terpenting bagi banyak pengguna. Gagasan bahwa seseorang dapat memata-matai Anda cukup menakutkan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia. Itulah mengapa menjaga privasi Anda memegang yang paling penting. Salah satu cara paling umum yang dapat dilakukan seseorang untuk memata-matai Anda adalah melalui Webcam Anda. Jadi, dalam posting ini, kita akan berbicara tentang tips dan trik Webcam terbaik untuk privasi tertinggi. Anda tidak harus mengikuti semua langkah, cukup ikuti langkah-langkah yang menurut Anda masuk akal.
Jaga komputer Anda selalu mutakhirPastikan program keamanan diaktifkanNonaktifkan Kamera saat tidak digunakanTambahkan penutup fisik ke kamera Anda atau lepaskan eksternal webcamHindari mengklik tautan yang tidak dikenal atau berbicara dengan orang asingAktifkan VPN
Mari kita bicarakan masing-masing.
1] Jaga agar komputer Anda selalu up-to-datebsp

Jika Anda adalah seseorang yang tidak memperbarui komputer mereka dari waktu ke waktu, ada kemungkinan besar bahwa komputer Anda rentan terhadap ancaman karena, dengan pembaruan, Anda juga menginstal patch keamanan yang disebarkan oleh pengembang Microsoft. Jadi, jika Anda khawatir tentang privasi Anda, lanjutkan dan periksa pembaruan. Jika Anda menggunakan Windows 11, buka Pengaturan, lalu buka Pembaruan Windows. Pengguna Windows 10 harus membuka Setelan > Perbarui & Keamanan untuk memperbarui Sistem Operasi mereka masing-masing. Jika ada pembaruan yang tersedia, instal dan terus periksa Pengaturan untuk memastikan bahwa tidak ada pembaruan yang tidak diketahui.

Baca: Bagaimana cara menghentikan Chrome, Edge, atau Firefox mengakses Webcam
saya2] Pastikan bahwa program keamanan diaktifkan

Anda harus memastikan bahwa Anda telah menginstal dan mengaktifkan program keamanan. Pengguna Windows memiliki kemewahan memiliki program keamanan built-in, yang disebut Windows Defender. Defender Firewall cukup mumpuni untuk memastikan privasi webcam Anda. Jika Anda ingin memeriksa apakah Defender Firewall diaktifkan atau tidak, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Telusuri “Windows Security” dari Start Menu dan buka aplikasi.Buka tab Firewall & Security.Klik pada jaringan tempat Anda berada saat ini menggunakan, biasanya, itu akan menjadi Publik atau Pribadi. Dan kemudian aktifkan sakelar Microsoft Defender Firewall.
Jika sakelar sudah diaktifkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena Anda telah menambahkan lapisan keamanan ke komputer Anda.
3] Nonaktifkan Kamera saat tidak digunakan

Jika Anda tidak menggunakan kamera, maka tidak ada salahnya menonaktifkan webcam. Jika Anda menggunakan Windows 11 atau 10, yang harus Anda lakukan adalah, buka Pengaturan > Privasi & Keamanan (Privasi untuk Windows 10) > Kamera, lalu nonaktifkan tombol akses Kamera. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dari Pengelola Perangkat, tekan Win + X dan pilih Pengelola Perangkat, lalu luaskan Kamera, klik kanan pada Kamera terintegrasi dan pilih Nonaktifkan perangkat.
4] Tambahkan penutup fisik ke kamera Anda atau cabut webcam
eksternalMenonaktifkan webcam adalah pilihan yang kebanyakan dari kita tidak bisa andalkan. Ada beberapa kasus yang dilaporkan oleh pengguna ketika webcam dinonaktifkan dan tidak digunakan, peretas masih berhasil mendapatkan rekaman mereka. Jadi, jika Anda ingin melampaui dan melampauinya, menambahkan selotip atau penutup ke kamera Anda bukanlah pilihan yang buruk. Juga, jika Anda berada di pasar mencari laptop baru, maka ada baiknya membeli sesuatu dengan penutup atau kamera yang ditarik ke dalam perangkat yang menutupi periferalnya.

Jika Anda adalah seseorang yang menggunakan webcam eksternal, lepaskan atau cabut stekernya. saat tidak digunakan. Jika Anda menggunakan webcam Bluetooth, putuskan sambungannya saat tidak digunakan. Ini mungkin tampak merepotkan bagi seseorang yang terus-menerus menggunakan webcam, tetapi dapat sangat berguna jika Anda menyukai privasi.
5] Hindari mengklik tautan yang tidak dikenal atau berbicara dengan orang asing.
Ini mungkin tampak cukup jelas tetapi tidak disadari oleh sebagian orang, Anda harus jangan pernah mengklik tautan yang tidak dikenal, bukan hanya karena privasi webcam tetapi juga untuk memastikan privasi secara umum. Jika Anda mengklik tautan berbahaya, semua informasi Anda akan dikirim ke peretas dan dapat digunakan untuk membajak sistem Anda. Juga, jika Anda berbicara dengan orang asing, ada sedikit kemungkinan Anda akan tertipu untuk membocorkan semua detail penting Anda. Jadi, sebagai aturan umum, jangan berbicara dengan orang asing atau mengklik tautan yang tidak Anda ketahui.

TIP:LMT Anti Logger akan membantu Anda Memblokir key logger, screen logger, clipboard logger, dan webcam logger
6] Aktifkan VPN
Terakhir, kami sarankan Anda menambahkan VPN ke komputer Anda. VPN atau Virtual Private Network membuat terowongan antara klien, yaitu Anda, dan server, situs yang Anda coba akses. Jadi, data Anda tidak akan dibobol hacker. Ini sangat berguna ketika Anda terhubung ke WiFi Publik, namun, bahkan ketika Anda terhubung ke WiFi rumah Anda, data melewati ISP, yang bersifat publik, jadi, disarankan untuk menambahkan VPN. Anda harus terlebih dahulu mendapatkan VPN gratis dan jika Anda suka, dapatkan langganan berbayarnya.

Baca: Bagaimana mengetahui aplikasi mana yang menggunakan Mikrofon, Lokasi, Kamera di Windows 11

Dapatkah seseorang mengakses webcam Anda tanpa sepengetahuan Anda?

Kecuali seorang peretas membajak komputer Anda, tidak ada yang dapat mengakses webcam Anda tanpa sepengetahuan Anda. Jika Anda tidak ingin webcam Anda diretas, ikuti tips yang disebutkan dalam posting ini. Beberapa saran akan membantu Anda menjaga privasi webcam dari beberapa aplikasi berbahaya. Posting ini akan menunjukkan kepada Anda cara menjauhkan Peretas dari komputer Anda.

Baca: Bagaimana agar tidak diawasi melalui Komputer Anda sendiri?.

Haruskah Webcam berada di atas atau di bawah Anda?

Selalu disarankan untuk menjaga lensa kamera pada atau di atas tingkat mata, juga, itu tidak boleh lebih tinggi dari garis rambut Anda. Ini dapat meningkatkan lompatan dan ikatan kualitas video. Selain itu, jika Anda menggunakan webcam eksternal, pastikan itu setidaknya 1080p karena, di zaman sekarang ini, webcam 720p terlihat buruk.