Ubah kode kesalahan Windows menjadi string menggunakan perintah NET HELPMSG

Kode kesalahan
System adalah nomor kesalahan yang ditampilkan oleh sistem operasi Windows saat terjadi masalah pada sistem pengguna. Sebagian besar kode kesalahan diikuti oleh pesan kesalahan. Dengan membaca pesan kesalahan, pengguna dapat mencari penyebab kode kesalahan dan solusi untuk memperbaikinya. Jika komputer Anda berjalan pada sistem operasi Windows, Anda mungkin telah melihat kode kesalahan pada sistem Anda saat terjadi masalah. Tahukah Anda ada perintah di OS Windows, yang dengannya Anda dapat mengubah kode kesalahan Windows menjadi string? Pada artikel ini, kita akan melihat apa perintah ini dan bagaimana menggunakannya untuk mengubah kode kesalahan Windows menjadi strings.

Untuk informasi Anda, Microsoft telah membagi kode kesalahan Windows ke dalam kategori yang berbeda, seperti kode kesalahan Windows Defender, kode kesalahan Pembaruan Windows, Kode kesalahan Pengelola Perangkat, kode kesalahan Layar Biru Kematian, dll. Setiap kesalahan yang terjadi pada sistem operasi Windows diwakili oleh kode kesalahan unik.

Konversi kode kesalahan Windows menjadi string menggunakan perintah NET HELPMSG

Ketika kesalahan terjadi pada sistem pengguna, Windows membuat lognya. Anda dapat melihat semua log kesalahan di Peraga Peristiwa sistem Anda. Saat Anda membuka Peraga Peristiwa, Anda akan melihat daftar panjang kode kesalahan sistem. Jika Anda mencari kode kesalahan tertentu, Anda harus menerapkan filter untuk pencarian Anda di Peraga Peristiwa. Ini bisa menjadi rumit bagi sebagian pengguna, terutama bagi mereka yang tidak ramah teknologi. Jika Anda hanya ingin melihat pesan kesalahan untuk kode kesalahan tertentu, selain mencari kode kesalahan itu di Peraga Peristiwa, Anda dapat menjalankan perintah di Prompt Perintah.

Petunjuk berikut akan memandu Anda tentang cara mengonversi kode kesalahan Windows untuk string menggunakan perintah NET HELPMSG:
Klik pada Pencarian Windows dan ketik cmd. Pilih Prompt Perintah dari hasil pencarian. Ketika Prompt Perintah muncul, ketik perintah yang ditulis di bawah ini diikuti dengan kode kesalahan. NET HELPMSG
Ketik perintah di atas lalu enter sebuah ruang. Setelah itu, cukup ketik kode kesalahan dan tekan Enter. Windows akan menampilkan pesan kesalahan.

Misalnya jika Anda ingin mengetahui pesan kesalahan untuk kode kesalahan 3534, Anda harus memasukkan perintah berikut dan tekan Enter.
NET HELPMSG 3534
Demikian pula jika Anda ingin mengetahui pesan kesalahan untuk kesalahan tersebut kode, 2182, 2185, 2189, dll, perintah yang harus Anda masukkan adalah:
NET HELPMSG 2182 NET HELPMSG 2185 NET HELPMSG 2189
Batasan perintah HELPMSG NET

Di atas kita telah melihat cara menggunakan perintah NET HELPMSG untuk mengubah kode kesalahan Windows menjadi string atau pesan kesalahan. Perintah .NET HELPMSG memiliki beberapa keterbatasan. Mari kita lihat apa batasannya.
String atau pesan kesalahan yang tidak lengkapPerintah NET HELPMSG tidak dapat memecahkan kode nilai HRESULT atau NTSTATUSPerintah NET HELPMSG tidak mendukung pesan dengan penyisipan1] String atau pesan kesalahan yang tidak lengkap

Perintah NET HELPMSG memberikan output string atau kesalahan yang tidak lengkap pesan untuk beberapa kode kesalahan. Misalnya, untuk kode kesalahan 3521, Anda akan mendapatkan pesan tidak lengkap berikut dengan menjalankan perintah NET HELPMSG:

NET HELPMSG 3521

Layanan *** tidak dimulai.

Ini adalah salah satu batasan dari perintah HELPMSG NET.
2] Perintah tidak dapat memecahkan kode nilai HRESULT atau NTSTATUS

Perintah NET HELPMSG hanya menerjemahkan kode kesalahan Windows. Anda tidak dapat menggunakan perintah ini untuk memecahkan kode nilai NTSTATUS atau nilai HRESULT. Jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan pesan berikut di Prompt Perintah:

Sintaks dari perintah ini is

NET HELPMSG message#
3] Perintah NET HELPMSG tidak mendukung pesan dengan penyisipan

Perintah NET HELPMSG tidak mendukung pesan dengan penyisipan. Misalnya, kesalahan Blue Screen of Death. Jika Anda mengetik pesan dengan penyisipan, seperti SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED, Anda akan mendapatkan output berikut:

Sintaks dari perintah ini is

NET HELPMSG pesan#

Bagaimana perintah Net digunakan?

Perintah Net di sistem operasi Windows digunakan untuk melakukan tindakan pada jaringan, pengguna, grup, kebijakan akun, dll. Beberapa contoh perintah Net di OS Windows diberikan di bawah ini. Akun
Net: Perintah ini digunakan untuk mengonfigurasi pengaturan kebijakan di komputer lokal, seperti kebijakan akun dan sandi. Anda tidak dapat menggunakan perintah ini di domain. Komputer Net: Perintah ini digunakan untuk melakukan tindakan pada komputer di domain, seperti menambah atau menghapus komputer ke dan dari domain. Grup Net: Perintah Grup Net digunakan untuk menambah dan menghapus pengguna ke dan dari domain.Net Config: Dengan menggunakan perintah Net Config, Anda dapat mengonfigurasi layanan server dan workstation di komputer yang berjalan pada sistem operasi Windows.Net Print: Perintah Net Print digunakan untuk menampilkan informasi tentang pekerjaan cetak tertentu atau antrian cetak tertentu. Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk mengontrol tugas cetak yang ditentukan.
Apa yang dimaksud dengan perintah Net Share?

Perintah Net Share digunakan untuk mengelola sumber daya bersama. Ini memiliki parameter yang berbeda. Masing-masing parameter ini digunakan untuk melakukan operasi yang berbeda dengan perintah Net Share. Saat Anda menggunakan perintah ini tanpa parameter, ini akan menampilkan informasi tentang semua sumber daya yang dibagikan di komputer lokal. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan informasi tentang sumber daya bersama di komputer lokal, gunakan perintah berikut:
net share
Itu saja.

Baca selanjutnya: Perbaiki Masalah NET HELPMSG 2182 dengan Layanan BITS.