Unduhan Steam macet, tidak menunjukkan kemajuan atau terus memulai ulang

Steam adalah salah satu platform game populer tempat Anda dapat mengunduh dan menginstal game gratis dan berbayar. Saat mengunduh game di Steam, jika unduhan Anda macet, tidak menunjukkan kemajuan, atau terus memulai ulang, Anda dapat menggunakan solusi yang disediakan di artikel ini untuk mengatasi masalah tersebut. Penyebab utama dari masalah ini adalah masalah jaringan. Jika jaringan Anda tidak berfungsi dengan baik, Anda akan menghadapi banyak masalah saat mengunduh game dari Steam. Selain itu, file cache yang rusak juga dapat memicu jenis kesalahan seperti itu.

Unduhan Steam macet, tidak menunjukkan kemajuan atau terus memulai ulang

Jika unduhan Steam macet, tidak menunjukkan kemajuan atau terus memulai ulang, perbaikan berikut akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.
Gunakan kabel ethernetBiarkan Steam menyelesaikan proses penambalanTutup Steam sepenuhnya dan luncurkan lagi Jeda pengunduhan dan mulai lagiHapus unduhan cacheUbah wilayah unduhan AndaNonaktifkan dan aktifkan kembali adaptor jaringanUbah batas bandwidth atau matikanPeriksa ruang penyimpanan AndaIzinkan game melalui FirewallVerifikasi integritas file gameBeralih ke Steam BetaBspMari kita lihat semua perbaikan ini secara detail.
1] Gunakan kabel ethernet
Koneksi internet kabel selalu lebih baik daripada nirkabel karena lebih sedikit kehilangan paket. Juga, Anda akan mendapatkan kecepatan yang lebih baik dengan koneksi internet kabel. Hubungkan komputer Anda ke WiFi melalui kabel ethernet dan lihat apakah Anda dapat mengunduh game Anda atau tidak.
2] Biarkan Steam menyelesaikan proses penambalan
Setelah mengunduh game, Steam menambalnya. Terkadang, tampaknya pengunduhan macet 100% tetapi sebenarnya Steam sedang melakukan pasca-pemrosesan (menambal file game). Menambal file game terkadang bisa memakan waktu lama. Beberapa pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa Steam sebenarnya menambal file game tetapi menunjukkan status pengunduhan 100%. Tunggu beberapa saat dan lihat apakah pengunduhan selesai atau tidak. Jika tidak, lanjutkan ke perbaikan berikutnya.
 3] Tutup Steam sepenuhnya dan luncurkan lagi
Tutup Steam sepenuhnya dan luncurkan lagi. Terkadang masalah terjadi karena kesalahan. Dalam kasus seperti itu, menutup Steam dan kemudian membukanya kembali membantu. Langkah-langkah untuk hal yang sama dijelaskan di bawah ini:
Tutup Steam dengan mengeklik tanda silang di sisi kanan atas. Steam akan diminimalkan ke System Tray Anda. Sekarang, klik kanan pada ikon Steam di System Tray Anda dan pilih Exit. Buka Task Manager. Cari proses Steam di bawah tab Processes. Klik kanan pada proses Steam (jika ada ) dan pilih End Task.
Langkah-langkah di atas akan sepenuhnya menutup Steam Client. Sekarang buka lagi dan lihat apakah Anda dapat mengunduh game Anda atau tidak. Nbsp4] Jeda pengunduhan dan mulai lagi
Ini adalah perbaikan sederhana. Jeda unduhan, tunggu beberapa saat, lalu mulai lagi. Trik sederhana ini berhasil untuk beberapa pengguna. Mungkin ini akan bekerja untuk Anda juga.
5] Hapus Unduhan cache
Menghapus cache unduhan akan menyegarkan file Steam. Tindakan ini berguna jika Anda mengalami masalah dengan Steam Client. Karena Anda mengalami masalah terkait pengunduhan di Steam, menghapus file cache Unduhan dapat membantu. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:

Buka Steam Client.Buka Steam > Settings > Downloads.Klik CLEAR DOWNLOAD CACHE.Klik OK di kotak konfirmasi.
Setelah menghapus file cache unduhan, Anda akan keluar dari Steam dan Anda harus masuk ke Steam lagi.
6] Ubah wilayah unduhan Anda Mungkin juga server di wilayah atau negara Anda sedang mengalami beberapa masalah. Ubah wilayah Unduh dan lihat apakah itu berfungsi. Anda mungkin harus mengubah lebih dari satu wilayah Unduhan untuk memperbaiki masalah ini. Menurut laporan, beralih ke wilayah Singapura memberikan bandwidth penuh untuk sebagian besar pengguna.

Langkah-langkah untuk mengubah wilayah unduhan di Steam adalah sebagai berikut:
Buka Klien Steam. Buka “Steam > Pengaturan > Unduhan.”Klik pada wilayah Unduhan drop-down dan pilih wilayah unduhan lain.7] Nonaktifkan dan aktifkan kembali adaptor jaringan Anda Menonaktifkan adaptor jaringan pada Windows 11/10 memutus sistem pengguna dari internet. Anda tidak dapat menggunakan internet sampai Anda mengaktifkannya lagi. Ini adalah salah satu metode untuk menyegarkan koneksi internet di perangkat Windows 11/10 Anda. Ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini:

Buka Panel Kontrol. Alihkan mode Lihat menurut ke Kategori. Buka “Jaringan dan Internet > Jaringan dan Pusat Berbagi.” Klik Ubah pengaturan adaptor di sisi kiri. Klik kanan pada WiFi Anda dan pilih Nonaktifkan .Tunggu beberapa menit, klik kanan pada WiFi dan pilih Enable.8] Ubah batas bandwidth atau matikan
Steam memiliki fitur yang memungkinkan pengguna membatasi bandwidth untuk Steam. Setelah menetapkan batas, Steam tidak akan melampaui batas yang ditetapkan saat mengunduh game. Terkadang, mengunduh game besar memperlambat kecepatan internet. Fitur ini sangat membantu dalam kasus seperti itu. Jika Anda telah menetapkan batas bandwidth di Steam, tingkatkan atau nonaktifkan opsi ini. Langkah-langkah untuk hal yang sama ditulis di bawah ini:

Luncurkan Steam Client. Buka “Steam > Settings > Downloads.” Hapus centang pada kotak “Limit bandwidth to” atau masukkan nilai yang lebih tinggi dari yang Anda masukkan sebelumnya. Klik BERLAKU. Klik OK untuk menyimpan perubahan.9] Periksa ruang penyimpanan Anda Salah satu kemungkinan alasan mengapa unduhan Anda macet atau restart lagi adalah kurangnya ruang disk. Anda harus memiliki cukup ruang disk yang dibutuhkan oleh game untuk diinstal. Periksa ruang penyimpanan Anda. Hapus file yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang pada disk Anda. Selain menghapus file, ada beberapa penyesuaian lain yang dapat Anda lakukan untuk mengosongkan ruang pada disk Anda.
10] Izinkan game melalui Firewall
Jika Anda menghadapi masalah saat mengunduh pembaruan untuk sebuah game, pastikan Firewall Anda tidak memblokir permainan itu. Selain itu, Firewall juga dapat mencegah Steam mengakses internet karena Anda mungkin menghadapi masalah jaringan dengan Steam.

Izinkan exe dari game yang bermasalah dan Steam melalui Firewall dan lihat apakah itu membantu. Jika Anda menggunakan antivirus atau firewall pihak ketiga, hubungi dukungan mereka untuk mengetahui cara melakukannya.
11] Verifikasi integritas file game
Memverifikasi integritas file game memperbaiki masalah yang terjadi karena file game yang rusak di Steam. Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya verifikasi integritas file game Anda. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Buka Steam.Pergi ke Perpustakaan dan klik kanan pada game Anda.Pilih Properties.Pilih LOCAL FILES.Klik Verifikasi integritas file game.12] Beralih ke Beta
SteamJika tidak ada perbaikan di atas menyelesaikan masalah Anda, beralih ke Steam Beta pasti akan menyelesaikan masalah. Steam Beta diperuntukkan bagi pengguna yang ingin menguji fitur-fitur terbaru di Steam sebelum dirilis secara resmi. Setelah berpartisipasi dalam Steam Beta, Anda dapat keluar dari program Beta kapan saja.

Langkah-langkah untuk bergabung dengan Steam Beta tertulis di bawah ini:
Buka Steam. Buka “Steam > Pengaturan > Akun.”Klik UBAH di bawah bagian partisipasi Beta. Pilih Steam Beta Update di drop-down dan klik OK.Restart Steam.
Baca: Tidak dapat menemukan contoh Steam Dayz.

Cara membatasi bandwidth di Steam

Untuk membatasi bandwidth di Steam, buka Steam dan buka “Steam > Settings > Downloads” dan aktifkan kotak centang “Batasi bandwidth ke”. Sekarang, masukkan nilai dalam KB/s untuk membatasi bandwidth. Setelah selesai, klik TERAPKAN lalu klik OK.

Batas kecepatan unduhan tidak berfungsi di Steam

Di Steam, Anda dapat membatasi unduhan saat streaming. Artinya saat Anda streaming, Steam akan membatasi kecepatan unduh secara otomatis. Terkadang tidak berhasil. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat membatasi bandwidth ke nilai tertentu untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca selanjutnya: Steam Restart diperlukan kata Elden Ring.