VPN Perangkat Keras vs VPN Perangkat Lunak – Perbedaan dijelaskan

VPN penting untuk privasi dan keamanan di internet saat ini. Ada dua jenis VPN yang tersedia, VPN Perangkat Keras dan VPN Perangkat Lunak. Dalam panduan ini, kami menjelaskan kepada Anda apa itu dan perbedaan antara VPN Perangkat Keras dan VPN Perangkat Lunak.

Apa itu VPN Perangkat Lunak?

Perangkat lunak VPN tidak lain adalah VPN yang dapat diunduh ke perangkat kami. Perangkat lunak yang kami unduh menghubungkan perangkat kami ke server yang terletak di negara yang kami pilih. Software VPN hadir dengan banyak fitur dan enkripsi untuk melindungi data kami. Koneksi antara server dan perangkat kami juga sepenuhnya dienkripsi. Ini menggantikan alamat IP Anda dengan alamat IP lain dari lokasi yang Anda pilih dalam pengaturan VPN. Bahkan, ISP Anda tidak dapat melacak lalu lintas atau data dengan perangkat lunak VPN.

Apa itu VPN Perangkat Keras?

Perangkat keras VPN tidak lain adalah perangkat keras yang didedikasikan untuk menyediakan fitur VPN ke perangkat kami. Ada beberapa router yang memiliki fungsi VPN bawaan. Mereka juga dapat dianggap sebagai VPN perangkat keras.

VPN Perangkat Keras dibuat dengan CPU khusus untuk mengenkripsi dan mendekripsi data atau lalu lintas yang melaluinya. Perangkat berisi prosesor khusus, model otentikasi, enkripsi, dan semua fitur VPN lainnya. Hardware VPN menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, tetapi pemeliharaan dan penskalaannya terlalu mahal. Ini paling cocok untuk perusahaan dengan anggaran dan penggunaan yang besar dan mampu mempertahankan tim khusus untuk pemeliharaannya.

Vpn Perangkat Keras vs Perangkat Lunak VPN

Ada banyak perbedaan antara VPN Perangkat Keras dan VPN Perangkat Lunak. Mereka adalah:
1] Speed
Tidak ada perbedaan yang terlihat dalam hal kecepatan baik di VPN perangkat keras maupun VPN perangkat lunak. Perusahaan yang memelihara VPN perangkat lunak memiliki tim khusus dan berbagai paket untuk menawarkan kecepatan yang dapat mengalahkan VPN Perangkat Keras. Jika ada masalah kecepatan yang muncul, mudah untuk memperbaikinya di VPN perangkat lunak, tetapi butuh waktu dan tim untuk memperbaikinya di VPN perangkat keras.
2] Lokasi Geografis
Jumlah lokasi yang Anda dapatkan di VPN perangkat lunak sangat banyak. Karena dikelola oleh perusahaan besar, mereka menempatkan server mereka di beberapa lokasi di setiap negara yang memungkinkan di dunia. Pada VPN perangkat keras, jumlahnya akan terbatas pada tempat Anda meletakkan dan mengonfigurasi perangkat keras. Anda harus memiliki investasi besar untuk dapat menyiapkan di banyak lokasi seperti VPN perangkat lunak.
3] Biaya untuk penyiapan dan pemeliharaan
Untuk VPN perangkat lunak, Anda akan mendapatkannya secara gratis dan dengan pembayaran dalam jumlah kecil per tahun. Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan dan menginstal perangkat lunak VPN di perangkat Anda untuk mulai menggunakannya. Untuk VPN perangkat keras, Anda perlu membeli semuanya mulai dari CPU hingga tim untuk menyiapkan dan memeliharanya. Masalah dengan VPN perangkat lunak ditangani oleh perusahaan yang memeliharanya, tetapi dengan VPN perangkat keras, Anda perlu mempertahankan tim untuk menyelesaikan masalah.
4] Skalabilitas
Skalabilitas pada VPN perangkat lunak tidak lain adalah mengambil paket yang lebih baik. Tetapi dengan VPN perangkat keras, Anda perlu membeli peralatan yang tepat untuk menskalakan dan menambahkan lebih banyak terowongan enkripsi, yang membutuhkan biaya besar untuk menyiapkan dan memeliharanya.

Baca:Perangkat lunak VPN gratis terbaik untuk Windows PC

Apakah saya memerlukan perangkat keras untuk VPN?

Tidak, jika Anda membutuhkannya individu atau perusahaan kecil, Anda tidak perlu memiliki VPN perangkat keras. Perangkat keras VPN diperlukan untuk perusahaan besar yang hadir di seluruh dunia dengan kantong tebal untuk menjaganya demi keamanan data mereka.

Baca: Firewall Perangkat Keras vs. Perangkat Lunak Firewall

Apakah VPN dianggap perangkat lunak?

VPN atau Virtual Private Network adalah teknologi yang mengenkripsi data dan lalu lintas Anda yang melewati terowongannya. Ini menutupi alamat IP default Anda dengan alamat IP server. Agar teknologi berfungsi, Anda memerlukan perangkat lunak yang memproses semua tugas VPN.

Baca terkait:Kode kesalahan VPN umum dan solusi untuk Windows.