VPN tidak menyembunyikan atau mengubah Lokasi

VPN (Virtual Private Network) membantu membangun koneksi terenkripsi antara PC Anda dan internet dan menjaga identitas Anda tetap tersembunyi secara online. Ada beberapa alat VPN yang berfungsi dengan baik hampir sepanjang waktu. Namun, terkadang, pengguna menemukan bahwa VPN tidak menyembunyikan atau mengubah lokasi. Koneksi berhasil dibuat tetapi alih-alih menutupi atau menyembunyikan alamat IP (atau lokasi asli) dan menyediakan lokasi virtual, lokasi sebenarnya terlihat dan itu bisa sangat mengganggu. Ini juga tidak baik untuk tujuan keamanan dan privasi. Jadi, mereka yang menghadapi masalah ini pada sistem Windows 11/10 dapat mencoba beberapa opsi sederhana dan bermanfaat yang tercakup dalam posting ini.

VPN tidak menyembunyikan atau mengubah lokasi

Jika VPN tidak menyembunyikan atau mengubah lokasi Anda di komputer Windows 11/10, maka Anda dapat menggunakan solusi berikut untuk memecahkan masalah:
Coba Server VPN lainGunakan Mode Pribadi di browserNonaktifkan Geolokasi di browser web AndaMatikan Layanan Lokasi WindowsCoba alat VPN lainGunakan VPN dengan Tor.
Mari kita lihat opsi ini dan perbaiki masalah.
1] Coba Server VPN lain

It merupakan salah satu solusi yang mudah. Terkadang, masalahnya ada pada server VPN tertentu yang ditawarkan oleh alat VPN yang Anda gunakan. Jika server VPN itu tidak membantu mengubah lokasi Anda, maka Anda harus mencoba server VPN lain. Lebih baik lagi, pilih negara yang berbeda dan server yang tersedia untuk negara tersebut. Ada daftar lengkap server (bergantung pada alat VPN) untuk setiap negara yang dapat Anda sambungkan. Jadi, ubah server VPN dan lihat apakah itu berfungsi.
2] Gunakan Mode Pribadi di browser
Opsi ini telah membantu beberapa pengguna dan mungkin juga berhasil untuk Anda. Anda harus membuka mode pribadi (juga dikenal sebagai mode penyamaran) di browser Anda atau browser lain dan melihat apakah VPN berfungsi dengan baik di sana. Jika Anda masuk ke akun Google Anda di browser, maka ada kemungkinan besar sesi penjelajahan Anda membocorkan lokasi. Jadi, keluar dari akun Google Anda, buka jendela pribadi, sambungkan ke alat VPN, dan periksa apakah VPN dapat menyembunyikan atau mengubah lokasi Anda.

Sebagai langkah opsional, bersihkan cache dan cookie di Chrome, Firefox, atau browser lain yang Anda gunakan gunakan, lalu mulai sesi VPN dan lihat apakah Anda mendapatkan bantuan.
3] Nonaktifkan Geolokasi di browser web Anda

Ini adalah salah satu faktor utama mengapa VPN tidak mengubah atau menyembunyikan lokasi di PC Windows 11/10 Anda. Jika Anda telah memberikan akses lokasi ke situs atau layanan, maka layanan tersebut dapat menggunakan geolokasi browser web Anda untuk mengakses lokasi sebenarnya. Akibatnya, alat VPN Anda tidak akan dapat melindungi lokasi dan layanan yang Anda coba akses tidak akan dapat diakses. Oleh karena itu, Anda perlu menonaktifkan geolokasi di browser web Anda.

Anda dapat dengan mudah menonaktifkan geolokasi di Edge, Chrome, Firefox, dan browser populer lainnya. Semua browser memiliki opsi yang hampir sama. Akses halaman Privasi dan keamanan di Pengaturan browser. Setelah itu, akses opsi Lokasi di bawah Izin. Sekarang, tergantung pada browser yang Anda gunakan, Anda akan memiliki Blokir permintaan baru yang meminta untuk mengakses opsi lokasi Anda atau Jangan izinkan situs melihat opsi lokasi Anda. Pilih opsi itu.

Juga, jika beberapa situs atau layanan telah diberikan izin untuk mengakses lokasi, maka daftar semua situs tersebut akan terlihat di sana. Anda perlu mengatur izin lokasi ke Blokir menggunakan menu tarik-turun untuk sebuah situs atau cukup hapus situs dari daftar yang diizinkan. Ini akan membantu alat VPN menyembunyikan lokasi Anda. Untuk mematikan lokasi di Windows 11/10, ikuti langkah berikut:
Buka aplikasi Pengaturan (Win+I) Windows 11/10Akses kategori Privasi & keamanan (untuk Windows 11). Jika Anda menggunakan Windows 10, klik pada kategori PrivasiAkses halaman LokasiMatikan tombol Layanan lokasi. Untuk Windows 10, Anda perlu menggunakan sakelar untuk Akses lokasi untuk perangkat ini.
Selain itu, Anda juga dapat mengubah setelan lokasi di Windows di halaman lokasi yang sama yang mencakup menghapus riwayat lokasi, mengizinkan/tidak mengizinkan aplikasi mengakses lokasi Anda, etc.

Setelah selesai, aktifkan alat VPN, sambungkan ke server, buka layanan yang ingin Anda akses, dan lihat apakah ini berfungsi.
5] Coba alat VPN lain. Mungkin ada kemungkinan alat VPN yang Anda gunakan adalah penyebab utama karena lokasi Anda yang sebenarnya tidak disembunyikan. Berikut adalah pengalaman pribadi saya. Saya mencoba alat Hola Unblocker dan Touch VPN (tanpa masuk) di Chrome dan Firefox. Sementara yang pertama tidak berfungsi di beberapa titik dan menunjukkan alamat IP saya yang sebenarnya, yang terakhir berfungsi dengan baik untuk saya.

Jadi, jika alat VPN Anda tidak berfungsi dengan benar dan membocorkan alamat IP Anda, maka Anda harus beralih ke alat VPN yang berbeda . Ada beberapa alat VPN gratis terbaik serta layanan VPN premium dan VPN berbayar untuk Windows yang bisa Anda coba. Tetapi Anda setidaknya dapat mencoba alat VPN lain. Jika berhasil, maka itu baik dan bagus. Jika itu tidak berhasil, gunakan alat lain yang benar-benar dapat melakukan salah satu tugas utamanya, yaitu menyembunyikan lokasi Anda yang sebenarnya. Selain itu, Anda harus terus memperbarui alat VPN agar berfungsi lebih baik.
6] Gunakan VPN dengan Tor
Jika menyangkut anonimitas dan privasi, browser Tor (Router Bawang) adalah salah satu jawaban terbaik. Dengan teknik perutean bawang yang unik, ia mengirimkan lalu lintas dari sistem Anda melalui tiga server acak (yang juga dikenal sebagai relai) dengan kunci enkripsi untuk melindungi privasi Anda.

Jika opsi lain yang disebutkan dalam posting ini gagal, coba gunakan VPN dengan browser Tor, dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah Anda. Menggunakan browser Tor bersama dengan VPN akan menjadi pilihan yang baik tetapi Anda harus memiliki koneksi internet yang lebih cepat karena browser Tor relatif lambat daripada browser lain.

Saya harap ada sesuatu yang akan membantu.

Baca juga: Perbaiki Koneksi VPN, Tidak dapat terhubung ke VPN kesalahan koneksi

Mengapa lokasi VPN masih sama?

Mungkin ada alasan mengapa lokasi VPN masih sama setelah membuat koneksi. Hal itu mungkin terjadi karena ada masalah dengan alat VPN itu sendiri, server VPN tidak membantu menyembunyikan alamat IP, atau geolokasi browser dihidupkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba mengubah server VPN, menonaktifkan geolokasi browser, menggunakan mode pribadi di browser, dll. Semua solusi ini ditambahkan dalam posting ini dengan detail yang diperlukan.

Mengapa ExpressVPN tidak mengubah lokasi saya?

Meskipun ExpressVPN adalah salah satu opsi VPN premium terbaik untuk Windows dan platform lainnya, pengguna terkadang menemukan bahwa itu tidak mengubah lokasi mereka atau mereka tidak dapat mengakses konten tertentu setelah membuat koneksi. Dalam kasus seperti itu, coba sambungkan ke lokasi server yang berbeda, instal ekstensi browser ExpressVPN, atau coba akses layanan, situs web, atau aplikasi lagi.

Baca selanjutnya: Perbaiki VPN Kill Switch dan Server yang Dikaburkan tidak berfungsi.