WiFi laptop berfungsi, tetapi hanya jika dekat atau tepat di sebelah Router

Beberapa pengguna melaporkan masalah ini, di mana saat menggunakan koneksi Wi-Fi di laptop mereka, mereka harus duduk sangat dekat dengan Router, jika tidak, Wi-Fi tidak berfungsi. Jika Anda juga menghadapi masalah di mana Wi-Fi bekerja, tetapi hanya jika dekat atau tepat di sebelah Router, maka artikel ini untuk Anda.

Dalam masalah ini, ketika pengguna duduk sangat dekat atau di sebelah router Wi-Fi , koneksi, dan internet berjalan lancar. Namun, saat laptop dipindahkan dari router atau disimpan di ruangan yang berbeda, itu akan terputus dan menimbulkan kesalahan bahwa tidak ada Wi-Fi.

Apa yang menyebabkan Sinyal Wi-Fi buruk atau tidak ada?

Salah satu kemungkinan penyebab Sinyal Wi-Fi yang buruk dapat menjadi router itu sendiri. Lokasi router dan posisi antenanya menentukan kekuatan sinyal. Posisi router juga mempengaruhi jangkauan konektivitas. Oleh karena itu, Anda harus mencoba menempatkan router di tengah rumah atau kantor Anda, sehingga menawarkan area jangkauan yang lebih baik.

Gangguan ini disebabkan karena logam, kabel listrik, atau bahkan komponen listrik. Oleh karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan hal-hal ini ketika menempatkan router. Terkadang masalah di mana Wi-Fi berfungsi, tetapi hanya jika dekat atau tepat di sebelah Router, terjadi saat Anda mengganti router. Oleh karena itu, coba lakukan kembali pengaturan router. Kemungkinan lain adalah masalah perangkat keras dengan penerima laptop atau driver.

Wi-Fi berfungsi, tetapi hanya jika dekat atau tepat di sebelah Router

Untuk mengetahui penyebab utama, coba diagnosa kedua instrumen (Router dan laptop Anda) dengan mengubahnya menempatkan dan menghubungkannya dengan perangkat yang berbeda. Jika trik yang disebutkan di atas tidak berhasil, berikut adalah beberapa solusi lanjutan yang akan berfungsi dan menyelesaikan masalah koneksi Wi-Fi.
Mengatur driver jaringanPeriksa kartu atau modul nirkabelNonaktifkan opsi Matikan untuk adaptorSetel ulang TCP/IP pengaturan pada PC AndaJalankan pemecah masalah Jaringan Mari kita lihat solusi ini secara lebih rinci.
1] Siapkan driver jaringan
Sebelum Anda memulai proses ini, pastikan tidak ada microwave atau AC yang bekerja di sekitarnya. Perangkat ini mengganggu sinyal nirkabel dan menyebabkannya kehilangan sinyal.

Sekarang ikuti langkah berikut:
Klik tombol Windows dan cari Device Manager.

Ketika jendela Device Manager terbuka, perluas Network adapters Sekarang pilih driver Jaringan nirkabel yang terdaftar pada PC Anda. Klik kanan padanya dan klik Uninstall device untuk menghapus driver.

Sekarang, centang kotak di depan Hapus perangkat lunak untuk perangkat ini.Restart PC Anda dan perbarui chipset BIOS dan driver Wi-Fi lagi. Saat memperbarui driver, gunakan Ethernet.
Ini akan menyelesaikan masalah Wi-Fi tidak berfungsi.
2] Periksa kartu nirkabel atau module
Jika memperbarui driver jaringan tidak berfungsi, maka kartu nirkabel mungkin rusak. Untuk memastikan ini, Anda dapat menjalankan tes modul nirkabel di atasnya.

Terkadang modul nirkabel mungkin rusak. Dalam hal ini, Anda perlu mendapatkan dongle USB nirkabel dan mencolokkannya ke salah satu port USB komputer. Sekarang, sambungkan dongle USB nirkabel ke router untuk terhubung ke internet. Solusi ini sering menyelesaikan masalah. Dan ini memang solusi yang hemat biaya dan ekonomis.

Baca: Hal-hal di rumah Anda yang dapat memblokir atau menghalangi sinyal Wi-Fi
3] Nonaktifkan opsi Matikan untuk adaptor

Salah satu solusi untuk fungsi Wi-Fi laptop yang tidak tepat adalah dengan nonaktifkan opsi Power Off untuk adaptor. Saat PC Anda masuk ke mode hemat daya, adaptor Wi-Fi akan mati secara otomatis. Untuk melarang PC melakukannya, ikuti langkah berikut:
Buka Pengelola Perangkat dengan menekan Tombol Windows lalu ketik Pengelola Perangkat di kotak pencarian. Saat Pengelola Perangkat terbuka, perluas Adaptor JaringanSekarang, klik kanan pada Adaptor Nirkabel dan klik Properties. Ketika jendela Properties terbuka, klik Power Management Pada tab ini, hapus centang pada kotak di depan Allow the computer to turn off this device to save power. Sekarang klik OK.
Setelah Anda melakukan perubahan ini, uji modem nirkabel lagi.
4 ] Setel ulang pengaturan TCP/IP pada PC
AndaJika Wi-Fi Laptop Anda berfungsi, tetapi hanya jika dekat atau tepat di sebelah Router, maka menyetel ulang pengaturan TCP/IP pada PC Anda juga dapat mengatasi masalah ini. Ikuti langkah selanjutnya untuk mereset TCP/IP:
Klik tombol Windows dan ketik CMD untuk membuka Command PromptDari opsi yang disarankan di panel sebelah kiri, pilih Run as administrator.Ketika jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut:netsh int ip reset resetlog.txtTekan Enter.Sekarang, restart laptop dan uji.5] Jalankan Network troubleshooter
Terkadang, menjalankan troubleshooter menyelesaikan masalah. Untuk menjalankan pemecah masalah Jaringan, ikuti langkah berikut:
Tekan tombol Windows, dan ketik Pengaturan di bilah pencarian. Ketika jendela Pengaturan terbuka, buka Perbarui dan Keamanan Ketika tab ini terbuka, klik Pemecahan Masalah di menu sebelah kiri. Dari panel sebelah kanan, klik Pemecah Masalah Tambahan.

Di bawah Pemecah Masalah Tambahan, klik Adaptor Jaringan.Klik Jalankan pemecah masalah.

Ikuti langkah-langkah dalam pemecah masalah dan periksa apakah itu memperbaiki masalah.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang mengatur ulang komponen jaringan di artikel ini :
Network Reset akan Menginstal Ulang Adaptor Jaringan, Mengatur Ulang Komponen Jaringan ke default di Windows
Jika Anda membutuhkan lebih banyak ide, mungkin posting ini akan membantu Anda:
Cara meningkatkan Sinyal Jaringan NirkabelPerbaiki Performa WiFi yang buruk.
Kami berharap beberapa solusi ini membantu Anda mengatasi Wi- masalah fi. Jika Anda memiliki lebih banyak solusi untuk disebutkan, sebutkan di bagian komentar.

Dapatkah saya meningkatkan jangkauan router saya?

Ya, dimungkinkan untuk meningkatkan jangkauan router sampai batas tertentu. Anda dapat mencoba beberapa cara berikut.
Periksa kekuatan sinyal dengan menjalankan tes kecepatan.Ubah lokasi router Anda. Umumnya, router yang ditempatkan di tengah menawarkan kekuatan sinyal yang lebih baik daripada yang ditempatkan di sudut.Ubah posisi antena router untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi.Periksa apakah ada penghalang seperti logam, kabel daya, atau bahkan komponen listrik.Jika tidak ada berfungsi, Anda mungkin perlu meningkatkan ke router baru.
Mengapa saya tidak dapat menghubungkan Wi-Fi saya di seluruh rumah?

Kekuatan sinyal Wi-Fi bergantung pada sejumlah faktor. Dinding tebal dan jarak dari router sangat mempengaruhi kekuatan sinyal dan menyebabkannya berkurang. Akibatnya, sinyal Wi-Fi membutuhkan penguat saat kekuatannya buruk. Oleh karena itu, periksa apakah sinyal terhalang oleh beberapa kendala atau perlu penguat di rumah Anda.