Windows App SDK 1.2 kini tersedia

Windows App SDK adalah kit pengembangan perangkat lunak yang dirancang untuk pengembangan aplikasi desktop asli untuk Windows 11 dan Windows 10. Baru-baru ini, Microsoft merilis versi terbaru dari aplikasi ini. Windows App SDK 1.2 kini tersedia yang mendukung pengembangan widget untuk widget board Windows 11 dan memiliki beberapa fitur baru.

Windows App SDK 1.2 kini tersedia

Microsoft telah melakukan beberapa pembaruan pada Windows App SDK 1.2 untuk meningkatkan keandalan platform, stabilitas, dan kinerja sehingga Anda dapat membuat aplikasi yang kuat dan bertenaga untuk Windows. Dalam posting blog, Gabby Bilka dari Microsoft menulis:

Kami sangat senang mengumumkan bahwa Windows App SDK 1.2 kini tersedia! Dengan WinAppSDK 1.2 kini Anda dapat membuat widget untuk papan widget Windows 11, menggunakan kontrol WinUI paling modern – termasuk pemutaran media & InfoBadge, dan mendukung grafik HDR melalui API DisplayInformation di antara fitur tambahan lainnya.

Dengan dirilisnya Windows App SDK 1.2, pengembang pihak ketiga sekarang dapat membuat widget untuk paket aplikasi Win32 mereka. Mereka juga dapat menguji widget yang mereka kembangkan di papan widget Windows 11 melalui Program Windows Insider. Selain itu, WinUI 2.8 telah diperbarui ke versi terbaru WinUI 3. Pembaruan ini mencakup penambahan kontrol InfoBadge, peningkatan aksesibilitas, dan mode kontras tinggi, serta perbaikan bug di seluruh kontrol.

Windows App SDK 1.2 terbaru juga memungkinkan pengembang menambahkan kemampuan panggilan suara dan video ke aplikasi WunUI 3 mereka yang berjalan di Windows.

Dengan rilis baru ini, Microsft juga menambahkan dukungan untuk Visual Studio Arm 64. Sebelumnya aplikasi yang dikembangkan di Windows Apps SDK berjalan di Arm 64 tetapi sekarang, pengembang dapat mengembangkan aplikasi dengan WinAppSDK di perangkat Arm64. Sekarang, Aplikasi Desktop Windows dapat mendukung Rentang Dinamis Tinggi dan Manajemen Warna Otomatis melalui kelas DisplayInformation di WinAppSDK . Selain itu, pengembang sekarang hanya dapat menggunakan satu API untuk menargetkan sistem operasi Windows versi 1809 dan yang lebih baru.

Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang Windows App SDK 1.2. Detail lengkapnya disebutkan di microsoft.com.