Windows Credential Manager kehilangan kredensial setelah reboot

Jika Windows Credential Manager kehilangan kredensial setelah reboot atau logout, berikut adalah cara memperbaiki masalah tersebut. Baik Anda mengalami masalah ini di Windows 11, Windows 10, atau versi lainnya, Anda dapat menggunakan solusi yang sama untuk memperbaikinya.

Windows Credential Manager membantu Anda menyimpan nama pengguna dan sandi berbagai situs web, program, jaringan, dll. , sehingga Anda dapat menggunakannya secara otomatis saat login. Secara default, Windows Credential Manager harus menyimpan kredensial, tidak peduli apakah Anda keluar atau memulai ulang PC Anda. Meskipun demikian, kadang-kadang, itu mungkin tidak melakukan apa yang seharusnya. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat mengikuti solusi ini untuk memecahkan masalah dan terus memiliki kredensial bahkan setelah reboot.

Windows Credential Manager kehilangan kredensial setelah reboot

Jika Credential Manager kehilangan kredensial setelah reboot pada komputer Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Restart the Credential Manager serviceBuat ulang VaultScan dengan adware/anti-malwareRun SFC dan DISM scans.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah yang disebutkan di atas, lanjutkan membaca.
1] Mulai ulang Pengelola Kredensial service

Pengelola Kredensial Windows berjalan di latar belakang karena layanan Pengelola Kredensial. Jika layanan hilang, Manajer Kredensial tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu memverifikasi apakah layanan berjalan atau tidak.

Di sisi lain, jika ada beberapa konflik internal dalam layanan ini, Anda tidak akan dapat menggunakan Manajer Kredensial lagi. Cara termudah untuk memperbaiki masalah itu adalah dengan memulai ulang layanan. Jika Anda tidak tahu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai ulang layanan Pengelola Kredensial:
Telusuri layanan di kotak telusur Taskbar.Klik pada hasil penelusuran individual.Temukan layanan Pengelola Kredensial.Klik dua kali padanya.Klik tombol Berhenti .Klik tombol Start.
Kemudian, restart komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.

Read:Credential Manager: Sistem tidak dapat menemukan jalur yang ditentukan, Error 0x80070003
2] Buat ulang Vault

Windows Credential Manager menggunakan Vault untuk menyimpan atau menyimpan semua data. Vault ini tidak lain adalah folder yang ditempatkan di direktori ProgramData di drive sistem Anda. Jika folder ini rusak karena malware atau adware atau apa pun, Anda mungkin menemukan masalah yang sama seperti yang disebutkan di atas. Itu sebabnya Anda dapat membuat folder ini dari awal dengan menghapus semua data lama darinya. Seperti yang dikatakan, ini adalah folder, dan Anda dapat menghapus folder ini seperti menghapus folder biasa lainnya.

Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah ini untuk membuat ulang Vault di Windows 11/10:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan.Ketik % ProgramData%Microsoft dan tekan tombol Enter.Klik kanan pada Vault dan pilih Delete.Mulai ulang komputer Anda dan buka Credential Manager.Buka tab Windows Credentials.Klik opsi Tambahkan kredensial Windows.Masukkan alamat jaringan, nama pengguna, dan sandi.Klik tombol OK.
Setelah itu, periksa apakah masalah telah teratasi atau belum.

Baca: Credential Manager Error 0x80090345
3] Pindai dengan adware/anti-malware
Terkadang, malware dan adware dapat menyebabkan masalah ini di komputer Anda. Jika hal-hal itu merusak file sistem yang terkait dengan Manajer Kredensial, Anda tidak akan dapat menggunakan utilitas ini dengan benar. Itulah mengapa disarankan untuk memindai komputer Anda dengan alat penghapus anti-malware dan adware yang tepercaya.

Baca: Pengelola Kredensial: Akses ditolak error

4] Jalankan pemindaian SFC dan DISM

Untuk menghilangkan kemungkinan kerusakan file, Anda mungkin ingin Jalankan Pemeriksa File Sistem dan Alat DISM scans.

Anda dapat mengunduh alat perbaikan FixWin Windows gratis kami untuk melakukannya dengan satu klik!

Mengapa Windows tidak mengingat kredensial saya?

Mungkin ada berbagai alasan mengapa Windows Credential Manager tidak akan mengingat kredensial Anda. Misalnya, jika layanan Manajer Kredensial tidak berjalan, Anda tidak akan menemukan utilitas berfungsi dengan baik. Alasan kedua adalah jika Vault rusak, masalah yang sama mungkin terjadi.

Baca: Pengelola Kredensial tidak ditampilkan, dibuka, atau berfungsi dengan baik

Mengapa saya tidak dapat melihat sandi di Pengelola Kredensial?

Jika Anda tidak dapat melihat sandi di Pengelola Kredensial , Anda harus beralih antara Kredensial Web dan Kredensial Windows. Jika Anda ingin menemukan sandi jaringan atau program, Anda harus membuka bagian Kredensial Windows. Di sisi lain, jika Anda ingin menemukan sandi situs web, Anda bisa mendapatkannya di bagian Kredensial Web.

Baca: Pengelola Kredensial: Host UI tidak merespons RDP error.