Windows Defender hilang pada Windows 11/10

Jika Windows Defender hilang atau Anda melihat Anda memerlukan aplikasi baru untuk membuka pesan error windowsdefender ini di Windows 11/10, berikut adalah cara mengatasi masalah tersebut dan mulai menggunakan Windows Defender atau Windows Security. Anda harus melalui semua solusi ini untuk memecahkan masalah.

Windows Defender hilang pada Windows 11/10

Jika Windows Defender hilang pada Windows 11/10, ikuti langkah-langkah berikut:
Tanyakan kepada administrator AndaMulai Windows Security Health ServiceInstal ulang menggunakan Terminal WindowsPeriksa pengaturan Kebijakan GrupGunakan Pemulihan Sistem point
Sebelum Anda mulai, Anda harus tahu bahwa sekarang Windows Defender terintegrasi dengan Keamanan Windows.
1] Tanyakan kepada administrator
AndaIni adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika Windows Defender hilang di komputer Windows 11/10 Anda. Terkadang, administrator Anda dapat menonaktifkan atau menghapus aplikasi atau fitur tertentu dari semua komputer yang terhubung ke jaringan. Namun, jika Anda tidak menghadapi masalah ini di komputer organisasi, Anda dapat melalui solusi lain yang disebutkan di bawah ini.
2] Mulai Layanan Kesehatan Keamanan Windows

Jika Layanan Kesehatan Keamanan Windows memiliki beberapa masalah atau Anda telah menetapkan nilai yang salah, itu mungkin tidak berfungsi . Dengan kata lain, Windows Security atau Windows Defender mungkin tidak berfungsi di komputer Anda. Itulah mengapa Anda perlu memverifikasi apakah Layanan Kesehatan Keamanan Windows berjalan atau tidak. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa apakah:
Tekan Win+R untuk membuka perintah Jalankan. Ketik regedit dan tekan tombol Enter.Klik opsi Ya.Buka jalur ini: HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesSecurityHealthServiceKlik dua kali pada Mulai nilai REG_DWORD.Tetapkan data Nilai sebagai 3.Klik tombol OK.
Terakhir, mulai ulang komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.
3] Instal ulang menggunakan Windows Terminal

Anda dapat menginstal ulang Windows Defender menggunakan CMD Terminal Windows atau Command Prompt mandiri contoh. Baik Anda menggunakan Windows 11 atau Windows 10, prosesnya hampir sama untuk kedua versi. Untuk menginstal ulang Windows Defender menggunakan Windows Terminal, ikuti langkah berikut:
Tekan Win+X untuk membuka menu WinX.Pilih opsi Windows Terminal (Admin) .Klik tombol Ya.Pastikan instance Command Prompt telah dibuka.Masukkan perintah ini:PowerShell -ExecutionPolicy Unrestricted -Command “& {$manifest = (Get-AppxPackage *Microsoft.Windows.SecHealthUI*).InstallLocation + `AppxManifest.xml` ; Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $manifest}”
Atau, Anda dapat membukanya jendela Command Prompt yang ditinggikan dan masukkan perintah yang sama seperti di atas.

Baca: 
Cara Mengatur Ulang Pengaturan Keamanan Windows ke nilai defaultCara mengatur ulang aplikasi Keamanan Windows atau menginstal ulang Windows Defender4] Periksa pengaturan Kebijakan Grup

Ada pengaturan Editor Kebijakan Grup Lokal yang mungkin bertanggung jawab atas kesalahan ini di komputer Anda. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa setelan Kebijakan Grup:
Search for gpedit.msc di kotak pencarian Taskbar.Klik pada hasil pencarian individual.Buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Defender AntivirusKlik dua kali pada Turn off Pengaturan Microsoft Defender Antivirus.Pilih opsi Tidak Dikonfigurasi.Klik tombol OK.
Kemudian, nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.

Baca: Keamanan Windows tidak terbuka atau tidak berfungsi
5] Gunakan titik Pemulihan Sistem
Jika tidak ada solusi yang berhasil bekerja untuk Anda, itu mungkin hal terakhir yang perlu Anda pilih untuk memecahkan masalah. Terkadang, serangan adware atau malware dapat menyebabkan masalah ini di komputer Anda. Dalam situasi seperti itu, bahkan jika Anda membuang adware atau malware, itu mungkin tidak memperbaiki semua masalah. Itulah mengapa disarankan untuk menggunakan titik Pemulihan Sistem untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda dapat mengikuti panduan ini untuk memulihkan Windows menggunakan titik Pemulihan Sistem.

Baca: Memecahkan masalah pembaruan Definisi untuk Microsoft Defender

Bagaimana cara memperbaiki Windows Defender hilang?

Jika Windows Defender hilang di komputer Anda, Anda harus mengikuti saran yang disebutkan di atas. Tanyakan kepada administrator Anda, Mulai Layanan Kesehatan Keamanan Windows, Instal ulang menggunakan Terminal Windows, Periksa pengaturan Kebijakan Grup atau gunakan titik Pemulihan Sistem.

Bagaimana cara memulihkan Windows Defender?

Untuk memulihkan Windows Defender atau Keamanan Windows di Windows 11/10, Anda dapat mengikuti solusi disebutkan di atas. Namun, Anda mungkin tidak dapat melakukannya ketika administrator sistem Anda memblokir akses. Jika tidak, Anda dapat memulai Layanan Kesehatan Keamanan Windows menggunakan Editor Registri, menginstal ulang aplikasi menggunakan Windows PowerShell, dll.

Itu saja! Semoga solusi ini berhasil untuk Anda.

Baca: Tidak Dapat atau Tidak Dapat Mengaktifkan Windows Defender.