Windows Driver Foundation hilang, gagal memuat atau tidak berfungsi di Windows 11/10

Jika Windows Driver Foundation hilang atau tidak berfungsi dengan baik di komputer Windows 11/10 Anda, Anda mungkin mengalami beberapa kesalahan atau sistem crash. Beberapa pengguna pernah mengalami keyboard dan touchpad laptop mereka tiba-tiba berhenti bekerja. Setelah menyelidiki penyebab masalah, mereka mengetahui bahwa masalah itu terjadi karena proses Windows Driver Foundation tidak ada di perangkat Windows 11/10 mereka. Saat melihat log kesalahan di Peraga Peristiwa, mereka melihat pesan kesalahan “PengandarWUDFRd gagal memuat”.

PengandarWUDFRd gagal memuat

Artikel ini mencakup solusi yang akan membantu Anda memperbaiki masalah yang terjadi karena Yayasan Pengandar Windows yang hilang service di komputer Windows 11/10 Anda.

Windows Driver Foundation hilang, gagal memuat, atau tidak berfungsi

Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah file sistem yang hilang. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai mencoba metode pemecahan masalah yang dijelaskan di bawah dalam artikel ini, kami sarankan Anda menjalankan pemindaian SFC dan pemindaian DISM pada sistem Anda. System File Checker (SFC) adalah utilitas di sistem operasi Windows yang membantu pengguna memperbaiki file gambar sistem yang rusak. Perintah DISM (Deployment Image Servicing and Management) juga membantu memperbaiki file image sistem yang rusak. Anda dapat menjalankan perintah ini ketika perintah SFC gagal.

Jika pemindaian SFC dan DISM tidak menyelesaikan masalah Anda, lakukan perbaikan berikut untuk menyelesaikan masalah.
Perbarui driver perangkat AndaCopot pemasangan dan instal ulang Pengontrol USB melalui Pengelola PerangkatTambahkan wudfsvc. dll melalui Microsoft Daftarkan ServerLakukan Pemulihan Sistem Perbaiki Windows dengan menggunakan Media Creation Tool
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Perbarui driver perangkat Anda
Jika Anda mendapatkan kesalahan “Pengandar WUDFRd gagal”, masalahnya mungkin pada driver perangkat Anda. Karenanya, perbarui driver perangkat Anda dan lihat apakah itu membantu. Anda dapat menggunakan salah satu cara berikut untuk memperbarui driver perangkat Anda.
Buka Pengaturan Windows 11/10 Anda dan gunakan fitur Pembaruan Opsional Windows untuk memperbarui driver perangkat.Kunjungi situs web resmi produsen perangkat Anda yang bermasalah dan unduh versi terbaru perangkat Anda pengemudi. Sekarang, jalankan file penginstal untuk menginstal driver secara manual. Perbarui driver perangkat Anda dari Device Manager dengan mengikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini: Buka Device Manager. Klik kanan pada driver perangkat Anda yang bermasalah. Misalnya, jika Anda menghadapi masalah dengan touchpad Anda, perluas node Mice dan perangkat penunjuk lainnya dan klik kanan pada driver touchpad Anda. Pilih Perbarui driver. Sekarang, klik opsi Cari secara otomatis untuk driver.2] Copot pemasangan dan instal ulang USB Pengontrol melalui Pengelola Perangkat
Jika metode di atas tidak membantu Anda memperbaiki masalah, hapus instalan dan instal ulang Pengontrol USB melalui Pengelola Perangkat. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:

Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.Ketika Device Manager muncul, perluas node Universal Serial Bus Controllers.Klik kanan pada pengontrol USB dan pilih Uninstall device.Setelah menguninstall driver , restart komputer Anda.
Setelah me-restart perangkat Anda, Windows akan mendeteksi perubahan perangkat keras dan menginstal driver USB Controller yang hilang.
3] Tambahkan wudfsvc.dll melalui Microsoft Register Server
Masalah lain yang dialami pengguna karena Windows Driver Foundation yang hilang adalah hilang wudfsvc.dll. Salah satu cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan Menambahkan wudfsvc.dll melalui Microsoft Register Server. Microsoft Register Server digunakan untuk mendaftarkan file DLL di Windows. Anda dapat menggunakan perintah regsvr32 dan melihat apakah itu membawa perubahan.

Go melalui instruksi yang tertulis di bawah ini:

Luncurkan Command Prompt sebagai administrator. Ketik perintah berikut dan tekan Enter setelah memasukkan setiap perintah ini.
regsvr32 /u wudfsvc.dll regsvr32 /i wudfsvc.dll
Setelah menjalankan perintah di atas, tutup Command Prompt dan restart komputer Anda.

Secara default, semua file DLL sistem terletak di lokasi berikut di komputer Windows:
C:WindowsSystem32

Jika metode ini tidak memperbaiki kesalahan file DLL yang hilang, Anda dapat menyalin file wudfsvc.dll dari komputer lain yang sehat dan menempelkannya ke lokasi default.
4] Melakukan System Restore
System Restore adalah alat dari Microsoft yang membantu pengguna melindungi dan memperbaiki komputer mereka. Ini menciptakan titik pemulihan ketika komputer dalam keadaan sehat. Anda dapat menggunakan titik pemulihan ini untuk mengembalikan komputer Anda ke kondisi sehat sebelumnya. Pulihkan komputer Anda dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.
5] Perbaiki Windows menggunakan Media Creation Tool
Jika tidak ada solusi di atas yang memperbaiki masalah Anda, Anda dapat menggunakan Media Creation Tool untuk memperbaiki komputer Windows Anda.

Di mana saya dapat menemukan Windows Driver Foundation?

Windows Driver Foundation adalah nama sebelumnya dari Windows Driver Framework. Ini adalah layanan yang bertanggung jawab atas stabilitas keseluruhan sistem. Untuk menemukannya, buka aplikasi Layanan pada sistem Windows 11/10 Anda dan kemudian gulir ke bawah daftar layanan hingga Anda menemukan layanan Yayasan Driver Windows.

WUDFHost adalah file yang dapat dieksekusi untuk layanan Yayasan Driver Windows. File yang dapat dieksekusi ini terletak di jalur berikut di sistem Anda:
C:WindowsSystem32

Apa itu proses Windows Driver Foundation (WUDFHost.exe)?

Windows Driver Foundation adalah kumpulan pustaka dan alat yang memungkinkan Anda mengurangi kerumitan saat menggunakan driver di PC Windows Anda. Dengan kata lain, proses ini membantu Anda terus menggunakan sistem yang stabil sepanjang waktu. Kadang-kadang, pengguna mungkin menghadapi masalah dengan sistem, di mana Windows Driver Foundation menempati sebagian besar penggunaan CPU. Meskipun tidak membatasi fungsionalitas CPU untuk sebagian besar pengguna, hal ini tentu saja menguras baterai dan terkadang dapat menyebabkan pembekuan sistem, terutama jika penggunaan meningkat hingga 100%. Mencoba mematikan proses di Task Manager tidak membantu karena ini adalah proses sistem.

Apa itu Windows Driver Frameworks (WDF)?

Windows Driver Frameworks (WDF) adalah pembungkus di sekitar antarmuka Microsoft Windows Driver Model (WDM). Ini adalah kumpulan perpustakaan yang dapat Anda gunakan untuk menulis driver perangkat yang berjalan di sistem operasi Windows. WDF mendefinisikan model driver tunggal yang didukung oleh dua kerangka kerja: Kernel-Mode Driver Framework (KMDF) dan User-Mode Driver Framework (UMDF).

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Perbaiki Windows Driver Foundation menggunakan CPU.
tinggi