Windows tetap menggunakan HDD alih-alih SSD untuk File Halaman saat RAM penuh

PageFile adalah file sistem yang digunakan Windows ketika kehabisan RAM fisik atau kapan pun ingin menyimpan sesuatu sementara dan membutuhkan RAM untuk sesuatu yang lain. Meskipun demikian, Anda selalu dapat mengubah lokasi File Halaman dan menyimpannya di hard drive lain yang terhubung ke PC Anda. Namun, beberapa pengguna memperhatikan bahwa Windows tetap menggunakan HDD alih-alih SSD untuk File Halaman saat RAM penuh. Karena SSD akan berkinerja lebih baik, sepertinya pilihan yang lebih baik. Dalam posting ini, kita akan melihat solusi yang dapat memperbaiki masalah.

Satu pengguna melihat di Task Manager bahwa hard disk sekunder (HDD 5800 RPM) sedang digunakan secara berat. Jadi pengguna melanjutkan dan menonaktifkan File Halaman dari pengaturan disk dan mem-boot ulang PC. Namun, yang mengejutkan, PC tetap menggunakan HDD meskipun file halaman sudah tidak ada lagi. Dia bahkan mencoba menghapus file secara fisik, tetapi tidak berhasil.

Windows tetap menggunakan HDD alih-alih SSD untuk File Halaman ketika RAM penuh

Solusinya mudah. Saat pengguna ingin menampilkan file, ada dua pengaturan— Tampilkan file dan folder tersembunyi dan Tampilkan/sembunyikan file sistem operasi yang dilindungi. Opsi tersebut dapat dilihat saat Anda membuka Opsi File Explorer. Jika Anda ingin menghapus file halaman, maka Anda harus mengaktifkan opsi ini lalu pergi dan hapus file.

Buka File Explorer dan klik menu tiga titik untuk membuka Opsi FolderBeralih ke tab Lihat, laluKlik tombol radio di sebelah Tampilkan file, folder, atau drive tersembunyi. Centang kotak di sebelah Sembunyikan jenis file sistem operasi yang dilindungiBuka HDD, cari Pagefile.sys, dan Swapfile.sys, dan hapus merekaBuka Win + R untuk membuka Run PromptType sysdm.cpl dan tekan tombol EnterBeralih ke tab Advanced dan klik tombol Pengaturan di bawah kinerjaDi jendela opsi kinerja, alihkan ke tab Lanjutan, dan klik tombol Ubah di bawah Memori virtual. Di sini Anda dapat mengonfigurasi jumlah memori Virtual atau file Halaman.

Setelah melakukan itu, HDD Anda seharusnya tidak di bawah tekanan saat RAM penuh, dan sebaliknya, PC harus memberikan kinerja yang lebih baik dengan SSD. Saya harap posting ini bermanfaat dan Anda tahu cara mengkonfigurasi memori virtual pada PC.

Apakah saya memerlukan file halaman jika saya memiliki cukup RAM?

Pagefiles masih diperlukan karena semua sistem operasi menyediakan ruang swap yang cukup sebelum meluncurkan program untuk berjaga-jaga. RAM sangat dibutuhkan. Jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, Anda harus mengalokasikan 10% atau membiarkan sistem mengelolanya.

Apa itu Swapfile.sys?

Ini adalah file memori virtual yang disimpan di drive sistem Anda, bersama dengan pagefile.sys dan hiberfil.sys. Biasanya digunakan untuk menukar aplikasi Microsoft Store. Sangat membantu jika Anda menggunakan banyak aplikasi Microsoft Store.