Windows tidak dapat membuat folder instalasi yang diperlukan, Kesalahan 0x8030002F

Jika Anda melihat pesan Windows tidak dapat membuat folder instalasi yang diperlukan, Kesalahan 0x8030002F selama proses instalasi atau peningkatan Windows, maka posting ini akan dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Anda harus mengikuti semua solusi ini satu demi satu untuk menyingkirkan masalah ini.

Seluruh pesan kesalahan mengatakan:

Windows tidak dapat membuat folder instalasi yang diperlukan, Harap konfigurasi ulang file boot.wim Anda untuk menggunakan pengaturan flag 9 untuk gambar pertama , dan mulai ulang penginstalan Anda, Kode Kesalahan 0x8030002F.

Perbaiki Kesalahan 0x8030002F, Windows tidak dapat membuat folder penginstalan yang diperlukan

Untuk memperbaiki Windows tidak dapat membuat kesalahan folder penginstalan yang diperlukan, ikuti langkah berikut:
Rebuild BCDRe-buat media penginstalanJalankan CHKDSKNonaktifkan perangkat lunak keamananCabut perangkat eksternal
To pelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Membangun kembali BCD

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki Windows tidak dapat membuat kesalahan folder instalasi yang diperlukan saat menginstal Windows 11 atau Windows 10 adalah membangun kembali BCD atau Data Konfigurasi Boot. Karena BCD dari Data Konfigurasi Boot adalah sejenis database, yang menyimpan konfigurasi waktu boot data urasi, jika rusak, Anda tidak akan dapat melanjutkan instalasi. Oleh karena itu, lebih baik untuk membangun kembali BCD untuk menyingkirkan masalah ini. Untuk itu, Anda perlu menggunakan perintah ini: bootrec /rebuildbcd.
2] Buat ulang media
instalasi Jika Anda menggunakan versi kustom Windows 11/10 ISO, ada kemungkinan untuk mendapatkan kesalahan ini. Oleh karena itu, lebih baik buat ulang media instalasi dan coba lagi. Anda dapat mengikuti panduan ini untuk mengunduh ISO dari situs web resmi dan membuat media instalasi Windows 11 yang dapat di-boot.
3] Jalankan CHKDSK

Masalah ini mungkin terjadi ketika Anda memiliki hard drive yang rusak, atau ada beberapa masalah pada hard disk Anda. Jika demikian, chkdsk mungkin merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, Anda perlu menjalankan utilitas ini melalui Command Prompt. Untuk menggunakan chkdsk menggunakan Command Prompt, ikuti panduan ini.
4] Nonaktifkan perangkat lunak keamanan
Kadang-kadang, perangkat lunak keamanan tambahan dapat menyebabkan masalah ini di komputer Anda. Jika Anda baru saja menginstal pelindung keamanan pada PC Anda dan kesalahan mulai terjadi setelah itu, disarankan untuk menonaktifkan perangkat lunak keamanan. Itu bisa berupa antivirus, alat penghapus adware, perangkat lunak firewall, pemblokir aplikasi, dll.
5] Cabut perangkat eksternal
Jika Anda telah mencolokkan beberapa perangkat eksternal, seperti drive USB, kabel USB, hard drive eksternal, adaptor Ethernet, Wi-Fi adaptor, dll., disarankan untuk memutuskan semuanya kecuali yang diperlukan. Ada kalanya perangkat tersebut dapat menimbulkan konflik saat menginstal sistem operasi. Jika itu terjadi, ada kemungkinan mendapatkan pesan kesalahan yang disebutkan di atas. Jika demikian, Anda dapat memecahkan masalah dengan mencabut semua perangkat eksternal dari komputer Anda.

Terkait: Windows tidak dapat menemukan file instalasi yang diperlukan boot.wim.

Bagaimana cara memperbaiki kode kesalahan 0x8030002F?

Untuk memperbaiki kode kesalahan 0x8030002F pada Windows 11/ 10, Anda harus mengikuti tips dan trik yang disebutkan di atas. Anda perlu memulai proses pemecahan masalah dengan mencabut semua perangkat eksternal dan menonaktifkan perangkat lunak keamanan yang Anda instal secara eksternal. Setelah itu, Anda harus mengkonfigurasi ulang Data Konfigurasi Boot.

Bagaimana cara memperbaiki Windows tidak dapat membuat direktori instalasi yang diperlukan?

Untuk memperbaiki Windows tidak dapat membuat direktori atau folder instalasi yang diperlukan, Anda dapat melalui solusi yang disebutkan di atas. Diperlukan untuk membangun kembali Data Konfigurasi Boot di komputer Anda, yang dapat Anda lakukan dengan bantuan Command Prompt. Jika itu tidak menyelesaikan masalah, Anda mungkin perlu membuat ulang media penginstalan dan memulai ulang proses penginstalan.