Windows tidak dapat menginstal file yang diperlukan, 0x80070001

Jika Anda mendapatkan pesan Windows tidak dapat menginstal file yang diperlukan dengan kode kesalahan 0x80070001 saat menginstal Windows 11/10 di komputer, Anda dapat mengikuti tips berikut untuk memecahkan masalah. Kami telah membahas hampir semua kemungkinan penyebab dan solusi dalam artikel ini sehingga Anda dapat menyingkirkan masalah tersebut. Seluruh pesan kesalahan terlihat seperti ini:

Windows tidak dapat menginstal file yang diperlukan. Pastikan semua file yang diperlukan untuk penginstalan tersedia, dan mulai ulang penginstalan. Kode kesalahan: 0x80070001

Alasan utama mengapa komputer Anda menampilkan pesan seperti itu adalah kerusakan file. Jika drive USB atau DVD yang dapat di-boot rusak, Anda dapat mengalami masalah ini saat melakukan instalasi baru OS Windows.

Windows tidak dapat menginstal file yang diperlukan, 0x80070001

Untuk memperbaiki Windows tidak dapat menginstal kesalahan file yang diperlukan, ikuti langkah-langkah berikut:
Hapus perangkat eksternalBuat ulang instalasi yang dapat di-boot mediaMenetapkan lebih sedikit ruang disk untuk drive CUbah pengaturan di RegistryReset BIOS
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi ini, lanjutkan membaca.
1] Hapus perangkat eksternal

Jika Anda telah menghubungkan perangkat eksternal tambahan seperti hard drive eksternal, perangkat Bluetooth, printer, pemindai, dll., akan lebih baik untuk mencabut mereka. Terkadang, perangkat tersebut dapat menimbulkan konflik dan mengganggu penginstalan Anda. Akibatnya, Anda dapat menemukan kesalahan yang disebutkan di atas dengan berbagai kode kesalahan. Itulah mengapa disarankan untuk menghapus semua perangkat eksternal sebelum memulai kembali proses instalasi.
2] Buat ulang media

instalasi yang dapat di-boot Seperti yang disebutkan sebelumnya, ISO yang rusak menyebabkan masalah ini dalam banyak kasus. Jika Anda menghadapi masalah ini saat menginstal OS Windows, sekarang saatnya untuk membuat kembali media instalasi yang dapat di-boot. Namun, jika Anda telah memformat komputer Anda, Anda tidak akan dapat menggunakannya untuk membuat media penginstalan. Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan komputer lain.

Untuk membuat media penginstalan Windows 11 yang dapat di-boot, Anda dapat mengikuti panduan langkah demi langkah ini. Sekadar informasi, Anda harus mendownload ulang Windows 11 ISO juga.
3] Tetapkan lebih sedikit ruang disk untuk drive C Berkali-kali, komputer Anda mungkin tidak memproses seluruh ruang disk sebagai drive sistem jika Anda memiliki perangkat keras lama. Itulah alasan mengapa kami meminta Anda untuk menetapkan lebih sedikit ruang disk untuk drive C atau drive sistem. Untuk itu, Anda harus menghapus semua partisi dan membuat ulang drive C.
4] Ubah pengaturan di Registry

Jika Anda mencoba menginstal versi OS yang sama di komputer Anda, ada kemungkinan mendapatkan kesalahan ini karena beberapa lama File registri. Itulah mengapa Anda dapat memverifikasinya menggunakan langkah-langkah berikut:

Tekan Shift+F10 untuk membuka Command Prompt.

Ketik regedit dan tekan tombol Enter.

Arahkan ke jalur ini:
HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindowsStaverpRbs. -klik masing-masing dan pilih opsi Hapus.

Kemudian, tutup semua jendela dan mulai ulang penginstalan.
5] Setel ulang BIOS
Mengubah pengaturan yang salah di BIOS juga dapat menyebabkan masalah ini di komputer Anda. Itu sebabnya Anda dapat mencoba mengatur ulang untuk menghilangkan masalah. Jika Anda tidak mengetahui prosesnya, Anda dapat mengikuti panduan ini untuk mereset pengaturan BIOS ke default pabrik.

Baca: Windows tidak dapat menginstal file yang diperlukan, Kode Kesalahan 0x8007025D.

Apa itu kode kesalahan 0x8007001?

Anda dapat menemukan dua pesan kesalahan dengan kesalahan yang sama kode. Jika dikatakan Windows tidak dapat menginstal file yang diperlukan, Anda harus mengikuti solusi yang disebutkan di atas. Namun, jika dikatakan bahwa Disk penginstalan tidak berfungsi dengan benar atau yang lainnya, Anda perlu memeriksa hard drive Anda dan membuat ulang media penginstalan yang dapat di-boot.

Bagaimana cara memperbaiki Windows yang tidak dapat diinstal?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk perbaiki masalah ini di komputer Anda. Untuk itu, Anda dapat menghapus file sementara, menonaktifkan perangkat lunak firewall, memeriksa status Layanan Pembaruan Windows, menghapus antrian BITS, menjalankan Penginstal Modul Windows, dll. Namun, solusinya sedikit berbeda untuk situasi yang berbeda. Itulah mengapa Anda dapat mengikuti panduan ini jika  Windows Update gagal diinstal.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu