Winget tidak dikenali di Windows 11

Jika Winget tidak dikenali di komputer Windows 11 Anda, Anda dapat mengikuti tip berikut untuk mengatasi masalah tersebut. Meskipun sangat jarang, hal itu dapat terjadi pada pengguna mana pun. Jika Anda salah satunya, Anda dapat dengan cepat memperbaikinya menggunakan solusi berikut.

Seluruh pesan kesalahan mengatakan:

`winget` tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal, program yang dapat dioperasikan, atau file batch.

Anda mungkin melihat kesalahan ini saat Anda coba masukkan perintah winget di jendela Command Prompt yang ditinggikan.

Winget tidak dikenali di Windows 11

Jika Winget tidak dikenali di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut:
Unduh atau perbarui Penginstal AplikasiUnduh Winget dari GitHubSetel jalur yang benar
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca .
1] Unduh atau perbarui Penginstal Aplikasibsp

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan agar perintah winget berfungsi di komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda. Penginstal Aplikasi bukanlah paket biasa yang dapat Anda temukan di Microsoft Store. Ini adalah salah satu komponen terpenting dari komputer Windows 11 Anda karena berisi winget dan berbagai utilitas.

Jika Anda menonaktifkan atau menghapus instalannya secara tidak sengaja, Anda akan menemukan kesalahan yang disebutkan di atas pada PC Anda. Di sisi lain, jika Anda belum memperbarui paket ini untuk waktu yang sangat lama, masalah serupa mungkin muncul.

Itu sebabnya disarankan untuk memverifikasi apakah Anda memiliki versi terbaru dari Penginstal Aplikasi di komputer Anda atau tidak. Untuk itu, Anda dapat menuju ke Microsoft Store dan menemukan paket Penginstal Aplikasi. Atau, Anda dapat mengunjungi halaman ini di microsoft.com untuk membuka Microsoft Store dan menginstal atau memperbarui paket yang sesuai.
2] Unduh Winget dari GitHub
Jika Anda tidak dapat mengunduh winget dari repositori resmi atau Microsoft Store, Anda selalu dapat mengunduh atau perbarui dari GitHub. Karena Anda menggunakan Windows 11, tidak akan ada masalah kompatibilitas saat menginstal atau memperbarui package.

Jika Anda tidak memiliki paket di komputer, Anda dapat menemukan opsi Instal. Namun, jika Anda sudah memiliki paketnya, Anda dapat menemukan opsi Instal ulang.

Setelah Anda membaca petunjuk layar itu, Anda akan dapat menggunakan perintah winget di komputer Anda tanpa masalah.

Jika mau, Anda dapat mengunduh Pengelola paket Windows from github.com.
3] Setel jalur yang benar

Secara default, Windows 11 menyimpan winget.exe di sini: %userprofile%AppDataLocalMicrosoftWindowsApps. Namun, jika dihapus dari sana, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk mendapatkannya kembali. Di sisi lain, jika jalur Anda salah atau Anda mengubahnya lebih awal untuk menguji sesuatu di masa lalu, Anda perlu menyetel jalur yang benar di bagian Variabel Lingkungan.

Untuk menyetel jalur winget.exe yang benar, ikuti langkah-langkah berikut:
Telusuri variabel lingkungan dan buka hasil penelusuran individual.Klik tombol Variabel Lingkungan.Pilih Jalur dan klik tombol Edit.Pilih jalur yang ada dan klik tombol Edit.Masukkan ini: %userprofile%AppDataLocalMicrosoftWindowsAppsKlik OK button.
Selanjutnya, restart komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah Anda atau tidak.

Bagaimana cara mendapatkan Winget di Windows 11?

Untuk mendapatkan Winget di Windows 11, ada dua metode. Pertama, Anda bisa mengikuti cara resminya, yaitu dengan menggunakan Microsoft Store. Anda dapat menuju ke Microsoft Store dan menemukan Penginstal Aplikasi. Kemudian, Anda dapat menginstal paket di komputer Anda. Di sisi lain, Anda dapat mengunjungi GitHub untuk mengunduh paket yang sama.

Apa yang dapat saya instal dengan Winget?

Tidak ada daftar tetap aplikasi yang dapat Anda instal menggunakan utilitas baris perintah Winget. Namun, Anda dapat menginstal OneDrive, Google Chrome, Firefox, dll., tanpa masalah. Di sisi lain, dimungkinkan untuk memperbarui semua program yang diinstal sekaligus menggunakan WINGET.

Itu saja! Semoga panduan ini membantu.

Baca: Instal aplikasi Windows secara massal dengan GUI Winstall untuk Windows Package Manager.