WMIC tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal

WMIC adalah alat baris perintah yang digunakan untuk melakukan operasi WMI (Instrumentasi Manajemen Windows). WMI memungkinkan bahasa skrip yang memungkinkan pengguna mengelola server dan komputer pribadi mereka yang berjalan di sistem operasi Windows. Anda dapat menjalankan perintah WMI untuk menanyakan informasi terkait sistem Anda, seperti model atau nomor seri komputer Windows, alamat MAC, deskripsi Kartu Antarmuka Jaringan, ukuran RAM, detail drive disk (nomor model, nama, nomor seri), dll. Untuk menjalankan perintah WMI, Anda harus meluncurkan Command Prompt sebagai administrator. Beberapa pengguna mengalami masalah dengan WMIC. Menurut mereka, ketika mereka menjalankan perintah WMIC, alih-alih menunjukkan hasil yang diinginkan, itu menampilkan WMIC tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal, program yang dapat dioperasikan atau pesan kesalahan file batch.

Pesan kesalahan lengkap yang muncul di layar adalah:

`wmic` tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal, program yang dapat dioperasikan, atau file batch

Meskipun WMIC atau Baris Perintah Instrumentasi Manajemen Windows tidak digunakan lagi dari Windows 10 dan tidak lagi dalam pengembangan aktif untuk Windows 11, Anda dapat menggunakannya di komputer .

WMIC tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal

Jika Anda menerima pesan kesalahan di atas saat menjalankan perintah WMIC ke komputer Anda, Anda dapat mencoba perbaikan berikut-
Periksa status Layanan Instrumentasi Manajemen WindowsDefine an Environment Variable
Mari kita lihat perbaikan di atas di detail.
1] Periksa status Layanan Instrumentasi Manajemen Windows
Masalah terjadi jika layanan WMI (Instrumentasi Manajemen Windows) tidak berjalan atau berhenti. Anda dapat memeriksa status Layanan WMI di aplikasi Layanan Windows 11/10. Jika layanan dihentikan, mulai. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda dengan itu:

Luncurkan kotak perintah Jalankan dengan menekan tombol Win + R. Ketika kotak perintah Jalankan muncul di layar Anda, ketik services.msc dan klik OK. Ini akan membuka aplikasi Layanan. Di aplikasi Layanan, cari layanan Instrumentasi Manajemen Windows. Statusnya akan menunjukkan Running dan Startup Type harus menunjukkan Automatic. Jika layanan dihentikan, klik kanan padanya dan pilih Properties. Di bawah tab General, pilih Automatic di drop-down Startup Type. Sekarang, klik tombol Start. Klik Terapkan lalu OK.2] Tentukan Variabel Lingkungan
Jika Layanan WMI sudah berjalan atau jika setelah memulai Layanan WMI, kesalahan masih berlanjut, masalah terjadi karena program WMIC tidak tersedia di jalur sistem. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menambahkan jalur tempat WMIC executable berada ke System Variable.

Secara default, WMIC.exe terletak di lokasi berikut di komputer Windows.
C:WindowsSysWOW64wbem
Anda harus tambahkan jalur ini ke Variabel Lingkungan untuk memperbaiki masalah. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda tentang cara melakukannya.

Klik Windows Search dan ketik variabel lingkungan.Pilih Edit the System Environment Variables dari hasil pencarian.Jendela System Properties akan muncul di layar Anda.Pilih tab Advanced lalu klik tombol Variabel Lingkungan di sisi kanan bawah. Anda akan melihat dua bagian, yaitu Variabel Pengguna dan Variabel Sistem. Anda harus mendefinisikan Variabel Lingkungan baru di bagian Variabel Sistem. Klik tombol New di bawah bagian System Variables. Ketik nama Variable dan tempel jalur di atas di bidang Variable value. Klik OK untuk menutup jendela New System Variable. Klik OK lagi untuk menutup jendela Variabel Lingkungan.
Setelah menentukan Variabel Lingkungan, mulai ulang komputer Anda. Ini harus memperbaiki masalah.

Baca: Periksa Kesehatan Hard Disk secara asli menggunakan WMIC.

Bagaimana Anda memperbaiki WMIC tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal?

Jika Anda menerima kesalahan “WMIC tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal” pesan saat menjalankan perintah WMIC di Command Prompt, pertama, periksa apakah Layanan Instrumentasi Manajemen Windows berjalan atau tidak. Anda dapat memeriksanya di aplikasi Layanan pada perangkat Windows 11/10 Anda. Jika Anda menemukan layanan berhenti, mulai dan atur Jenis Startup ke Automatic.

Kesalahan menyatakan bahwa WMIC tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal. Windows menampilkan pesan kesalahan ini ketika tidak menemukan WMIC di jalur sistem. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menentukan Variabel Sistem dengan menambahkan jalur file yang dapat dieksekusi WMIC.

Apa yang dimaksud dengan WMIC di command prompt?

WMIC adalah alat baris perintah yang digunakan untuk melakukan operasi WMI (Instrumentasi Manajemen Windows) oleh menggunakan Command Prompt. Seorang pengguna dapat menjalankan perintah WMIC untuk mendapatkan informasi dari sistemnya, seperti alamat MAC, detail Kartu Antarmuka Jaringan, detail drive disk, dll.