Word tidak dapat membuka file ini karena lebih besar dari 512 Megabyte

Saat membuka dokumen Microsoft Word, Anda mungkin melihat pesan kesalahan Word tidak dapat membuka file ini karena lebih besar dari 512 Megabyte. Pesan kesalahan cukup jelas. Kesalahan ini terjadi ketika ukuran total dokumen word melebihi batas yang dapat ditangani atau dibuka oleh Microsoft Word. Menurut pesan kesalahan, ukuran dokumen Word Anda lebih besar dari 512 MB. Itu sebabnya Word tidak dapat membukanya. Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki masalah ini.

Word tidak dapat membuka file ini karena lebih besar dari 512 Megabytes

Untuk memperbaiki pesan kesalahan ini, Anda harus memperkecil ukuran dokumen Word. Ukuran dokumen Word berbanding lurus dengan panjang teks dan jumlah gambar yang dimasukkan ke dalamnya. Ukuran dokumen Word dengan gambar tidak terkompresi relatif lebih besar daripada dokumen Word dengan gambar terkompresi. Oleh karena itu, untuk mengurangi ukuran dokumen Word, Anda harus mengompresi gambar dan kemudian mengganti gambar yang tidak terkompresi di dokumen Word Anda dengan yang dikompresi. Tetapi Anda tidak dapat membuka dokumen Word karena kesalahan ini. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan pendekatan yang berbeda.

Ikuti langkah-langkah yang ditulis di bawah ini untuk memperbaiki kesalahan “Word tidak dapat membuka file ini karena lebih besar dari 512 Megabita”. Sebelum Anda melanjutkan, salin dokumen Word Anda ke lokasi lain.

Buka File Explorer.Pergi ke lokasi tempat Anda menyimpan file Word. Secara default, ekstensi file disembunyikan di File Explorer. Anda harus mengaktifkan ekstensi file di File Explorer. Sekarang, klik kanan pada file Word Anda dan pilih Ganti Nama. Atau cukup tekan tombol fungsi F2 setelah memilih file Word. Tombol fungsi F2 digunakan untuk mengganti nama file dan folder pada perangkat Windows. Ketik .zip sebagai ganti ekstensi .docx dan tekan Enter. Anda akan menerima pesan popup “Jika Anda mengubah ekstensi nama file, file mungkin menjadi tidak dapat digunakan.” Klik Ya untuk mengonfirmasi tindakan Anda. Tindakan ini akan mengubah file Word menjadi folder Zip. Klik dua kali pada folder Zip untuk membukanya. Setelah itu, buka folder word. Sekarang, buka folder media. Anda akan melihat bahwa semua gambar yang telah Anda sisipkan dalam dokumen Word Anda tersedia di folder media. Anda juga akan melihat ukuran semua gambar di dalam folder media. Sekarang, pindahkan gambar berukuran besar ke lokasi lain di komputer Anda dengan metode potong dan tempel. Anda dapat mengompres gambar-gambar ini untuk mengurangi ukurannya. Sekarang, ganti nama folder .zip kembali ke .docx. Klik Ya di pesan peringatan. Tindakan ini akan mengubah folder zip menjadi file Word. Klik dua kali pada file Word untuk membukanya. Setelah membuka file Word, Anda akan melihat placeholder menggantikan gambar yang telah Anda pindahkan dari folder media pada langkah sebelumnya. Klik kanan pada placeholder dan pilih opsi Ubah gambar. Klik tombol Browse dan pilih gambar Anda ingin mengunggah dari komputer Anda.Klik panah di sebelah tombol Sisipkan dan pilih Tautkan ke file.Simpan dokumen Word.
Baca: Cara menghilangkan kotak atau kotak hitam di Word.

Bagaimana cara membuka dokumen Word yang lebih besar dari 512 MB?

Untuk membuka dokumen Word dengan ukuran lebih besar dari 512 MB, Anda harus memperkecil ukuran gambar yang telah Anda sisipkan di dokumen Anda. Untuk melakukannya, pertama, ubah ekstensi dokumen Word Anda dari .docx menjadi .zip dengan mengganti namanya. Ini akan mengubah file Word menjadi folder zip. Setelah itu, buka folder zip lalu buka folder word. Anda akan melihat folder media di sana. Ini berisi semua gambar yang telah Anda sisipkan ke dalam dokumen Word Anda. Sekarang, pindahkan gambar besar dari sana ke lokasi lain. Ini akan mengurangi ukuran dokumen Word.

Setelah selesai, ganti nama folder zip lagi menjadi ekstensi .docx. Ini akan mengubahnya menjadi file Word. Buka file Word dan ganti gambar yang hilang dengan gambar yang dikompresi atau dioptimalkan.

Related:
Microsoft Office tidak dapat membuka file ini karena file arsip .zip adalah versi yang tidak didukungMicrosoft Office tidak dapat membuka file ini karena ada masalah dengan kontenMicrosoft Office tidak dapat membuka file ini karena ada bagian yang hilang atau invalidWord tidak bisa membuka file karena format file tidak sesuai dengan ekstensi file
Bagaimana cara mengubah ukuran MB di Word?

Untuk memperkecil ukuran MB di Word, Anda harus mengganti gambar di dokumen Word dengan gambar yang dikompresi . Ada banyak cara untuk mengompresi gambar di Windows. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat online dan perangkat lunak gratis untuk mengompres gambar tanpa kehilangan kualitasnya. Selain gambar, font yang disematkan juga berkontribusi pada ukuran dokumen Word yang lebih besar. Oleh karena itu, disarankan untuk menonaktifkan fitur ini (jika Anda telah mengaktifkannya).

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Microsoft Word terus mogok di Windows 11/10.