Belajar YouTube: Cara Mendownload Semua Video yang Pernah Diupload

Proses menjadi kreator digital di Youtube pastilah membutuhkan proses Backup dan backup. Setelah konten digital selesai diproduksi dan diupload ke Youtube, file perlu dibackup, entah di Harddisk Eksternal atau ke media lain selain Youtube.

Bagaimana jika kita kehilangan salah satu dari media backup itu? Atau sekedar ingin mendapat file orisinal yang kita upload ke Youtube. Atau seperti keperluan saya, bikin dan migrasi ke Channel baru.

Nah, berikut adalah cara yang bisa kita tempuh.

Satu per satu via Video Manager

Login ke Youtube dan buka link My Channel dan klik link Video Manager (https://www.youtube.com/my_videos?o=U). Kemudian pada video yang ingin dibackup, ada tanda panah ke bawah, klik dan pilih Download MP4.

Screen Shot 2016-06-17 at 11.04.07 PM

Langkah diatas harus dilakukan satu per satu tiap video.

Download Seluruh Video dengan Google Takeout

Sebenarnya fasilitas Takeout dari Google memang tidak ditujukan untuk keperluan ini, tapi karena cara ini adalah salah satu cara yang paling efisien dibanding harus mendownload satu per satu, kita gunakan saja.

Silakan buka url: https://takeout.google.com/settings/takeout#custom:youtube

Screen Shot 2016-06-17 at 11.13.27 PM

Klik tombol Next.

Pilih format kompresi file (ZIP, TAR dll) dan metode pengiriman, apakah via link yang dikirim ke email, atau dipindah ke Google Drive atau yg lain.

Klik Create Archive.

Ini contoh file hasil dari Google Takeout yang tersimpan di Google Drive (hati-hati, storage jadi abis :heuheu)

Screen Shot 2016-06-17 at 11.21.06 PM

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: