Ulasan Laptop Lenovo Yoga 9i: Pendamping 2-in-1 Terbaik

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Peringkat: 9/10?1 – Sampah Panas Mutlak2 – Sampah Agak Suam-suam kuku3 – Desain Sangat Cacat4 – Beberapa Kelebihan, Banyak Kekurangan5 – Dapat Diterima Tidak Sempurna6 – Cukup Baik untuk Dibeli Saat Dijual7 – Hebat, Tapi Tidak Terbaik di Kelasnya8 – Fantastis, dengan Beberapa Catatan Kaki9 – Diam Dan Ambil Uang Saya10 – Desain Absolut NirvanaHarga: $1,759.99Beli SekarangSarah Chaney

Lenovo membuat beberapa laptop terbaik, jadi ekspektasi saya cukup tinggi dengan model Yoga 9i terbaru. Saya sangat gembira untuk mengatakan bahwa laptop ini melebihi harapan tersebut sehingga saya tergoda untuk mengganti laptop saya saat ini dengan model ini.

Inilah Yang Kami Suka

4K Layar OLED yang terlihat jernih dan jelasAudio bintang dari soundbar putar Bowers & Wilkins Sangat panjang masa pakai baterai

Dan Apa yang Kami Tidak

Mahal (tapi sepadan)Permainan uji saya mogok dua kali

Meskipun pendahulunya, Yoga 7i, adalah laptop yang solid, ada beberapa peningkatan dalam model 9i. Yang paling mencolok, 9i memiliki layar OLED 4K yang menakjubkan, dibandingkan dengan layar 1080p pada 7i. Yoga 9i juga memiliki trackpad yang lebih besar, webcam 1080p, soundbar yang berputar, dan komponen internal yang lebih baik.

Biasanya, satu atau dua hal negatif menonjol di setiap laptop yang saya ulas, tetapi tidak dengan permata ini. Saya sangat menyukai Lenovo Flex 5 saya selama sekitar satu tahun terakhir ini, dan bereksperimen dengan Lenovo Yoga 9i mengingatkan saya pada perasaan cinta pertama yang saya miliki dengan laptop saya saat ini. Ketika laptop saya saat ini menendang ember (atau mungkin bahkan sebelumnya), Yoga 9i ada di urutan teratas daftar saya.

Spesifikasi seperti yang Ditinjau
CPU: Intel Core i7-1260P Generasi ke-12 (2,10 GHz)RAM: 16GB LPDDR5-5200Penyimpanan: 1TB (Satu Slot M.2 2280 PCIe Gen 4×4)Grafis: Grafis Intel Iris XeTampilan: IPS OLED 4K 14 inci (3840 x 2400) pada 60Hz, Layar Sentuh, 400 nits, Display VESAHDR True Black 500 Dolby VisionBaterai: 75Wh Li-Polymer, Mendukung Peningkatan Pengisian Cepat Konektivitas: Intel Wi-Fi® AX211, Bluetooth 5.2Sistem Operasi: Windows 11 HomePort: 1 x USB-C 3.2 Gen 2, 2 x Thunderbolt 4, 1 x USB-A 3.2 Gen 2, Jack audioKamera: 1080p IR & Webcam hibrida RGBAudio: 2x 3W (woofer di samping), 2x 2W (tweeter menghadap ke depan pada bilah engsel), dioptimalkan dengan speaker Dolby Atmos, Bowers & WilkinsDimensi: 12,52 x 9,06 x 0,6 inciBerat: Mulai dari 3,09 lbsDesain dan Kualitas Pembuatan: Dibuat untuk Last

Saya sangat menyukai laptop dengan sasis aluminium karena terasa ramping dan terlihat lebih premium daripada laptop lain. Selain tampak hebat, laptop dengan sasis aluminium juga membantu mengatur panas dan menjaga laptop Anda agar tidak terlalu panas selama tugas-tugas intensif, yang selalu dihargai.

Sarah Chaney

Semua elemen visual lain dari Lenovo Yoga 9i juga cantik. Tepi dan sudut laptop juga aluminium, tetapi mengkilap dan menyerupai bahan krom yang dapat Anda lihat pantulannya. Keyboard sedikit cekung, mencegah tombol menyentuh dan berpotensi menggores layar. Dengan layar OLED 4K, ini adalah fitur yang bagus.

RELATED Ulasan Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9: Laptop yang Cantik (dan Mahal)

Orang pilih-pilih dalam hal keyboard di laptop atau desktop, terutama karena ada begitu banyak jenis tombol sakelar dan cara menyesuaikan nuansa keyboard. Secara pribadi, saya menyukai tombol senyap yang memerlukan beberapa upaya dari jari Anda untuk mendapatkan respons; oleh karena itu, keyboard Yoga 9i adalah impian bagi saya.

Tombolnya memiliki tombol soft-landing yang membuatnya terasa seperti ada bantalan kecil di bawah setiap tuts, memantul kembali dengan setiap ketukan jari Anda. Sangat memuaskan untuk mengetik di laptop ini, nyaris tidak mendengar apa-apa, dan memiliki pengalaman aktuasi yang menyenangkan.

Sarah Chaney

Lenovo telah cukup menguasai desain 2-in-1. Sepertinya lebih dari separuh laptop Lenovo hadir dengan fungsi 2-in-1 yang memberi Anda laptop dan tablet. Lenovo Flex 5 saya juga merupakan laptop 2-in-1, dan satu hal yang paling mengganggu saya saat menggunakannya dalam Mode Stand adalah audionya menjadi teredam. Di Yoga 9i, soundbar putar Bowers & Wilkins memecahkan masalah ini dan membuat media streaming menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.

Di sisi kiri laptop, terdapat port USB-C 3.2 Gen 2 yang hanya mendukung transfer data dan dua port Thunderbolt 4. Di sisi kanan, ada jack 3.5mm, port USB-C 3.2 Gen 2 lainnya, dan tombol power.

Toggle Tampilan Ukuran Penuh1 dari 2Slide SebelumnyaSlide SebelumnyaSlide SebelumnyaSlide BerikutnyaTampilan dan Performa: Benar-benar Menakjubkan

Tidak banyak laptop di luar sana yang memiliki resolusi 4K OLED sekarang, tapi man, itu akan bagus ketika ini menjadi norma. Gambar di bawah ini bahkan tidak sesuai dengan tampilan laptop ini, dan itu mengatakan sesuatu. Dari sekadar melihat screensaver yang indah, air biru tampak sejelas yang saya bayangkan di kehidupan nyata. Menonton acara alam Netflix dalam 4K di Yoga 9i sangat luar biasa karena Anda dapat melihat semuanya dengan terang dan jelas.

Untuk menguji kemampuan gaming laptop ini, saya memutuskan untuk memainkan Ori and the Will of the Wisps. Ini bukan game yang sangat menuntut, jadi saya berharap ini bisa dimainkan dengan baik. Ketika saya mengunduh game, para penggemar menendang tetapi tidak terlalu keras. Baik kipas maupun sasis aluminium melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga laptop tetap dingin.

Sayangnya, saya tidak memiliki pengalaman bermain game yang paling mulus, yang benar-benar membuat saya frustrasi. Semua hal lain tentang laptop ini sangat luar biasa, tetapi fakta bahwa laptop ini kesulitan dengan Ori—game yang jauh dari menuntut—mengecewakan.

Pertama kali saya membuka game tersebut, saya bermain mungkin selama 10 menit, dan kemudian crash. Saya pikir saya melihat aplikasi Lenovo Vantage muncul, jadi saya pikir mungkin itu mengganggu dan mencoba mencopotnya. Setelah dua kali mencoba, saya mencopot pemasangan Lenovo Vantage dan memulai kembali permainan.

RELATED Ulasan Dell XPS 13 OLED: Laptop Terbaik yang Anda (Mungkin) Tidak Harus Membeli Semuanya berjalan lancar selama sekitar 10 menit saat permainan membeku. Saya bisa mendengar permainan berbunyi setiap kali saya menekan tombol, tetapi layarnya membeku. Saya melihat pengelola tugas, dan penggunaan RAM sekitar 90%, jadi saya membatalkan dua tab Google Chrome dan pengaturan laptop yang saya buka untuk mencoba dan mengurangi tekanan pada 16GB LPDDR5.

Ketiga kalinya saya membuka permainan, saya tidak punya masalah. Itu tetap terbuka selama beberapa jam saat saya bermain, dan saya tidak mengalami kelambatan, pembekuan, atau crash. Meskipun memiliki Intel Core i7-1260P Generasi ke-12 di dalamnya, laptop tersebut tampaknya kesulitan dengan Ori dan Will of the Wisps. Saya tidak yakin apakah ada sesuatu yang tidak terdistribusi dengan benar saat bermain, tetapi saya sering kali tampaknya mencapai penggunaan memori 80-90%.

Aneh bagi saya bahwa 16GB LPDDR5 tampaknya tidak dapat menanganinya. Jika Anda tidak terbiasa, LPDDR, sebagai lawan dari DDR RAM, sering digunakan di smartphone dan beberapa laptop untuk memperpanjang masa pakai baterai, tetapi pada akhirnya mengorbankan kecepatan. Ada cukup banyak perangkat lunak yang dimuat sebelumnya, jadi Anda dapat membuka dan menghapus instalasi apa pun yang tidak Anda inginkan sebelum mengatur laptop Anda seperti yang Anda inginkan. , dan banyak pengguna mungkin tidak akan membuka satu game pun di dalamnya. Karena saya menggunakan laptop untuk tugas sehari-hari saya yang lebih standar, itu berjalan dengan sempurna. Ini dapat mencakup menavigasi antara 10-15 tab Chrome, mengedit foto, menonton sesuatu di Netflix atau YouTube, menjawab email, dan melakukan panggilan video pada hari-hari biasa. Dan sementara kebanyakan orang mungkin tidak akan memainkan game yang menuntut di Lenovo Yoga 9i, senang mengetahui bahwa itu mungkin jika Anda menginginkannya (selama Anda tidak memilih sesuatu yang terlalu menuntut).

Juga, setiap kali saya menguji laptop, saya selalu membuka banyak tab di Google Chrome karena itulah yang sering saya lakukan saat menulis artikel, dan mungkin juga dilakukan oleh siapa saja yang menggunakan laptop jenis ini. Pada puncaknya, saya membuka 30 tab Google Chrome bersama dengan Discord, Steam (tanpa game yang diluncurkan), dan pengelola tugas. Persentase penggunaan memori berkisar 75% dengan semua ini terbuka, tetapi laptop tidak pernah menjadi terlalu panas atau terlalu keras.

Audio, Kamera, dan Daya Tahan Baterai: Lebih Baik Dari Rata-Rata
Sarah Chaney

Biasanya, kualitas audio pada laptop buruk, jadi saya terkejut ketika soundbar berputar Yoga 9i dari Bowers & Wilkins membuat musik terdengar sangat bagus. Engsel tempat Yoga 9i berubah dari laptop menjadi tablet adalah rumah bagi tweeter 2 watt ganda, dengan dua woofer 3 watt di sudut bawah laptop. Semua ini, dikombinasikan dengan Dolby Atmos, menghasilkan beberapa kualitas suara.

Untuk menguji speaker, saya memainkan beberapa lagu di Yoga 9i dan Flex 5 saya. Pertama, saya memainkan Stitches oleh Shawn Mendes (jangan menilai saya) , dan perbedaannya signifikan. Pada Flex 5 saya, saya dapat mendengar tepukan, ketukan drum, dan audio yang teredam secara keseluruhan. Beralih ke Yoga 9i, saya benar-benar dapat melihat gitar dalam lagu selain tepukan dan ketukan drum, dan secara keseluruhan terdengar lebih jelas.

Kemudian, saya juga mendengarkan Check the Lock dengan kliping. untuk menguji beberapa fitur yang berbeda dari speaker. Saat mendengarkan Flex 5 saya, saya benar-benar tertawa terbahak-bahak ketika mendengar betapa buruknya itu mewakili lagu; nada-nadanya terdengar pendek dan tidak wajar. Pada Yoga 9i, saya dapat dengan jelas mendengar efek reverb, dan nada ditahan sebagaimana dimaksud.

Secara keseluruhan, ini adalah laptop pertama yang pernah saya uji dengan speaker yang benar-benar ingin saya gunakan untuk mendengarkan musik. Ada lebih banyak kejelasan dan kepenuhan, memungkinkan Anda mengambil semua detail kecil dalam melodi.

RELATEDUlasan Cer Swift 5: Laptop Paling Ringan yang Mungkin Pernah Anda GenggamSelain kamera, sebagian besar webcam laptop menawarkan 720p kabur, tetapi Lenovo Yoga 9i menawarkan resolusi 1080p yang tajam. Jika Anda sering menggunakan kamera untuk rapat, proyek sekolah, atau panggilan Zoom acak dengan keluarga dan teman, Anda akan sangat senang dengan kejernihan webcam ini. Kamera juga mengambil lebih banyak warna wajah dan latar belakang saya daripada webcam 720p Flex 5 saya. Seperti kebanyakan laptop Lenovo lainnya, ada penutup privasi yang dapat digeser saat Anda selesai menggunakan webcam.

Di dalam Yoga 9i, terdapat baterai Li-Polymer 75Wh yang mendukung Rapid Charge Boost, yang memberi Anda waktu pengoperasian sekitar dua jam dengan cepat pengisian daya 15 menit. Menurut pengalaman saya, laptop Lenovo cenderung memiliki baterai yang mengesankan, dan baterai laptop ini tidak berbeda. Jika Anda bermain game sepanjang hari tanpa kabel, baterai akan cepat habis secara drastis. Tetapi jika Anda menggunakannya untuk hari biasa di tempat kerja atau sekolah, Anda akan mendapatkan penggunaan setidaknya sehari penuh dengan sekali pengisian daya.

Beralih Tampilan Ukuran Penuh1 dari 5Slide SebelumnyaSarah ChaneySlide SebelumnyaSarah ChaneySlide BerikutnyaSlide SebelumnyaSlide SebelumnyaSlide SebelumnyaSlide SebelumnyaSarah ChaneyNext SlideKesimpulan: Laptop Ini Akan Membuat Hati Anda Bahagia

Menjatuhkan 2K di laptop adalah investasi yang mahal, tetapi jika Anda sering menggunakan laptop untuk bekerja atau sekolah, Yoga 9i dari Lenovo sangat berharga. Masa pakai baterai sangat kuat sehingga Anda dapat meninggalkan pengisi daya di rumah dan tidak perlu khawatir saat Anda keluar sepanjang hari. Anda dapat memainkan game kasual di dalamnya, bermain game dengan speaker berkualitas, atau sekadar memainkan sasis aluminium yang mulus.

Sasis aluminium membantu menjaga suhu laptop dan mencegahnya menjadi terlalu panas saat saya bermain game atau berselancar di tab. Setelah dua kali percobaan saya yang gagal untuk bermain game di laptop ini, saya dapat memainkan Ori and the Will of the Wisps selama beberapa jam tanpa masalah. Yoga 9i menangani semua hal lain yang saya lakukan dengan mudah, seperti meneliti produk, membalas email, menonton video, dan mengedit foto. -1 laptop, memberi Anda laptop dan tablet dengan harga satu. Jika Anda membutuhkan laptop baru, pertimbangkan serius Lenovo Yoga 9i.

Rating: 9/10Harga: $1,759.99Beli Sekarang
Inilah Yang Kami Suka

4K layar OLED yang terlihat tajam dan jelasAudio luar biasa dari soundbar putar Bowers & Wilkins Daya tahan baterai yang luar biasa lama

Dan Yang Kami Jangan

Mahal (tapi worth it)Game uji saya crash dua kali

Itulah berita seputar Ulasan Laptop Lenovo Yoga 9i: Pendamping 2-in-1 Terbaik, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.