Yang Baru di Chrome 108, Tersedia Hari Ini

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Chrome 108 menyertakan mode Penghemat Energi, dukungan yang lebih baik untuk emoji beresolusi tinggi, dan opsi pemindahan halaman web untuk keyboard virtual.

Akhir bulan lagi berarti saatnya untuk rilis Chrome baru. Google Chrome 108 tersedia mulai 29 November 2022. Versi ini mencakup mode Penghemat Energi, dukungan yang lebih baik untuk emoji beresolusi tinggi, dan penyesuaian tampilan halaman web di keyboard virtual.

Mode Penghemat Energi untuk Desktop dan Chrome OS

Jika ada satu keluhan umum tentang Chrome, seberapa intensif sumber dayanya. Google sedang mengerjakan mode “Penghemat Energi” baru yang akan dapat membantu Anda menghemat daya saat menggunakan Chrome dengan daya baterai.

Fitur ini untuk Chrome di desktop dan Chromebook. Pada saat penulisan, itu ada di belakang bendera fitur. Jika diaktifkan, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan mode “Penghemat Energi” saat baterai tinggal 20% atau lebih rendah, atau saat komputer dicabut.

Bendera dapat ditemukan di chrome://flags/#battery-saver-mode -tersedia .

Dukungan yang Lebih Baik untuk Font COLRv1 dan Emoji

Chrome 98 menerapkan kumpulan Font Vektor Gradien Warna COLRv1 yang baru. Keuntungan terbesar dari ini adalah emoji yang lebih bersih dan lebih terukur. Chrome 108 dibangun di atas ini.

Mulai di Chrome 108, situs web dapat mendeteksi format font mana yang didukung oleh browser. Jika dukungan untuk font COLRv1 terdeteksi, ini dapat menampilkan opsi emoji berkualitas lebih tinggi.NbspMengubah Ukuran untuk Keyboard Virtual
Google

Karena hampir setiap ponsel saat ini menggunakan layar sentuh penuh, keyboard virtual adalah hal yang biasa. Saat papan ketik muncul di browser, situs web menggeser berbagai hal secara berbeda untuk memastikan area fokus tetap terlihat.

Chrome, Firefox, dan Safari semuanya memiliki cara yang sedikit berbeda untuk memindahkan berbagai hal saat papan ketik digeser ke atas. Dengan Chrome 108, Google mengizinkan pengembang web untuk memilih cara yang mereka inginkan agar konten di laman disesuaikan dengan keyboard.

Apa Lagi yang Baru?

Rilis Chrome tidak memiliki banyak fitur baru yang besar akhir-akhir ini. Namun, masih banyak yang terjadi di bawah tenda. Anda dapat membaca tentang banyak perubahan ini di situs developer Google serta di blog Chromium. Kami akan menyoroti beberapa perubahan di sini:

Chrome untuk Android mendapatkan mahakotak yang sedikit didesain ulang untuk Desain Material 3.Chrome akan mulai meluncurkan perubahan yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan properti luapan yang ada dengan elemen yang diganti yang melukis di luar kotak konten .Dukungan untuk menghindari nilai properti fragmentasi CSS break-before , break-after , dan break-inside telah ditambahkan untuk pencetakan.DevTools kini dapat mengidentifikasi gaya CSS yang valid tetapi tidak memiliki efek yang terlihat.Developer kini dapat melewati koma -ekspresi terpisah selama proses debug di DevTools.Cara Memperbarui Google Chrome

Chrome akan menginstal pembaruan secara otomatis di perangkat Anda saat tersedia. Untuk segera memeriksa dan memasang pembaruan yang tersedia, klik ikon menu tiga titik dan klik Bantuan > Tentang Google Chrome.

Disadur dari HowToGeek.com.