Yang Perlu Anda Coba GrapheneOS, ROM Android yang Berfokus pada Privasi

GrapheneOS adalah versi OS Android yang dilindungi privasi dan keamanan yang Anda kenal dan sukai. Jika Anda ingin mencoba ROM khusus ini, mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Inilah yang Anda perlukan untuk memulai.

Jika Anda tidak terbiasa dengan GrapheneOS, bayangkan versi Android tanpa layanan Google dan semua pertukaran privasi dan keamanan lainnya yang menyertai penggunaan smartphone modern. Pada dasarnya itulah yang dibuat oleh orang-orang GrapheneOS.

Anda mungkin berasumsi bahwa menginstal ROM kustom adalah proses yang sulit dan sangat teknis. Itu tidak berlaku untuk GrapheneOS. Anda dapat berdiri dan berjalan hanya dalam beberapa menit. Mari kita mulai.

Catatan: GrapheneOS secara teknis bukan “ROM”. Ini dapat lebih akurat digambarkan sebagai sistem operasi. Namun, dalam bahasa umum komunitas Android, GrapheneOS adalah jenis proyek yang umumnya disebut sebagai ROM. Kami membahas lebih detail tentang ini dalam pengantar GrapheneOS.

Pertama dan terutama, Anda memerlukan perangkat untuk menerima GrapheneOS. Anda tidak dapat menginstal ROM di sembarang ponsel Android lama. GrapheneOS secara resmi mendukung ponsel Google Pixel mulai dari Pixel 3a dan yang lebih baru.

GrapheneOS menghapus layanan Google dari Android untuk privasi yang lebih baik, tetapi perangkat keras Google sebenarnya adalah yang paling aman di ekosistem Android. Itu sebabnya GrapheneOS hanya secara resmi mendukung ponsel Pixel. Jika Anda menginginkan perangkat terbaik untuk GrapheneOS, itulah Pixel 6 Pro.

Perangkat Keras

Berikut adalah daftar lengkap perangkat dengan dukungan GrapheneOS resmi (nama kode perangkat dalam tanda kurung).

Pixel 6 Pro (gagak)Pixel 6 (oriole)Pixel 5a (barbet) Pixel 5 (redfin)Pixel 4a (5G) (bramble)Pixel 4a (sunfish)Pixel 4 XL (karang)Pixel 4 (api)Pixel 3a XL (bonito)Pixel 3a (sargo)

Perangkat keras lain yang Anda perlukan adalah komputer untuk hubungkan ponsel Anda ke. Komputer harus memiliki setidaknya 2 GB memori bebas dan 32 GB ruang penyimpanan kosong. Selain itu, Anda akan memerlukan kabel USB untuk menghubungkan ponsel Anda ke komputer.

Perangkat Lunak

Mari kita bicara tentang perangkat lunak. Ada dua hal yang Anda perlukan di bagian depan ini — browser web yang kompatibel dan sistem operasi yang kompatibel untuk browser web itu. Ini karena kami akan menggunakan Penginstal Web GrapheneOS yang sangat mudah.

GrapheneOS secara resmi mendukung browser web berikut:

  • Chromium (di luar Ubuntu, karena distribusi Linux mengirimkan paket Snap yang rusak tanpa WebUSB yang berfungsi)
  • Bromite
  • Vanadium (GrapheneOS)
  • Google Chrome
  • Microsoft Edge
  • Brave

Lalu Anda Anda harus menjalankan browser tersebut di salah satu sistem operasi yang didukung secara resmi berikut:

Windows 10

Windows 11

macOS Catalina

macOS Big Sur

macOS Monterey

Arch Linux

Debian 10 (buster)

Debian 11 (bullseye)

Ubuntu 20.04 LTS

Ubuntu 21.10

ChromeOS

GrapheneOS

Google Android (stock Pixel OS) dan varian Android bersertifikat lainnya

Pengaturan Anda

Setelah perangkat keras dan perangkat lunak siap, sekarang hanya ada satu pengaturan yang perlu kita sesuaikan di ponsel Android Anda. Buka kunci OEM harus diaktifkan untuk menginstal GrapheneOS.

Pertama, geser ke bawah dua kali dari atas layar untuk membuka menu Pengaturan Cepat, lalu ketuk ikon roda gigi.

Selanjutnya, kita perlu mengaktifkan Opsi Pengembang. Gulir ke bawah ke “Tentang Telepon” lalu ketuk “Bangun Nomor” berulang kali hingga muncul pesan “Anda sekarang adalah pengembang.”

Di Opsi Pengembang, Anda harus mengaktifkan “Pembukaan OEM”. Anda harus memasukkan pin atau kata sandi untuk melanjutkan.

Itu saja untuk pengaturan di ponsel Android Anda!

Instalasi

Proses instalasi sebenarnya sangat mudah. Jika sudah lama Anda tidak menginstal custom ROM, Anda mungkin akan terkejut. Situs web proyek GrapheneOS memiliki instruksi bagus yang selalu diperbarui dengan versi baru Penginstal Web.

Singkatnya, yang akan Anda lakukan adalah mem-boot ponsel Anda ke antarmuka bootloader dan menghubungkannya ke komputer Anda dengan kabel USB. Dari sana, tinggal klik tombol di halaman Web Installer. Anda akan mengunduh gambar pabrik, mem-flash-nya ke perangkat Anda, lalu mengunci bootloader.

Ponsel Anda akan reboot beberapa kali dan Anda harus menggunakan tombol daya dan volume untuk membuat beberapa pilihan di antarmuka bootloader. Ini adalah proses yang sangat tidak menyakitkan. Semuanya hanya akan memakan waktu beberapa menit.

Setelah itu, Anda mendapatkan versi Android yang dilucuti dengan banyak peningkatan privasi dan keamanan. Ini adalah proses yang cukup sederhana ketika Anda mempertimbangkan seberapa besar perubahan yang terjadi pada ponsel Anda.

Itulah berita seputar Yang Perlu Anda Coba GrapheneOS, ROM Android yang Berfokus pada Privasi, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.