Persaingan Negara Asia Timur sebagai Pusat Teknologi IT

Jakarta – Asia memiliki industri teknologi maju dengan brand-brand terkemuka kelas dunia. Taiwan, Jepang dan Korea Selatan boleh disebut sebagai negara dengan perkembangan industri teknologi yang sudah maju.

James Chen, direktur Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) yang menangani promosi brand Taiwan secara Global, mengakui ada perlombaan antara Taiwan, Korea Selatan dan Jepang. Masing-masing berusaha unjuk gigi.

“Produk Korea Selatan mungkin hanya dua yang tenar, yaitu Samsung dan LG. Meski begitu mereka tumbuh begitu cepat dan bahkan membuat produk Jepang keteteran,” ucap James di Jakarta, Kamis (11/8/2011) malam.

Lebih lanjut, James menjelaskan bahwa produk asal Taiwan dan Korea Selatan mungkin kualitasnya sedikit lebih rendah dibanding produk Jepang. Namun dalam persoalan harga cukup jauh jaraknya sehingga banyak peminatnya.

“Sangat sedikit saja perbedaan kualitasnya, namun perbedaan harga cukup tinggi. Ini membuat banyak peminat datang dan membuat produk Jepang terpaksa juga menekan cost untuk menyaingi harga,” imbuhnya.

Inilah salah satu faktor yang membuat persaingan produk dari ketiga negara ini sangat ketat. Taiwan sendiri, melalui dukungan pemerintah dan TAITRA mensupport penuh merek Taiwan agar semakin dikenal masyarakat global.

Vendor-vendor asal Taiwan bergabung dengan TAITRA untuk mengorganisir promosi dan meningkatkan brand awareness. Ini terkhusus dilakukan di negara dengan pasar besar seperti Indonesia, India dan China.

“Hal seperti ini juga dilakukan pemerintah Korea Selatan. Mereka mendukung penuh merek seperti Samsung sehingga bisa tumbuh besar,” kata dia. Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: