Tutorial iPad: Cara Mengaktifkan iPad Pertama Kali

Sebelum Anda dapat menggunakan iPad2 dan mulai surfing web, membaca novel atau mengetik email, Anda harus mengaktifkannya. Untungnya untuk mengaktifkan iPad 2 tidak memerlukan pengisian dokumen atau antri di Apple Store.
Panduan pengguna iPad 2 yang ketiga ini akan mengulas cara mengaktifkan iPad 2 pertama kali.

Bagaimana Menggunakan iPad 2 dan Apa yang Anda butuhkan
Untuk mengaktifkan dan sinkronisasi iPad, Anda akan membutuhkan Mac atau PC dengan port USB 2.0, iTunes 10, koneksi kabel iPad dan akun iTunes Store. iTunes tidak termasuk dalam kotak iPad, jadi jika Anda tidak memiliki salinannya, Anda bisa mendapatkannya di itunes.com/download. Selain itu, Anda harus menjalankan Mac OS X 10.5.8, pada PC Anda membutuhkan Windows 7, Windows Vista atau Windows XP Home atau Professional (SP3). Juga memerlukan Apple ID dan password Anda. Jika Anda pernah membeli lagu di iTunes, Anda dapat menggunakan Apple ID Anda untuk login. Jika Anda tidak memiliki Apple ID, Anda dapat membuat secara gratis melalui appleid.apple.com.

Cara Menggunakan iPad 2: Set Up iPad Baru Anda
Ketika pertama kalai memasang iPad ke dalam komputer Anda, iTunes akan memulai dan memandu melalui proses aktivasi. Layar pertama kali akan menampilkan “Let’s Get Started” dan akan menampilkan dua langkah pertama: mendaftarkan iPad Anda dan mengatur akun iTunes Store. Jika Anda tidak ingin mendaftarkan iPad Anda saat ini, Anda dapat mengklik tombol “Register Later”. Jika Anda siap untuk mendaftar, klik tombol “Continue”.
Berikutnya Anda akan melihat iPad Software License Agreement. Baca, dan centang kotak konfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui lisensi, dan klik “Continue” (jika Anda ingin melihat dokumen ini lagi kemudian, klik tombol “Save” sebelum mengklik tombol “Continue”)
Berikutnya adalah layar akun iTunes. Ini adalah tempat Anda memasukkan Apple ID dan password Anda untuk mendaftarkan iPad Anda. Jika Anda pernah membeli sesuatu dari iTunes Store, Anda seharusnya sudah bisa login. Jika tidak, klik radio button yang bertuliskan “I DO Not Have An Apple ID”, kemudian pilih negara Anda, dan iTunes akan memandu Anda melalui proses sign-up.
Setelah Anda login, Apple akan menawarkan Anda untuk menandatangani layanan MobileMe jika Anda belum menjadi anggota. Anda dapat melewati bagian ini dan dapat mendaftar MobileMe lain waktu.

Setup
Layar iPad Anda berikutnya. Anda dapat memilih untuk mengatur iPad sebagai iPad baru atau merestore dari backupan melalui menu drop-down. (Anda juga akan melihat backup iPhone dan iPod tercantum di sini). Jika ini adalah iPad pertama Anda, Anda dapat mengabaikan pilihan kedua dan klik “Continue” untuk merefresh.
Halaman kedua di bagian Set Up iPad memiliki beberapa pilihan kustomisasi. Di sini Anda dapat memasukkan nama untuk iPad Anda. Di bawah field nama terdapat tiga pilihan syncing, cek semua yang Anda inginkan ayau tidak sama sekali. Opsi pertama adalah Automatically Sync Song To My iPad, yang akan mengisi iPad Anda dengan semua musik dari iTunes Library Anda. Yang kedua adalah Automatically Add Photos To My iPad, yang mengisi setiap ruang musik Anda dengan foto-foto yang ditemukan dalam iPhoto. Pilihan syncs ketiga untuk memilih aplikasi apapun di iTunes Library Anda yang kompatibel dengan iPad.
Jika Anda memiliki banyak media di iTunes, Anda mungkin dapat menghilangkan centang di ketiga kotak itu. Setelah Anda keluar dari layar setup dan menuju di antarmuka utama iTunes, Anda dapat secara manual memilih lagu, video, buku dan aplikasi apa yang ingin Anda simpan di iPad Anda. Bilah sudah memilih, klik “Done”.

Bagaimana Menggunakan iPad 2: Mengarahkan iTunes Interface
Selamat. Anda telah mengaktifkan iPad Anda. Sekarang, saatnya untuk menambahkan beberapa konten. Segera setalah Anda selesai setup, Anda akan dibawa ke jendela pengaturan iPad Anda dalam iTunes.
Sepanjang bagian atas jendela, Anda akan melihat deretan tombol: Summary, Info, Apps, Music, Movies, TV Shows, Books dan Photos. Setiap tombol akan membawa Anda ke layar individu yang berisi informasi dan pengaturan sinkronisasi untuk setiap kategori. Sepanjang bagian bawah jendela, Anda akan melihat bar kapasitas (Warna diurutkan berdasarkan jenis konten) dan tombol untuk sinkronisasi iPad Anda (atau jika Anda telah membuat perubahan pada settings, Revert or Apply).

Secara default, menghubungkan iPad Adna akan membawa Anda ke Summary Screen. Di sini Anda akan menemukan tiga bagian: iPad, Version dan Options. Ipad akan menampilkan sebuah ikon dari iPad Anda serta nama, kapasitas penyimpanan, versi perangkat lunak dan nomor seri.

Sumber: Blog AnugrahPratama

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

2 Responses

  1. andinoeg says:

    thanks udah di share. salam

  2. Toko-Barcode says:

    Tips yang menarik untuk pengguna IPAD pemula seperti saya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: