5 Linux Khusus Anak-anak

Mengenalkan Linux kepada anak-anak memang pekerjaan bagi para geeky pengguna Linux. Unik saja bila anda melakukannya dan mendapati anak anda pandai menggunakan Linux dan boring ketika menggunakan Windows di Sekolah.

Berikut adalah 5 distro linux khusus anak-anak yang bisa anda coba ajarkan kepada buah hati anda.

1. Sugar On Stick

Sugar On Stick, adalah distribusi linux yang didesain khusus untuk proyek OLPC (One Laptop Per Childs) yang sampai saat ini kembang kempis dan tidak terlalu berkembang baik. Sugar on Stick dibangun diatas basis Fedora yang menggunakan desktop Sugar.

Link download: http://wiki.sugarlabs.org/go/Sugar_on_a_Stick

2. Edubuntu

Edubuntu adalah versi spin resmi dari Ubuntu Linux yang khusus ditujukan untuk dunia pendidikan. Tampilan dan pengalamannya sama dengan pengalaman menggunakan Ubuntu, hanya saja aplikasi yang terinstall adalah aplikasi-aplikasi sains dan fun khusus anak-anak.

Link download: http://www.edubuntu.org/

3. Qimo Linux

Qimo (diambil dari Eskimo, suku asli kutub utara) adalah distro Ubuntu yang dirombak dengan isi aplikasi sains dan fun. Tampilannya didesain dengan tampilan a la Mac OS, ada sebuah topbar berisi menu dan launch bar di bagian bawah.

Link download: http://www.qimo4kids.com/download/

4. Doudou Linux

Doudou Linux adalah distro turunan debian yang telah dirombak total dari segi tampilan sehingga desktopnya lebih seperti tablet pada masa kini. Menu ditampilkan dalam bentuk grid dengan kelompok menu yang disajikan dalam tab pada bagian atas.

Link download: http://www.doudoulinux.org/web/english/index.html

5. Edumandriva

Seperti terbaca dari namanya, Edumandriva adalah distro Mandriva yang dikustomasi untuk kebutuhan sekolah (berisi aplikasi sains dan fun). Proyek Edumandriva sendiri sangat sukses diimplementasikan dibeberapa negara amerika latin dan Russia.

Link download: http://code.google.com/p/edumandriva-experimental/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: