BlankOnf #3: Konferensi Pengembang, Pengguna, Pemasar BlankOn Linux

BlankOnf merupakan acara tahunan yang mempertemukan para pengembang sistem operasi bebas berbasis GNU+Linux, BlankOn, dengan para pengguna dan penggiat pemasaran BlankOn. Tahun 2011 menjadi tahun ketiga (BlankOnf sebelumnya diadakan di Bogor dan Surabaya) pelaksanaan konferensi distro yang dikembangkan oleh anak negeri sendiri. Awalnya BlankOnf tahun ini direncakan akan dihelat di kota Makassar, Sulawesi Selatan, namun dengan berbagai pertimbangan konferensi ini dipindahkan ke kota Semarang di Jawa Tengah. BlankOnf 2011 akan dilaksanakan lebih kurang seminggu dari hari ini (16/07/2011) di kampus Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini akan diisi dengan berbagai presentasi dan diskusi menarik seputar BlankOn Linux.

Hari pertama (Sabtu, 23 Juli 2011)

  • Seminar: “Keamanan Sistem Informasi dengan BlankOn” oleh tiga hacker BlankOn, Utian Ayuba, Aji Krisworo Mukti, dan Kaka E. Prakasa
  • Presentasi : “Kontrol Server BlankOn dari Warung Kopi”, Arman Satari, IGOS Center Makassar
  • Presentasi II: “Administrasi Zimbra Collaboration Suite pada BlankOn”, Ahmad Haris, Manajer TI PT. Bintang Samudra Utama
  • Presentasi III: “Optimalisasi Proses Animasi Menggunakan BlankOn”, Dian Prawira, MTI Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Presentasi IV: “Membentuk Komunitas BlankOn”, Cahaya Maulidan, Pelajar SMU, Yoza Adrianus, Pebisnis TI (Paguyuban Pengguna BlankOn Surabaya)

Hari kedua (Minggu, 24 Juli 2011)

  • Diskusi: “BlankOn, Mau Dibawa Ke Mana?” oleh dua manajer BlankOn, Rahman Yusri Aftian dan Akhmat Safrudin
  • Presentasi: “Srimubil: Racikan BlankOn untuk Perangkat Bergerak”, Dwi Sasongko Supriyadi, Bootstrap Engineer di Lesure Coding
  • Presentasi: “Dukungan dan Bisnis BlankOn Lebih Dekat”, Ainul Hakim, Dosen IT LP3I Semarang
  • Presentasi: “Irgsh: Pabrik Paket BlankOn”, Fajran Iman Rusadi, Scientific Programmer di University of Amsterdam (Telekonferensi Amsterdam, Belanda)
  • Presentasi: “Komunitas Linux dan FOSS Semarang”, Krida Pandu Gunata, KPLI Semarang

Saya sendiri belum pasti akan datang ke BlankOnf #3, tapi saya yakin tidak akan rugi kalau segera mendaftarkandiri di acara yang super cool ini. Beretemu langsung dengan para pengembang salah satu distro terbesar di Indonesia tentu saja suatu kesempatan dan keberuntungan, apalagi mengunjungi kota Semarang dengan berbagai lokasi wisata kota penuh sejarah. So, see ya ya there in Semarang:)

BlankOnf3Oh ya hampir lupa, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan souvenir menarik dari panitia dengan mengupdate status di situs jejaring sosial.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: