BNPB Indonesia Siap Kerjasama dg Google

JAKARTA – Informasi geospasial bencana yang dikembangkan Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menarik minat Google untuk bekerja sama dalam diseminasi info bencana global. Kantor pusat Google di California, Amerika Serikat (AS), sudah cukup lama mengamati perkembangan informasi geospasial BNPB yang responsif dan up to date, dalam menyampaikan info terkini bencana di Indonesia.

Terlebih, saat gempa bumi besar di barat daya Aceh pada 11 April 2012, semua info bencana dengan cepat ditampilkan oleh BNPB. Inilah yang mendorong Merryl Stone selaku Program Manager Google dan timnya dari Kantor Pusat Google di AS, datang ke BNPB untuk mengajak kerja sama. Produk Google yang akan digunakan untuk publikasi data kebencanaan adalah Google Crisis Response, yang menyediakan beberapa tool seperti Google Public Alert, Google Crisis Maps dan Google Person Finder. Data kebencanan dari BNPB akan dipublikasikan secara global dengan tool tersebut.

DR Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB dalam rilisnya, Kamis (13/9/2012) mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa pihaknya perlu menggunakan Google. Pertama, saat bencana, jaringan internet masih berfungsi, dan jika ada gangguan dalam waktu kurang dari tiga hari, internet sudah pulih kembali.

Kedua, saat sistem komunikasi yang biasa dipakai (ponsel, SMS, telepon) tidak berfungsi, komunikasi dengan e-mail masih bisa jalan dengan baik. Dalam kesempatan diskusi, Google akan memberikan BNPB lisensi Google Earth Pro. Sebaliknya, BNPB sharing data ke Google, terutama data kebencanaan di Indonesia.

Data kebencanaan selanjutnya akan ditampilkan Google, sehingga masyarakat dunia dapat informasi secara cepat dan akurat dari BNPB.
Google akan menampilkan peta dampak gempa bumi terkini produk BNPB, yang akan dipublikasikan dalam Google Public Alerts dan Google Crisis Map.

Alert dan data kebencanaan lainnya seperti banjir, tsunami, gunung api, dan lainnya juga akan ditampilkan. Sumber: Tribunnews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: