Canonical Resmi Merilis Ubuntu 12.04.1 LTS

Empat bulan setelah dirilisnya Ubuntu 12.04 Precise Pengolin, akhirnya Canonical dan Ubuntu Developers mengumumkan rilis versi Ubuntu 12.04.1 LTS. Ubuntu 12.04.1 adalah edisi update besar untuk Ubuntu 12.04 Long Term Support (LTS).

Satu hal yang patut dicatat dari rilis 12.04.1 ini adalah langkah Canonical yang mulai mensupport platform prosesor ARM untuk Ubuntu Server. Ubuntu Server kini mendukung untuk dipasang di Calxeda ECX-1000 SOC, yang menjadi platform server berprosesor ARM pertama yang didukung Canonical dalam rangka dukungannya terhadap server low-energy dan high CPU.

Catatan lain adalah kemampuan Ubuntu Cloud Archive dalam rilis 12.04.1 ini yang mampu menjalankan edisi terbaru LTS dengan kompatibilitas tinggi untuk platform OpenStack. Dengan demikian, Ubuntu Cloud Archive akan menjadi salah satu pilihan penting bagi para arsitek infrastruktur cloud computing, disamping distro resmi dari OpenStack.

Update di Ubuntu 12.04.1 ini menampakkan sejumlah improvement untuk stabilitas dan kompatibilitas serta penanganan dan perbaikan bugs serta sejumlah masalah besar. Update ini juga termasuk pada seluruh desktop yang didukung pada repositori 12.04, seperti KDE, XFCE, LXDE dll. Kubuntu, Xubuntu, Mythbuntu, Ubuntu Studio dan Lubuntu juga sudah siap (bahkan beberapa sudah) merilis distribusi updatenya.

Silakan baca lengkap tentang catatan rilis dari Ubuntu 12.04.1 disini: https://wiki.ubuntu.com/PrecisePangolin/ReleaseNotes, dan ringkasan perubahan disini: https://wiki.ubuntu.com/PrecisePangolin/ReleaseNotes/ChangeSummary/12.04.1.

Selamat mengupdate!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: