Codename Linux Mint 14: Nadia

Sedikit update dari om Clement Lefebvre, pemimpin project Linux Mint bagi anda pengguna dan pemerhati Linux Mint. Tanggal 24 kemarin, om Clement mengumumkan dimulainya pengembangan Linux Mint 14 dan sejumlah strategi yang diambil.

Linux Mint 14 akan dirilis dengan codename “Nadia”, melanjutkan tradisi penggunaan nama wanita (female) yang dilakoni Linux Mint sejak awal. Linux Mint 14 akan tersedia mulai akhir November 2012, dengan beberapa varian rilis yang berbasis MATE (fork Gnome2), Cinnamon (fork Gnome3), KDE dan XFCE.

Nadia dalam bahasa inggris (nadya) berarti peliharaan Nadezhda, dalam bahasa rusia berarti harapan dan dalam bahasa arab (Nadiyya) berarti lembut.

Linux Mint 14 akan dibuat sekompatibel mungkin dengan Linux Mint 13 Maya. Distro tersebut kemungkinan besar akan berbasiskan pada Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal yang dirilis pula sekitar Oktober 2012 nanti.

Linux Mint juga tetap akan dirilis untuk prosesor 32 bit dan 64 bit saja, dengan kernel Linu 3.5 serta sejumlah update software lain.

Selamat menunggu!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: