Dibuka Lagi, Pendaftaran SM3T Tahun 2012 Gelombang 2

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali membuka pendafataran peserta program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Itu setelah lebih dari 3.000 pendaftar program ini mengikuti tes online pada gelombang I, pekan lalu.

“Mengingat kuota tenaga pendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal diperbanyak, Dirjen Dikti membuka kesempatan bagi para sarjana untuk mengikuti seleksi gelombang II program ini,” tutur Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Unnes Drs Abdurrahman MPd, di kampus Sekaran, Jumat (10/6) siang.

Sama halnya pendaftaran gelombang I, pendaftaran gelombang II dilaksanakan secara online mulai tanggal 11 hingga 26 Agustus 2012. Persyaratan peserta gelombang II sama dengan gelombang I. Beberapa syarat antara lain (1) warga negara Indonesia, (2) usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, (3) lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dan (4) IPK minimal 3,0.

Selain itu, (5) berbadan sehat, (6) bebas narkotik, (7) berkelakuan baik, (8) mendapatkan izin orangtua/wali, (9) belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Peserta juga diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.

Tahapan berikutnya setelah pendaftaran, ungkap Abdurrahman, adalah seleksi administrasi pada 27-29 Agustus, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (30-31 Agustus), tesonline (3-6 September), dan pengumuman hasil tes online sekaligus jadwal wawancara (9 Agustus), wawancara hasil seleksi gelombang I dan II (14-16 September), dan pengumuman hasil seleksi gelombang I dan II pada 19 September 2012.

Program studi kependidikan yang dibuka adalah PGSD, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan  Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, dan Pendidikan Konseling.

“Peluang bagi pendaftar SM-3T yang belum lolos pada gelombang I, mereka diperbolehkan mengikuti pendaftaran gelombang II,” ungkap Abdurrahman seraya mengatakan, pendaftaran dilakukan melalui laman www.sm-3t.dikti.go.id. Sumber: Unnes.ac.id

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: