Dual Monitor di Mandriva LXDE

Pekerjaan saya sebagai staff dan programmer di BPTIK membutuhkan 2 layar komputer, satu sebagai tempat coding dan satu lagi sebagai layar preview dari apa yang saya kerjakan. Nah, multi monitor inilah yang biasanya menjadi kendala di environment Linux. Kalau anda menggunakan KDE anda beruntung, SystemSetting KDE sudah terbenami fitur multimonitor. Bagaimana dengan GNOME, LXDE, XFCE dll?

Untuk kali ini saya kembali bermigrasi ke Mandriva 2011, dan mungkin seterusnya akan menggunakan linux sebagai OS sehari-hari. Dan untuk kebutuhan sehari-hari, saya menggunakan WM LXDE karena simple, senyap dan ringan. Salah satu hal yang menjadi kendala dari LXDE adalah kesederhanaannya. LXDE untuk multi monitor misalnya, lxrandr dan grandr yang digunakan masih belum bisa memenuhi keinginan saya.

Untunglah setelah berkeliling ke forum Lubuntu (kenapa harus di *buntu ku harus temukan jawabnya!), ada satu aplikasi pengatur XRandR yang ringan dan tampaknya cocok dengan LXDE, namanya aRandr.

Anda bisa mengunduh paket aRandr dari sini: http://christian.amsuess.com/tools/arandr/ atau jika anda menggunakan Mandriva/ROSA, anda bisa mengunduh paket rpmnya disini: http://kambing.ui.ac.id/mandriva/2011/x86_64/media/contrib/backports/arandr-0.1.5-1-mdv2011.0.noarch.rpm

Tampilan dari aRandr

Tampilan aRandr di Mandriva LXDE 2011.1

Menggunakan aRandr

Untuk menggunakan aRandr, anda bisa mengikuti cara saya.
1. hidupkan monitor VGA, tancapkan ke port VGA anda
2. jalankan aplikasi aRandr, di LXDE->Preferences->Arandr
3. Pada menu Output, pilih VGA1, klik active untuk mengaktifkan
4. Pada saat pertama kali tampilan akan sedikit kacau, silakan anda geser VGA1 ke bagian kiri (atau sesuka anda).
5. Klik menu Layout -> Apply

NB. Saat menggunakan aplikasi ini, jika resolusi lebar kedua layar anda tidak cocok, panel LXDE akan menggunakan size yang paling besar. saya masih nyari caranya biar ndak kacau gini. wkwkwk

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: