Facebook Beli 650 Paten Milik Microsoft

Jakarta – Facebook membeli portofolio 650 paten teknologi web dari Microsoft senilai USD 550 juta atau sekitar Rp 5 triliun. Pembelian ini dalam rangka memperkuat posisi Facebook dalam sengketa pelanggaran paten.

Paten tersebut sejatinya juga dibeli Microsoft dari AOL dua minggu lalu. Microsoft total membeli 925 paten AOL senilai USD 1,1 miliar. Kemudian Facebook juga tertarik mengakuisisi sebagian di antaranya.

Paten bersangkutan mencakup berbagai teknologi yang dikembangkan Netscape, pioner browser yang sekarang sudah tidak eksis. Facebook juga akan mendapat lisensi untuk menggunakan paten AOL yang masih dipegang Microsoft.

Sebelumnya, Facebook juga telah membeli 750 paten milik IBM. Raksasa jejaring sosial ini memang tengah getol membeli paten berdekatan dengan meluncurnya mereka ke bursa saham.

Website besutan Mark Zuckerberg itu belum lama ini digugat oleh Yahoo dengan tudingan melanggar beberapa paten. Kemungkinan, Facebook akan mengalami lebih banyak gugatan di masa mendatang.

“Pembelian ini adalah langkah signifikan dalam proses berkelanjutan kami dalam membangun portofolio properti intelektual untuk melindungi Facebook dalam jangka panjang,” kata Ted Ullyot, General Counsel Facebook

sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: