"Gangnam Style" Cetak Sejarah Video Online

Psy<

JAKARTA, emka.web.id – Penyanyi rap asal Korea Selatan, Psy, mencetak sejarah video online ketika video musik Gangnam Style ditonton sebanyak 1 miliar kali di YouTube, Sabtu (22/12/2012). Menurut siaran pers Google yang diterima emka.web.id, video Gangnam Style setidaknya ditonton 1 miliar kali di hampir 75 negara.

Prestasi Gangnam Style merupakan daya tarik universal yang bisa diterima masyarakat dunia, dengan lagu dan dansa kuda yang adiktif.

Sejak diunggah 15 Juli lalu, hanya butuh 5 bulan bagi Gangnam Style untuk mendapat angka tontonan 1 miliar. Google memberi perbandingan tabel popularitas Gangnam Style dengan video “Baby” milik Justin Bieber yang sebelumnya memegang rekor video paling banyak di tonton:

<

Psy sebelumnya sudah cukup tenar di negeri K-Pop. Namun pada pertengahan 2012, pria berusia 34 tahun ini menjadi selebriti global saat Gangnam Style menyebar dari Seoul, lalu ke Asia Pasifik, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa.

Popularitas Psy tak berhenti sampai di situ. Mesin pencari Google mencatat, kata kunci “Gangnam Style” dicari sebanyak 5 juta kali dalam satu hari pada 6 Oktober 2012. Tak heran jika ia masuk daftar pencarian Google sepanjang 2012.

Warga Indonesia juga ketagihan pada Gangnam Style, yang membuatnya masuk daftar 10 video terpopuler di YouTube Indonesia. Sampai-sampai, ada aksi sekitar 1.000 orang melakukan dansa bersama (flash mob) di Bundaran HI, Jakarta.

Gangnam Style juga menarik minat orang-orang di berbagai penjuru dunia untuk membuat video parodi. Beberapa di antaranya ditonton jutaan kali. Video fans terhadap Gangnam Style telah di lihat lebih dari 20 juta kali setiap harinya.

Dari sisi bisnis, beberapa penilaian dan proyeksi menyatakan “Gangnam Style” telah menghasilkan uang lebih dari 8,1 juta dollar AS dari penawaran iklan.

Unduhan lagu Gangnam Style mencapai 2,9 juta kali sejak Juli 2012. Lagu ini diunduh lebih dari 600.000 kali di toko multimedia online Apple iTunes, sekaligus membuat PSY sebagai artis Korea pertama yang mencapai peringkat #1 di tangga lagu iTunes kawasan Amerika Serikat dan #1 di lebih dari 30 negara.

Sumber: KOMPAS Tekno

%d bloggers like this: