Google Beli Paten Motorola Seharga 53 Triliun Lebih

San Francisco – Raksasa internet Google menyebutkan, hampir separuh dari USD 12,4 miliar yang dibayarkannya untuk membeli Motorola Mobility didedikasikan untuk paten dan teknologi.

“Total, sekitar USD 5,5 miliar (atau setara dengan Rp 52,2 triliun) dialokasikannya untuk pengembangan teknologi dan paten,” demikian tulis Google dalam dokumennya ke Securities and Exchange Commission Amerika Serikat (AS).

Dilansir Bloomberg, Kamis (26/7/2012), USD 2,6 miliar lainnya digunakan untuk properti, yang didefinisikan Google sebagai keuntungan finansial yang mereka harapkan bisa didapat dengan mengakuisisi Motorola Mobility.

Akuisisi Motorola Mobility yang ditutup Mei silam, memperkaya portfolio paten Google dan membantu ‘amunisi’ memerangi tantangan hukum yang kerapa dialamatkan ke sistem operasi Android.

Motorola Mobility, dengan lebih dari 17.000 paten, juga membantu Google memasuki pasar hardware untuk bersaing langsung dengan Apple dan vendor smartphone lainnya.

“Akuisisi ini diharapkan bisa melindungi dan memperluas ekosistem Android kami serta meningkatkan kompetisi di komputasi mobile,” tulis Google lagi.

Google juga mengatakan, USD 730 juta dari harga akuisisi mencerminkan hubungan customer dan USD 670 juta terkait dengan aset lainnya. Google juga memperoleh USD 2,9 miliar tunai.

Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: