Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun ke-161 Novel Moby Dick

Jakarta – Hari ini Google turut memperingati kehadiran sebuah karya seni legendaris. Karya seni yang dimaksud adalah sebuah novel berjudul Moby-Dick karangan sastrawan AS, Herman Melville. Seperti apa?

Jika Anda mengakses mesin pencari Google hari ini (18/10), pada tampilan Google Doodle akan terlihat sebuah gambar perahu yang ditumpangi oleh beberapa laki-laki dengan latar belakang seekor ikan paus besar. Maksud gambar Google Doodle tersebut adalah sebagai peringatan 161 tahun hadirnya novel berjudul Moby-Dick karya Herman Melville.

Moby-Dick bercerita tentang petualangan sang tokoh bernama Ismael yang mengikuti pelayaran kapal pemburu paus yang dipimpin oleh seorang kapten obsesif bernama Kapten Ahab.

Sang kapten hanya memiliki satu kaki akibat kecelakaan saat memburu seekor paus yang dijulukinya Moby-Dick. Kapten Ahab sangat bernafsu melampiaskan dendamnya kepada Moby-Dick.

Dalam ajang balas dendamnya itu, sang kapten tidak peduli akan keselamatan diri maupun anak buahnya. Suatu saat, Kapten Ahab pun bertemu dengan Moby-Dick. Ia berhasil menaiki punggung Moby-Dick dan menancapkan tombaknya di perut Moby-Dick dengan penuh emosi disertai oleh sumpah serapah.

Namun usaha Kapten Ahab dan anak buahnya untuk membunuh Moby-Dick sia-sia belaka. Dengan tubuhnya yang besar, Moby-Dick menghancurkan kapal dan membuat seluruh awak kapal jatuh ke laut dan tenggelam.

Akhirnya seluruh awak kapal tewas kecuali Ismael yang selamat berkat peti mati yang telah dibuat sebelumnya.

Moby-Dick adalah sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Herman Melville pada tahun 1851, yaitu sekitar pertengahan abad ke-19 yang juga dikenal dengan sebutan era ‘American Renaissance’.

Herman Melville (lahir di New York, 1 Agustus 1819 – meninggal di New York, 28 September 1891) merupakan salah satu pengarang aliran romantis yang menghasilkan novel-novel yang laris.

Moby-Dick adalah salah satu karya terbaik yang pernah ditulis oleh Melville yang juga ditampilkan dalam bentuk drama bahkan telah dibuat film layar lebarnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: