Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun Niels Bohr

Jakarta – Jika Anda membuka halaman Google hari ini, Anda akan langsung melihat tampilan Google Doodle yang menggambarkan struktur atom. Ternyata hari ini Google turut merayakan ulang tahun Niels Bohr ke-127. Siapakah Niels Bohr ini?

Niels Bohr, yang bernama lengkap Niels Henrik David Bohr, adalah seorang ilmuwan fisika Denmark yang dilahirkan di Kopenhagen pada 7 Oktober 1885.

Di usia 26 tahun, ia meraih gelar doktor fisika dari University of Copenhagen, Denmark . Tak lama sesudah itu dia pergi ke Cambridge, Inggris. Di situ Bohr belajar di bawah asuhan J.J. Thompson, ilmuwan kenamaan yang menemukan elektron.

Hanya dalam beberapa bulan sesudah itu Bohr pindah lagi ke Manchester, belajar pada Ernest Rutherford yang beberapa tahun sebelumnya menemukan nucleus (bagian inti) atom.

Rutherford inilah yang menegaskan (berbeda dengan sejumlah pendapat sebelumnya) bahwa atom umumnya kosong, dengan bagian pokok yang berat pada tengahnya dan elektron di bagian luarnya.

Pada 1913, Bohr mengemukakan teorinya tentang konsep mekanika kuantum untuk model atom yang telah dikembangkan oleh Rutherford. Konsep ini menggambarkan bahwa atom tersusun dari inti atom (nukleus) yang dikelilingi oleh orbit elektron.

Teori Bohr memperkenalkan atom sebagai sejenis miniatur planet mengitari matahari, dengan sejumlah elektron mengelilingi orbitnya sekitar bagian pokok, tetapi dengan perbedaan sangat penting.

Apabila hukum-hukum fisika klasik mengatakan tentang perputaran orbit dalam segala ukuran, Bohr membuktikan bahwa sejumlah elektron dalam sebuah atom hanya dapat berputar dalam orbitnya dalam ukuran spesifik tertentu.

Dalam teorinya itu Bohr memperkenalkan perbedaan radikal dengan gagasan teori klasik fisika. Beberapa ilmuwan seperti Albert Einstein pun segera bergegas memuji kertas kerja Bohr sebagai ‘masterpiece’. Dan atas prestasinya ini, Bohr berhasil meraih penghargaan Nobel Fisika pada 1922.

Bohr meninggal dunia di kampung halamannya, Kopenhagen, Denmark, pada 18 November 1962 di usia 77 tahun. Ia meninggalkan lima anak, salah satunya adalah Aage N. Bohr yang juga pernah menerima penghargaan Nobel Fisika pada 1975. Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: