Google Rombak Lagi Algoritma Searchingnya

Jakarta – Pekan ini, para teknisi di balik mesin pencari terpopuler di dunia, Google, mengumumkan rencana perombakan paling radikal. Kebijakan ini diklaim berdampak pada bisnis.

Perbaikan ini akan dilakukan secara bertahap selama beberapa bulan mendatang. Efek perombakan yang transformasional ini akan mempengaruhi pengguna dan bisnis. Google kini sedang menggabungkan teknologi dengan pencarian klasik dengan kata kunci.

Ini berarti, tiap kali pengguna memasukkan jenis query tertentu, Google akan mencoba menyediakan jawaban tunggal, bukan lagi menyediakan ribuan tautan web berwarna biru pada pengguna.

Amit Singhal, orang yang menulis ulang algoritma pencarian Google, memperbaiki algoritma asli buatan pendiri Google Sergey Brin dan menghasilkan kode Singhal yang kini masih digunakan atau setidaknya sudah 12 tahun dipakai.

Untuk kontribusi besarnya yang secara efektif mengubah cara dunia mengakses informasi, Singhal yang lebih dikenal sebagai ‘Google Fellow’ atau setara Jedi dalam istilah Google dan kehormatan tertinggi dalam ayat Google.

Ahli pencarian yang merupakan karyawan Google nomor 167 (Google kini punya 25 ribu staf lebih) ini masih terobsesi tentang pencarian informasi. Bagaimanapun juga, Singhal masih mengalami frustrasi dengan pencarian pada Juni lalu.

“Pencarian ini masih terasa satu dimensi. Anda beri kami query dan Google memberi hasilnya. Ini harus jauh lebih komunikatif. Anda harus bisa berkomunikasi dengan mesin pencari Anda. Saya ingin mesin pencarian saya menjadi ahli yang mengenal saya. Mesin pencari ini harus tahu Anda dengan baik sehingga tak perlu lagi menanyakan pertanyaan selanjutnya,” katanya.

Rencana ini memang terdengar menyenangkan bagi banyak orang. Singhal menawarkan jaminan bahwa Google dan semua mesin pencari akan sangat menghormati privasi pengguna saat membangun dan menerapkan teknologi baru ini.

Singhal memang sangat meyakinkan dalam menawarkan pengalaman transformatif pada pengguna. Bagi perusahaan teknologi inovatif, Singal seperti penggangu yang menawarkan orang solusi untuk masalah yang belum diketahui.

Hal ini penting bagi bisnis untuk satu alasan sederhana, yakni intuitif. Pencarian semantik berarti bisnis harus berpikir lebih keras untuk membuat penawaran digital yang lebih canggih. Saat hanya ada satu jawaban untuk permintaan pencarian, bagaimana memastikan itu adalah bisnis Anda?

“Saya masih membuang banyak waktu saat mencari. Percakapan yang ada masih terasa kurang. Pencarian tak seefisien yang saya inginkan,” ujar Singhal. Misalnya, hari ini saya bikin daftar kegiatan di ponsel untuk beli kado untuk ayah saya.

Ponsel ini memiliki sistem global positioning system (GPS) dan tahu keberadaan saya. Ponsel ini juga berisi kalender saya sehingga tahu kapan saya bebas. “Mengapa mesin pencari yang saya buat secara pribadi tak bisa mensinkronisasikan semua informasi itu dan memberitahu saya ketika saya dekat toko hadiah di saat bebas?,” katanya.

Sejak munculnya Twitter dan update informasi secara real-time, Google mencoba memperbarui layanan inti pencariannya guna menjadikannya lebih relevan dan tepat waktu bagi tiap pengguna.

Bergerak ke arah pencarian yang lebih komputasi, Wolfram Alpha yang diciptakan ilmuwan Inggris Stephen Wolfram akan membuat Google baru mempengaruhi jutaan situs web yang bergantung padanya saat ini.

Meski belum jelas bagaimana bisnis akan terpengaruh, penting untuk memastikan nama situs web telah mengoptimalkan dirinya dengan kata-kata kunci terbaik untuk pencarian. Pemilik bisnis juga perlu memastikan posisi web perusahaan.

Tiap bisnis memasok beberapa jenis solusi dan Anda hanya perlu memastikan metadata, iklan digital dan strategi pemasaran yang sempurna dan optimal untuk sistem pencarian yang baru.

Seiring upaya Google mendorong laju inovasi, akan makin penting menjaga situs web Anda terus terbarui dan selaras dengan etos terbaru dari web. Google akan mengalami beberapa perubahan terbesar sejak awal. Ini seperti Yellow Pages yang mengalami desain ulang dan menulis ulang indeks.

Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: