Google Siapkan Google Voice Search untuk iOS

Google sedang bekerja mengembangkan aplikasi yang dapat mendeteksi pertanyaan dan jawaban berbasis suara untuk sistem operasi iOS milik Apple. Aplikasi ini dibuat untuk memantapkan posisi Google di kancah bisnis mesin pencari.

Rencana ini diungkapkan Direktur Teknik Perangkat Mobile Google Scott Huffman dalam sebuah acara yang digelar pada hari Rabu (8/8/2012). “Kami telah membuat langkah besar dalam mempelajari maksud dari bahasa-bahasa natural,” kata Huffman seperti dikutip dari TheNextWeb.

Dalam demonstrasi aplikasi, seorang pihak Google coba mengajukan pertanyaan demikian: “Tunjukkan kepada saya sebuah video yang menjelaskan tentang fisika kuantum?”

Aplikasi ini lantas membuka situs web YouTube dengan video yang berisi penjelasan fisika kuantum.

Selain itu, aplikasi juga dapat menyimpan janji dan mengetahui jadwal aktivitas. Ia dapat menjawab pertanyaan seperti: “Kapan jadwal penerbangan saya?”

Google mengaku telah bekerjasama dengan Apple untuk mengembangkan aplikasi ini. Rencananya, aplikasi ini akan dirilis dalam beberapa pekan ke depan dan dapat diunduh di Apple App Store.

Sejak 2011 lalu, Apple telah mengembangkan fitur serupa bernama Siri yang saat ini hanya berjalan di iPhone 4S. Pada akhir tahun ini, Siri akan dapat digunakan oleh pengguna iPad generasi tiga, dengan melakukan update sistem operasi iOS terbaru, versi 6. Sumber: Kompas

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: