Ini Alasan Indra Lesmana Bikin Album Berformat Aplikasi iPhone

Aditya Panji/emka.web.id Indra Lesmana<

JAKARTA, emka.web.id – Musisi jazz Indra Lesmana telah merilis album dalam bentuk aplikasi musik di perangkat mobile Apple iOS sejak November 2012. Menurutnya, aplikasi ini mendukung independensi musik dan menyambut masa depan industri musik.

Aplikasi musik untuk iPhone, iPad, dan iPod itu diberi nama Indra Lesmana. Tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar dengan harga Rp 39.000.

Indra mengatakan, musisi tak perlu bergantung pada label musik. Ada banyak cara yang bisa ditempuh di era perangkat mobile yang selalu terkoneksi dengan internet. Salah satunya lewat aplikasi dan distribusi lagu lewat media online.

Indra sendiri mendistribusikan lagunya di toko multimedia online Apple iTunes, yang telah dibuka untuk Indonesia. “Labelnya saya sendiri, dan saya berhubungan langsung dengan Apple.”

Sedangkan aplikasi, merupakan langkah Indra untuk membangun basis penggemar dan mengajaknya berinteraksi. Aplikasi Indra Lesmana bukan sekadar untuk mendengar musik, tapi juga menyediakan video dan game.

“Yang terpenting adalah interaksinya, ini pengalaman yang tak akan didapat kalau penggemar cuma beli lagu atau CD,” kata Indra saat ditemui emka.web.id beberapa waktu lalu.

Aplikasi Indra Lesmana berisi empat menu, yaitu Music, Inspire the Moment, Sheet Music, dan Video. Penggemar juga bisa melihat lirik lagu dan galeri foto Indra Lesmana.

<

Ada lagu berjudul Reborn (8bit Chronicle) dalam aplikasi. Jika penggemar mau mendengarnya, terlebih dulu harus memainkan game “Play Along” dan meraih skor di atas 60%. Ada pula menu “Sing Along” yang mengajak pengguna ikut bernyanyi. Nah, di sinilah keunikan aplikasi Indra Lesmana yang sangat interaktif.

<

Dari 7 video yang tersedia, ada 3 video yang sengaja belum dibuka. Ini menjadi cara Indra membuat penggemarnya penasaran.

Saat ini jumlah lagu dan video di aplikasi Indra Lesmana memang tak terlalu banyak. Tapi, Indra berjanji akan memberi update untuk menyempurnakan aplikasi dan menambah lagu karya terbarunya. Pengguna yang membeli aplikasi Indra Lesmana versi berbayar tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk menikmati lagu baru Indra di kemudian hari.

Aplikasi Indra Lesmana diunduh 1.000 kali dalam waktu 2 pekan setelah dirilis. Indra bisa melacak siapa saja orang yang mengunduh dan membeli aplikasinya, serta negara asal pengunduh. “Kalau distribusi lewat CD, kita tak akan tahu siapa yang beli lagu kita dan dari mana mereka berasal. Yang kita terima cuma laporan penjualan saja,” jelas Indra.

Aplikasi Indra Lesmana paling banyak diunduh oleh warga Indonesia sebesar 60%. Sisanya diunduh oleh orang Amerika Serikat 20%, Jepang 10%, dan negara lain seperti Rusia, Italia, Malaysia, Singapura, dan Australia.

Nah, dari penjualan aplikasi berbayar, komposisi pembagian hasil untuk Indra sebesar 80% dan Apple 20%. Sedangkan untuk lagu di iTunes, Indra memasang harga Rp 5.000 per lagu, di mana ia dapat untung 70% dan Apple 30%.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: