IPO Facebook: Kami Siap Pecahkan Rekor Google

California, AS – Facebook telah menetapkan hari bersejarahnya. 18 Mei 2012 nanti, jejaring sosial itu akan go public dan resmi melantai di bursa efek. Penawaran saham perdananya (initial public offering/IPO) diperkirakan bisa menembus USD 10 miliar dengan valuasi perusahaan USD 100 miliar.

Angka fantastis ini akan mematahkan rekor perusahaan internet dengan IPO terbesar sepanjang sejarah. Rekor ini sebelumnya telah dipegang Google sejak mencatatkan diri di lantai bursa, delapan tahun yang lalu. Tepatnya di tahun 2004 dengan nilai IPO sebesar USD 1,9 miliar.

Facebook sendiri akan terdaftar sebagai perusahaan publik di bursa efek NASDAQ dengan simbol FB. Demikian dikutip dari laporan Wall Street Journal, Kamis (3/5/2012). 

CEO sekaligus founder Facebook, Mark Zuckerberg, beserta jajaran direksinya, COO Sheryl Sandberg dan CFO David Ebersman, akan mulai melakukan roadshow pekan depan, untuk menarik perhatian sekaligus menggaet calon investor.

Harian bisnis itu juga melansir, kinerja keuangan Facebook pada kuartal pertama 2012 ini agak melorot. Tercatat, laba bersih perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California, AS itu turun 12% akibat tingginya pengeluaran menjadi USD 205 juta.

Namun di sisi lain, pendapatan jejaring sosial itu sendiri melonjak sebesar 45% menjadi USD 1,06 miliar. Hingga akhir kuartal pertama 31 Maret, Facebook telah memiliki 901 juta pengguna. Angka ini naik signifikan dari sebelumnya 845 juta. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: